fbpx
langitselatan
Beranda » Bulan Astronomi Global 2010

Bulan Astronomi Global 2010

Gempita Tahun Astronomi Internasional 2009 memang telah berakhir dengan kegembiraan dan kesuksesan karena telah membawa astronomi pada masyarakat global. Tidak tanggung-tanggung seluruh dunia bisa menikmati indahnya alam semesta melalui berbagai acara yang dilakukan oleh berbagai institusi astronomi maupun komunitas astronomi yang tersebar di seluruh dunia.

Salah satu acara yang menuai kesuksesan di tahun 2009 adalah rangkaian acara dalam 100 Jam Astronomi. Kegiatan yang berlangsung di seluruh dunia selama 100 Jam berhasil mengajak masyarakat menikmati langit dan mengenal astronomi dari dekat. Tak hanya itu, siaran langsung yang dilakukan melalui siaran langsung di internet berhasil mengajak masyarakat dunia mengunjungi 80 observatorium besar di dunia dan ruang angkasa. Menarik bukan? Dari sekolah sampai ke pasar, dari kota sampai ke pedesaan, masyarakat diajak untuk sama-sama berbagi langit yang sama.

Tahun astronomi memang berakhir namun kegembiraan itu tak kan pernah lekang. Dan di tahun 2010, Astronomer Without Border yang juga merupakan salah satu organisasi yang berada di balik layar 100 Jam Astronomi mengajak masyarakat global untuk kembali menikmati perayaan yang semesta untuk menikmati alam semesta. Yang menarik, tak hanya 100 Jam tapi selama satu bulan penuh di Bulan April 2010.

Bulan Astronomi Global 2010 akan menjadi kegiatan besar di tahun 2010 yang menyertakan komunitas astronomi dan institusi astronomi di seluruh dunia dalam memperkenalkan astronomi kepada masyarakat global. Inilah kesempatan untuk bekerjasama melintasi batas ras, agama, prinsip, politik, idealisme dan menikmati keindahann langit yang sama dari berbagai belahan dunia. Astronom profesional, astronom amatir, klub, pusat sains, dan institusi astronomi lainnya akan kembali membawa keindahan alam semesta itu turun ke Bumi untuk dinikmati di bawah Satu Langit Bersama.

Astronomers Without Borders
Astronomers Without Borders merupakan organisasi yang bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman bersama dan silaturahmi di antara bangsa-bangsa yang melintasi batas negara dan budaya melalui relasi yang terbentuk dari kecintaan pada astronomi. Proyek dalam Astronomers Without Border dilakukan dengan tujuan untuk saling berbagi, melalui kegemaran yang sama dan universal yakni berbagi langit.

Informasi lebih lanjut:
Website: http://www.gam-awb.org
Blog: http://gam-awb.org/gam-project-blog.html
Twitter: http://twitter.com/GAM_2010
Facebook:  http://www.facebook.com/globalastronomymonth

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

6 komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini