fbpx
langitselatan
Beranda » Global Warming – Apa dan mengapa

Global Warming – Apa dan mengapa

global_warming.gifSejak dikenalnya ilmu mengenai iklim, para ilmuwan telah mempelajari bahwa ternyata iklim di Bumi selalu berubah. Dari studi tentang jaman es di masa lalu menunjukkan bahwa iklim bisa berubah dengan sendirinya, dan berubah secara radikal. Apa penyebabnya? Meteor jatuh? Variasi panas Matahari? Gunung meletus yang menyebabkan awan asap? Perubahan arah angin akibat perubahan struktur muka Bumi dan arus laut? Atau karena komposisi udara yang berubah? Atau sebab yang lain?

Sampai baru pada abad 19, maka studi mengenai iklim mulai mengetahui tentang kandungan gas yang berada di atmosfer, disebut sebagai gas rumah kaca, yang bisa mempengaruhi iklim di Bumi. Apa itu gas rumah kaca?

Sebetulnya yang dikenal sebagai ‘gas rumah kaca’, adalah suatu efek, dimana molekul-molekul yang ada di atmosfer kita bersifat seperti memberi efek rumah kaca. Efek rumah kaca sendiri, seharusnya merupakan efek yang alamiah untuk menjaga temperatur permukaaan Bumi berada pada temperatur normal, sekitar 30°C, atau kalau tidak, maka tentu saja tidak akan ada kehidupan di muka Bumi ini.

Pada sekitar tahun 1820, bapak Fourier menemukan bahwa atmosfer itu sangat bisa diterobos (permeable) oleh cahaya Matahari yang masuk ke permukaan Bumi, tetapi tidak semua cahaya yang dipancarkan ke permukaan Bumi itu bisa dipantulkan keluar, radiasi merah-infra yang seharusnya terpantul terjebak, dengan demikian maka atmosfer Bumi menjebak panas (prinsip rumah kaca).

Tiga puluh tahun kemudian, bapak Tyndall menemukan bahwa tipe-tipe gas yang menjebak panas tersebut terutama adalah karbon-dioksida dan uap air, dan molekul-molekul tersebut yang akhirnya dinamai sebagai gas rumah kaca, seperti yang kita kenal sekarang. Arrhenius kemudian memperlihatkan bahwa jika konsentrasi karbon-dioksida dilipatgandakan, maka peningkatan temperatur permukaan menjadi sangat signifikan.

Semenjak penemuan Fourier, Tyndall dan Arrhenius tersebut, ilmuwan semakin memahami bagaimana gas rumah kaca menyerap radiasi, memungkinkan membuat perhitungan yang lebih baik untuk menghubungkan konsentrasi gas rumah kaca dan peningkatan Temperatur. Jika konsentrasi karbon-dioksida dilipatduakan saja, maka temperatur bisa meningkat sampai 1°C.

Tetapi, atmosfer tidaklah sesederhana model perhitungan tersebut, kenyataannya peningkatan temperatur bisa lebih dari 1°C karena ada faktor-faktor seperti, sebut saja, perubahan jumlah awan, pemantulan panas yang berbeda antara daratan dan lautan, perubahan kandungan uap air di udara, perubahan permukaan Bumi, baik karena pembukaan lahan, perubahan permukaan, atau sebab-sebab yang lain, alami maupun karena perbuatan manusia. Bukti-bukti yang ada menunjukkan, atmosfer yang ada menjadi lebih panas, dengan atmosfer menyimpan lebih banyak uap air, dan menyimpan lebih banyak panas, memperkuat pemanasan dari perhitungan standar.

Sejak tahun 2001, studi-studi mengenai dinamika iklim global menunjukkan bahwa paling tidak, dunia telah mengalami pemanasan lebih dari 3°C semenjak jaman pra-industri, itu saja jika bisa menekan konsentrasi gas rumah kaca supaya stabil pada 430 ppm CO2e (ppm = part per million = per satu juta ekivalen CO2 – yang menyatakan rasio jumlah molekul gas CO2 per satu juta udara kering). Yang pasti, sejak 1900, maka Bumi telah mengalami pemanasan sebesar 0,7°C.

