fbpx
langitselatan
Beranda ยป Siapa Bilang Astronomi itu Sulit?

Siapa Bilang Astronomi itu Sulit?

Banyak orang yang bertanya, saya memiliki minat di bidang astronomi, tetapi dari mana saya mau mulai? Sebetulnya, menggemari astronomi itu tidaklah sulit. Kenapa tidak sulit? Memangnya untuk menggemari astronomi membutuhkan teleskop? Atau pengetahuan yang ‘wah’? Jawabannya adalah tidak! Untuk menggemari astronomi hanya dibutuhkan beberapa hal sederhana. Yang pertama adalah: Langit malam yang cerah dan penuh gemintang. Kedua: Tentu saja mata untuk memandangi dan menikmati keindahan langit. Dan ketiga: Sedikit saja pengetahuan tentang benda apa yang ada di langit, dan kalau memang belum tahu, peta langit tentu bisa membantu.

Tentu saja, ini bukanlah teori yang sulit untuk diterapkan. Tidak percaya? Dalam suatu kesempatan, penulis sempat berjalan-jalan ke daerah yang terpencil, jauh di Pulau Biak, ujung paling timur-laut Indonesia. Karena tidak berkaitan dengan astronomi, tentulah penulis tidak membawa peta langit ataupun perangkat komputer yang bisa menampilkan peta langit malam untuk lokasi tersebut. Tetapi, syarat pertama telah terpenuhi, yaitu: langit yang cerah! Karena itu, tidak ada ruginya penulis mengamati bintang. Nah, menjelang Matahari terbenam, penulis berjalan-jalan ke pantai. Kenapa ke pantai? Ya tentu saja untuk menikmati Matahari terbenam. Kebetulan, pada saat itu Bulan sedang dalam fase baru, sehingga seandainya memungkinkan, penulis bisa mengamat kondisi yang seperti hilal. Dan demikianlah!

Langit sedang bersahabat, dan dengan berbekal kamera DSLR, maka gambar (serupa) hilal diperoleh! Tidak hanya itu, ketika malam datang, langit begitu cerah, sehingga beberapa obyek teramati secara kasatmata! Jadi dengan sedikit saja pengetahuan, sebutlah, yang mana rasi Orion? Yang mana Taurus? Lalu kalau tahu mereka ada di mana, apa yang istimewa di sana? Paling mudah dan paling menarik tentu saja Pleiades di Taurus. Bila langit sedang cerah, maka kita akan beruntung menemukannya. Sedikit saja bergeser dari situ, ke arah Orion, maka kita akan bisa menemukan nebula Orion. Semakin kita mengetahui objek-objek menarik yang ada di langit, maka semakin banyak yang kita ketahui dan kita nikmati. Oleh karena itu, jangan takut, astronomi itu sebetulnya mudah dan menyenangkan, seperti yang terlihat pada foto-foto berikut.

Fase Bulan. Kredit Foto : Nggieng
Fase Bulan zoom. Kredit Foto : Nggieng
Arah Selatan, Crux baru terbit. Kredit Foto : Nggieng
Pleiades yang indah. Kredit Foto : Nggieng
Arah Selatan, Crux dan Rigel Kentaurus. Kredit Foto : Nggieng
Arah Timur, Skorpio, Sagitarius dan Bima Sakti. Kredit Foto : Nggieng
Arah Selatan, pemandangan kota, dan Bima Sakti pun masih teramati. Kredit Foto : Nggieng
Baca juga:  Gerhana Matahari Hibrid di Penghujung Tahun 2013
Avatar photo

Emanuel Sungging

jebolan magister astronomi ITB, astronom yang nyambi jadi jurnalis & penulis. Punya hobi dari fotografi sampe bikin komik, pokoknya semua yang berhubungan dengan warna, sampai-sampai pekerjaan utamanya adalah seperti dokter bedah forensik, tapi alih-alih ngevisum korban, yang di visum adalah cahaya, seperti juga cahaya matahari bisa diurai jadi warna cahaya pelangi. Maka oleh nggieng, cahaya bintang (termasuk matahari), bisa dibeleh2 dan dipelajari isinya.

25 komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini

  • tangerang .. hmm belum pernah ke tangerang, tapi menurutku langit kek gini susah didapat karena kondisi langitnya udah dipenuhi sama polusi cahaya.

    • hai semuanya. gmn kabrnya!!!!!!!! wah sekarang bulan menalpakkan cukup indah banget

  • gimana cara mengambil (memotret) gambar langit malam?
    ada trik2 khusus nggak?
    salam knal smua.aq astro lover dari aceh

  • @amir

    gak ada trik2 khusus sih..
    cuma kalo motret langit malam mesti sabar aja.
    hahaha

  • halooooo….

    kak serius cuma pake kamera DSRL????

    kereeeennnnnn……

    tapi….
    langit kaya gitu carinya karang susah ya ๐Ÿ™

    cuma…
    langit & bintang itu indah…

    jadi kayanya walaupun harus susah payah rela dah untuk dapet foto yang indah gitu hehehe

  • eh kak..

    aQ kan dah register di LS..

    tapi kok aQ ga’ dapet passwordnya yach????

    jadi aQ ga’ bisa log in dech….

    sedih…..

  • siyalll…
    hape dari kamera c75 dak support jauh buat poto bginian
    ***wes toh, trima wae wes bisa liat bintang napa*

    pengennn bisa ikut mengabadikannn
    *mupeng* =p~

  • Wah, tahun ini dah bakal jadi Mahasiswi. Pengennya sih jadi mahasiswi astronomi ITB!

  • cerah banget langitnya

    kalo di jakarta udah ga bisa liat yang kaya gini lagi,
    bintang yg keliatan aja bisa dihitung pake jari, malah kadang ga ada samasekali

    apa sya masi bisa jadi astronom amatir?

    • Semua orang bisa jadi astronom kok, baik amatir ataupun yg pro; banyak kejadian amatir bisa melakukan penemuan yang sangat hebat, bahkan belum lama ini ada anak umur 14 tahun yang melakukan penemuan nova, jadi yang penting adalah belajar sungguh2 & pantang menyerah ๐Ÿ™‚

  • hallo Mbak Ivie, saya mau bertanya. Di setiap malam cerah, kita hampir selalu dapat melihat tiga bintang yang masing-masing jaraknya berdekatan(sejajar). Apa nama rasi bintang tersebut? Thanx & keep the goodwork

  • Apakah masuk astronomi ITB itu sulit? Bagaimana tips2nya agar bisa diterima disana? Peluang kerjanya gmn?