Menjadi Astronom (Amatir)

Siapa saja yang disebut dengan astronom amatir? Semua orang yang punya rasa ingin tahu akan antariksa dan alam semesta sudah pantas disebut sebagai astronom amatir. Ketika seseorang memandang langit dan menyadari indahnya tatanan bintang yang dapat dibentuk-bentuk menjadi rasi, bulan yang menyinari langit malam dan jika beruntung dapat melihat meteor shower yang melintas, mereka yang menyadarinya adalah orang-orang yang telah masuk ke dalam dunia astronomi dan sangat pantas disebut sebagai astronom amatir.

Banyak sekali cara yang dapat ditempuh untuk mempelajari lebih jauh tentang antariksa. Salah satu cara menyenangkan yang dapat dilakukan oleh semua orang adalah mengenal rasi. Dengan melihat susunan beberapa bintang dan mencocokkannya dengan peta langit, seseorang dapat menduga rasi yang dibentuk oleh bintang-bintang tersebut. Itulah cara pertama dari langkah yang sangat bermanfaat dalam mengenal keindahan langit lebih jauh. Dengan pengetahuan akan bagian-bagian langit, seseorang dengan alat yang tepat dapat mengeksplorasi lebih banyak keindahan seperti galaksi Andromeda yang berada pada wilayah rasi Andromeda, Nebula Orion atau M42 di rasi Orion dan masih banyak lainnya.

Rasi sebagai panduan langit dapat diketahui dengan mudah dengan bantuan peta langit atau planesphere yang hanya seukuran kertas A4 atau bahkan ada yg lebih kecil. Di Indonesia hanya beberapa peta langit yang diproduksi dan biasanya dibagikan cuma-cuma, kebanyakan dari instansi yang memang bergerak untuk memasyarakatkan dan meneliti astronomi seperti planetarium dan observatorium.

Ditulis oleh

D. Dewantara

Alumni astronomi ITB, dengan topik kajian tugas akhirnya tentang hasil dari tabrakan asteroid ke Bumi, besar gempa dan tsunami. Mengkaji hubungan empiris ukuran asteroid tersebut dengan besar tsunami dan gempa.

30 thoughts on “Menjadi Astronom (Amatir)

    1. saya mau jadi astronom amatir, tapi masih 14 taun

      trus kalo mau ikut komunitasnya, daftar dimana?

      1. untuk komunitas online kamu bisa ikut gabung di langitselatan ini, atau ikut di milis astronomi-indonesia di yahoogoups. Kalau kamu di Jakarta kamu bisa ikut gabung di HAAJ, jogjakarta ada JAC

          1. hmm.. kalau HAAJ saya ndak tau aturan detilnya. tapi coba kamu ke planetarium aja.. main kesana. mreka punya banyak kegiatan loh.

  1. Download gratis Al Qur’an PDF terjemah depag RI
    Sangat berguna bagi yang hendak berpindah ke versi digital namun ingin tampilan sesuai versi cetak,
    karena versi PDF ini, pergantian halaman, dibuat semirip mungkin dengan versi cetak.
    Kunjungi:
    nafanakhun.wordpress.com

    Juga ada peta langit, Cara penentuan arah kiblat dengan bantuan Matahari dan Bintang yang bisa digunakan TIAP HARI (Siang dan Malam)

    Semoga bermanfaat

    Genghis Khun
    http://nafanakhun.wordpress.com

  2. hampir tiap malem aku slalu nengok ke langit,
    apalagi kalau musim kemarau dah, langitnya elok bgt nda!!!
    Q juga baru hapal Rasi Bintang (Scorpio, Sagitarius, Crux, Ara, Tirangle,)
    Q pengen tahu nih letak & magnetudo si Sirius.

  3. aku ingin,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,bgt menjadi seorang ilmuwan ahli astronomi,,,,,,
    tapi bisakah anda membantu saya?karena saya tidak ada biaya untuk meneruskan kuliah,,
    karena biayanya sangat mahal,,,,please,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,help me?

