Pertunjukan 100 Jam Astronomi dari Kereta Unta

100 Jam astronomi memang telah berakhir, namun cerita dari berbagai belahan dunia sepertinya tak habis untuk dibagikan.  Dari berbagai cerita itu, ada satu yang menarik. Kisah 100 Jam astronomi dari India. Manthan Educational Programme Society dari India mengadakan 100 jam Astronomi dengan berkeliling dari satu tempat ke tempat lain, sama seperti pertunjukan keliling. Tapi pertunjukan ini tidak menggunakan mobil sebagai planetarium atau observatoriumnya. Juga tidak ada teleskop hebat di dalamnya. Kegiatan tersebut diusung dalam sebuah pertunjukan menggunakan kereta yang ditarik oleh Unta, yang membawa poster dan alat-alat sederhana untuk mengenal astronomi.

Sangat menarik, karena kereta ini tak hanya mengunjungi jalan-jalan perkotaan namun juga pasar, area pinggiran dan perkampungan. Astronomi diperkenalkan dengan cara paling sederhana dan sangat dekat dengan masyarakat.  Manthan membuat sesuatu yang memukau dunia. Mereka mendatangi setiap tempat dengan sebuah kereta unta dan bercerita tentang astronomi pada seluruh lapisan masyarakat.

Pertunjukan dengan Kereta Unta yang disebut Mobile Camel cart Astronomy Exhibition berkeliling di Ahmedabad, Gujarat, India dari tanggal 2-5 April 2009. Masyarakat yang dijangkau adalah masyarakat desa dan kota baik siswa, anak-anak, maupun orang dewasa. Kereta ini juga melakukan pertunjukan yang sama pada masyarakat adat di Rajpipla, area Narmada. Tak hanya itu, sebuah acara radio untuk memperkenalkan astronomi juga diselenggarakan sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang mendengar tentang astronomi. Kegiatan mereka membangun kesadaran astronomi di tengah masyarakat Ahmedabad memberi warna tersendiri bagi perayaan Tahun Astronomi Internasional 2009.

kredit foto : Manthan Educational Programme Society.

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.