Ide yang Tercetus untuk Mempelajari Planet Redup

Untuk bisa melihat cahaya yang sangat redup dari planet yang sedang mengitari bintang jauh, astronom harus menggunakan sebuah teknik baru. Luar biasa bukan? Teknik khusus untuk melihat planet diperlukan karena planet itu sangat redup jika dibandingkan dengan bintang. Akibatnya ketika dilihat dari jauh, cahaya si planet sudah tenggelam dalam cahaya bintang. (Ini seperti kita ingin menemukan mainan glow-in-the-dark / mainan yang bisa berpendar dalam gelap di dalam sebuah ruangan yang sangat terang)

Ilustrasi exoplanet tau bootis b. Kredit : ESO/L. Calçada

Sekitar 800 exo-planet (sebutan untuk planet yang mengitari bintang lain) sudah ditemukan sampai dengan saat ini. Tapi, planet-planet tersebut sangat redup dan sangat jauh sehingga para astronom tidak bisa melihatnya secara langsung lewat teleskop. Jadi, untuk bisa menemukan wxoplanet, para astronom melihat petunjuk lain seperti cahaya bintang yang meredup sekejap ketika ada planet yang lewat di depannya, atau melihat goyangan bintang akibat gaya gravitasi exo-planet.

Para astronom bisa belajar banyak sekali tentang exoplanet yang melintas di depan bintang mereka. Ketika cahaya bintang menuju Bumi, ia melewati atmosfer exoplanet yang sedang melintas di depannya. Akibatnya ada jejak atmosfer exoplanet yang tersembunyi dalam cahaya bintang untuk diungkap oleh para astronom.

Tapi. ada masalah lain: Planet yang melintas di depan bintang sangat langka, karena dibutuhkan saat ketika bintang jauh, exoplanet dan Bumi untuk berada dalam satu garis.

Saat ini, para astronom punya teknik baru untuk memecahkan masalah itu. Teknik baru ini memungkinkan astronom untuk memisahkan cahaya yang redup dari exoplanet tanpa cahayanya tenggelam dalam cahaya bintang. Tidak seperti sejumlah exoplanet yang sudah difoto sebelumnya, para astronom bisa menggunakan teknik baru mereka untuk mempelajari cahaya dari exoplanet. Artinya, para astronom bisa mempelajari atmosfer exoplanet dan lingkungannya serta banyak lagi informasi dari dunia jauh tersebut!

Fakta menarik : Jika ada alien atau makhluk asing mengamati Tata Surya, Bumi akan tampak lebih redup 10 milyar (10.000.000.000) kali dibanding Matahari!

Sumber : Space Scoop Universe Awareness

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

4 thoughts on “Ide yang Tercetus untuk Mempelajari Planet Redup

    1. maaf karena ini space scoop bahasa indonesia yg merupakan terjemahan dr bahasa inggrisnya dan untuk anak jd tidak dijelaskan hanya disebut teknik baru. Untuk tau teknik barunya seperti apa…. tunggu tulisan saya ttg berita ini besok pagi dalam artikel terpisah. saya udah lumayan ngantuk untuk nerusin bikin beritanya. 🙂

Tulis komentar dan diskusi...