Buku Alamat Alam Semesta Reviewed by Momizat on . Dalam foto Space Scoop hari ini, kita akan menemukan sungai debu di tengah awan kosmik gas dan debu yang dinamai NGC 6357. (Nama yang cantik bukan?). Di foto in Dalam foto Space Scoop hari ini, kita akan menemukan sungai debu di tengah awan kosmik gas dan debu yang dinamai NGC 6357. (Nama yang cantik bukan?). Di foto in Rating:

Buku Alamat Alam Semesta

Dalam foto Space Scoop hari ini, kita akan menemukan sungai debu di tengah awan kosmik gas dan debu yang dinamai NGC 6357. (Nama yang cantik bukan?). Di foto ini, memang hanya sebagian kecil dari NGC 6357 yang tampak tapi sebenarnya ini foto yang sangat spesial karena foto yang sedang kita lihat ini merupakan foto pertama yang sangat detil dari bagian awan tersebut!

Aliran sungai debu di NGC 6357. Kredit : ESO

NGC atau New General Catalogue merupakan sebuah buku alamat alam semesta yang memuat daftar super panjang dari obyek-obyek yang jauh di alam semesta yang sudah diketahui para astronom. Isi alamatnya meliputi galaksi dan juga nebula (“nebula” merupakan nama teknis dari awan gas dan debu seperti yang kita lihat disini). Ada juga buku alamat alam semesta lainnya, tapi mereka hanya memuat obyek dari tipe tertentu.

Fakta Menarik : New General Catalogue terdiri dari 7840 obyek luar angkasa.

Sumber : Space Scoop Universe Awareness

Astronom Komunikator / Project Manager

astronom komunikator dan pengelola langitselatan yang lahir dan dibesarkan di Ambon. Menggemari sistem keplanetan sebagai kajian utama saat kuliah di Astronomi ITB dan akhirnya sadar ia lebih menyukai dunia komunikasi astronomi lewat media baru di dunia maya. Punya sampingan sebagai Project Manager 365 Days of Astronomy yang memperkenalkan astronomi lewat podcast & Editor Pelaksana di Majalah Astronomi. Jalan-jalan, nongkrong dan makan merupakan kegemarannya selain bermain game dan menulis cerita abstrak plus aktif di Astronomer Without Border, Galileo Teacher Training Project, Universe Awareness dan Global Hands on Universe.