Buku Alamat Alam Semesta

Dalam foto Space Scoop hari ini, kita akan menemukan sungai debu di tengah awan kosmik gas dan debu yang dinamai NGC 6357. (Nama yang cantik bukan?). Di foto ini, memang hanya sebagian kecil dari NGC 6357 yang tampak tapi sebenarnya ini foto yang sangat spesial karena foto yang sedang kita lihat ini merupakan foto pertama yang sangat detil dari bagian awan tersebut!

Aliran sungai debu di NGC 6357. Kredit : ESO

NGC atau New General Catalogue merupakan sebuah buku alamat alam semesta yang memuat daftar super panjang dari obyek-obyek yang jauh di alam semesta yang sudah diketahui para astronom. Isi alamatnya meliputi galaksi dan juga nebula (“nebula” merupakan nama teknis dari awan gas dan debu seperti yang kita lihat disini). Ada juga buku alamat alam semesta lainnya, tapi mereka hanya memuat obyek dari tipe tertentu.

Fakta Menarik : New General Catalogue terdiri dari 7840 obyek luar angkasa.

Sumber : Space Scoop Universe Awareness

Ditulis oleh

Avatar

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

3 thoughts on “Buku Alamat Alam Semesta

Tulis komentar dan diskusi...