DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA!
Selamat Hari Kemerdekaan yang ke-69
Mata Sebesar Apa yang Kamu Miliki Reviewed by Momizat on . Teleskop besar memiliki kemampuan yang hebat untuk bisa memperbesar obyek di alam semesta yang tidak dapat dilihat oleh mata atau teleskop kecil. Tapi, jika ast Teleskop besar memiliki kemampuan yang hebat untuk bisa memperbesar obyek di alam semesta yang tidak dapat dilihat oleh mata atau teleskop kecil. Tapi, jika ast Rating:

Mata Sebesar Apa yang Kamu Miliki

Teleskop besar memiliki kemampuan yang hebat untuk bisa memperbesar obyek di alam semesta yang tidak dapat dilihat oleh mata atau teleskop kecil. Tapi, jika astronom ingin memotret area yang lebih luas di langit, mereka justru menggunakan teleskop kecil.

Area langit yang luas yang bisa dipotret teleskop VLT. kredit : ESO/INAF-VST/OmegaCAM. Acknowledgement: OmegaCen/Astro-WISE/Kapteyn Institute

Astronom sering kali bercerita tentang ukuran area yang dipotret di langit dari seberapa luas / besar ruang yang digunakan oleh obyek langit yang dilihat. Langit malam itu bentuknya seperti setengah bola, yang merentang 180º dari Timur ke Barat dan Utara ke Selatan, di atas kepala kita.  Artinya, area yang digunakan oleh sebuah obyek di langit malam diukur dalam derajat — seperti ketika kamu mengukur sudut semi-lingkaran menggunakan busur derajat! Sebagai contoh, Bulan Purnama mengambil area setengah derajat di langit malam.

Sebagian besar teleskop-teleskop besar hanya dapat memotret area langit yang lebih kecil dari 1 derajat. Untuk area yang sedemikian kecil, astronom memnggunakan pengukuran yang berbeda yang disebut menit busur. Dalam 1 derajat terdapat 60 menit busur.

Foto yang tampak di atas, dipotret oleh teleskop besar bernama VLT, yang menunjukkan keseluruhan langit. Teleskop ini ukurannya 2,6 meter, dan termasuk besar! Menariknya, ia dapat memotret ratusan galaksi di area langit yang luas. Rahasia di balik kemampuan teleskop ini untuk memotret area yang sedemikian luas adalah kamera khusus 268-megapiksel milik teleskop ini.

Dengan kemampuan untuk dapat memotret sebagian besar langit malam akan dapat menolong astronom untuk mencari obyek di langit yang belum pernah ditemukan sebelumnya.

Fakta menarik: Kamu dapat menggunakan tangan untuk mengukur sudut di langit malam. Luruskan tanganmu sambil dikepalkan kecuali jari kelingking diarahkan ke suatu obyek. Besar sudut jari kelingkingmu akan mencakup 1 derajat, yang artinya dua kali ukuran Bulan Purnama! Apakah itu mengejutkanmu?

Sumber : Space Scoop Universe Awareness

Astronom Komunikator / Project Manager

astronom komunikator dan pengelola langitselatan yang lahir dan dibesarkan di Ambon. Menggemari sistem keplanetan sebagai kajian utama saat kuliah di Astronomi ITB dan akhirnya sadar ia lebih menyukai dunia komunikasi astronomi lewat media baru di dunia maya. Punya sampingan sebagai Project Manager 365 Days of Astronomy yang memperkenalkan astronomi lewat podcast & Editor Pelaksana di Majalah Astronomi. Jalan-jalan, nongkrong dan makan merupakan kegemarannya selain bermain game dan menulis cerita abstrak plus aktif di Astronomer Without Border, Galileo Teacher Training Project, Universe Awareness dan Global Hands on Universe.

• M. Faizi

Wow.. boleh dicoba fakta menarik itu

Reply
  • evi

artikelnya keren2 banget, bahasanya sederhana, tp isinya sama sekali gak sederhana. makasih ya, moga selalu sukses.
    sy cuma mau tanya, bisakah kita di indonesia melihat rasi bintang auriga? kalo bisa kapan?
    itu aja, sekali lagi makasih :)