  4. kakak ddewa yang terhormat…

    aku sangat mengagumi langit beserta isinya……..
    terutama tentang bintang dan rasinya…….

    indah sekali………

    namanya juga bagus – bagus…….
    cygnus,cyrius,andruneda,aquila,dll…….

    tapi sayangnya ga’ ada satu orangpun yang mau kasi aku penetahuan tentang astronomi……..
    padahal yang aku tau masi sedikit banget……

    temen-temenku ga’ ada yang suka astronomi hiks :'(

    aku mau banget jadi astronom…

    please help me yaww…….
    tengkyu…

  5. aku ingin banget jadi astronom tapi aku bingung cari informasi tentang bintang2. . . . . boleh ada yang kasih aku info ga tentang bintang. . . . . aku masih umur 13 jadi kurang tw ttg bintang. . . . .
    klo boleh kirim ke
    [email protected]
    plizz tolong ya. . . .
    thx bgt. . . .

  6. Aku pengen banget jadi kayak Neil Armstrong…. mungkin g’ ya… Q bisa terbng ke luar angkasa, asal jangan tersedot ke black hole aja…

  7. suka wondering kalo liat benda benda angkasa, kadang suka senyum senyum sendiri kalo dah liat bintang, kagum ….

    btw di mana ya bisa daper peta langit, kalo ada minta di kirim dunkkss by email, or aku bisa dapet di mana kalo di bandung. thaksss y biar aku bisa belajar banyak lagi nih …

  8. aq bnar” ingin jadi seorang astronom!!!
    .karena aq igin menjadi orang pertama yang menancapkan Bendera INDONESIA di Bulan, Mars, dan Pluto!!!
    .aq juga ingin kendalikan seluruh satelit buatan, bukan hanya buatan Indonesia tpi juga DUNIA!!! (USA, ENGLAND dsb.)

  9. Saya minta kontak person untuk JAC, karna sy wong jogja pengin ngerti astronomi

  10. INI KEMUNGKINIAN ADALAH CITA-CITA SAYA KARENA SAYA SANGAT SUKA TENTANG ASTRONOMI APALAGI TENTANG ANARIKSA.Its real emotion,
    I’ll never give it up
    I don’t ever want to
    Lose this far
    No more than I can do
    …When I am just too wrong
    And in my heart I can hear you say,
    That I am not alone

  11. aku tunggu aja dulu kalo udah ada aliennya aja, aku nanti mau jadi dubes untuk alien aja hehehe

  12. ak seorang engineer 32 th. dari kecil ak bercita2 menjadi astronom. ketika ingin masuk astronomi ITB tidak diijinkan oleh orang tua akhirnya aku memilih kuliah di engineering. meskipun sudah menjadi engineer dan bekerja di bidangku separuh jiwaku tetap di dunia astronomy, jadilah aku astronom amatir, belajar astronomy melalui website2 astronomy dan mengobservasi langit sendiri dengan peralatan yang aku punya dan aku sangat menikmatinya. setiap hari di kantor layar internetku pasti penuh dengan website2 astronomy. website nasa pun menjadi window wajib di monitorku. so… kalo memang keinginan mendalami astronomi itu benar2 dari hati, jangan pernah ragu.

  13. Aku seorang Engineer, 32 th. Semasa kecil aku sangat menyukai astronomi, sewaktu ingin kuliah di Astronomi ITB tidak mendapat ijin dari orang tua akhirnya aku memilih kuliah di engineering. Saat ini aku bekerja di bidang engineering sesuai background pendidikanku, tapi ternyata astronomi sudah menjadi separuh jiwaku jadilah aku seorang astronom amatir yang belajar astronomy dari sumber manapun, mengobservasi langit dengan peralatan yang aku punya dan berbagi cerita di komunitas astronomi yang ada. Setiap memulai pekerjaan di kantor, layar internetku penuh dengan website astronomi, website NASA menjadi tab wajib setiap harinya dan aku menyukai itu. So… untuk adik2 yang memang tertarik dengan astronomi jangan pernah ragu, gali ilmu sebanyak mungkin dan jangan ragu untuk menjadi astronom professional.
    Salam astronomy,
    fera

Tulis komentar dan diskusi...