Baca juga:  Es di Greenland dan Global Warming

Lalu, jika memang terjadi pemanasan, sebagaimana disebut; yang kemudian dikenal sebagai pemanasan global, (atau dalam istilah populer bahasa Inggris, kita sebut sebagai Global Warming): Apakah merupakan fenomena alam yang tidak terhindarkan? Atau ada suatu sebab yang signfikan, sehingga menjadi ‘populer’ seperti sekarang ini? Apakah karena Al Gore dengan filmnya “An Inconvenient Truth” yang mempopulerkan global warming? Tentunya tidak sesederhana itu.

Perlu kerja-sama internasional untuk bisa mengatakan bahwa memang manusia-lah yang menjadi penyebab utama terjadinya pemanasan global. Laporan IPCC (Intergovernmental Panel on Climate Change) tahun 2007, menunjukkan bahwa secara rata-rata global aktivitas manusia semenjak 1750 menyebabkan adanya pemanasan. Perubahan kelimpahan gas rumah kaca dan aerosol akibat radiasi Matahari dan keseluruhan permukaan Bumi mempengaruhi keseimbangan energi sistem iklim. Dalam besaran yang dinyatakan sebagai Radiative Forcing sebagai alat ukur apakah iklim global menjadi panas atau dingin (warna merah menyatakan nilai positif atau menyebabkan menjadi lebih hangat, dan biru kebalikannya), maka ditemukan bahwa akibat kegiatan manusia-lah (antropogenik) yang menjadi pendorong utama terjadinya pemanasan global (Gb.1).

Hasil perhitungan perkiraan agen pendorong terjadinya pemanasan global dan mekanismenya (kolom satu), berdasarkan pengaruh radiasi (Radiative Forcing), dalam satuan Watt/m^2, untuk sumber antropogenik dan sumber yang lain, tanda merah dan nilai positif dari kolom dua dan tiga berarti sumbangan pada pemanasan, sedangkan biru adalah efek kebalikannya. Kolom empat menyatakan dampak pada skala geografi, sedangkan kolom kelima menyatakan tingkat pemahaman ilmiah (Level of Scientific Understanding), Sumber: Laporan IPCC, 2007.

Dari gambar terlihat bahwa karbon-dioksida adalah penyumbang utama gas kaca. Dari masa pra-industri yang sebesar 280 ppm menjadi 379 ppm pada tahun 2005. Angka ini melebihi angka alamiah dari studi perubahan iklim dari masa lalu (paleoklimatologi), dimana selama 650 ribu tahun hanya terjadi peningkatan dari 180-300 ppm. Terutama dalam dasawarsa terakhir (1995-2005), tercatat peningkatan konsentrasi karbon-dioksida terbesar pertahun (1,9 ppm per tahun), jauh lebih besar dari pengukuran atmosfer pada tahun 1960, (1.4 ppm per tahun), kendati masih terdapat variasi tahun per tahun.

Sumber terutama peningkatan konsentrasi karbon-dioksida adalah penggunaan bahan bakar fosil, ditambah pengaruh perubahan permukaan tanah (pembukaan lahan, penebangan hutan, pembakaran hutan, mencairnya es). Peningkatan konsentrasi metana (CH4), dari 715 ppb (part per billion= satu per milyar) di jaman pra-industri menjadi 1732 ppb di awal 1990-an, dan 1774 pada tahun 2005. Ini melebihi angka yang berubah secara alamiah selama 650 ribu tahun (320 – 790 ppb). Sumber utama peningkatan metana pertanian dan penggunaan bahan bakar fosil. Konsentrasi nitro-oksida (N2O) dari 270 ppb – 319 ppb pada 2005. Seperti juga penyumbang emisi yang lain, sumber utamanya adalah manusia dari agrikultural. Kombinasi ketiga komponen utama tersebut menjadi penyumbang terbesar pada pemanasan global.

Kontribusi antropogenik pada aerosol (sulfat, karbon organik, karbon hitam, nitrat and debu) memberikan efek mendinginkan, tetapi efeknya masih tidak dominan dibanding terjadinya pemanasan, disamping ketidakpastian perhitungan yang masih sangat besar. Demikian juga dengan perubahan ozon troposper akibat proses kimia pembentukan ozon (nitrogen oksida, karbon monoksida dan hidrokarbon) berkontribusi pada pemanasan global. Kemampuan pemantulan cahaya Matahari (albedo), akibat perubahan permukaan Bumi dan deposisi aerosol karbon hitam dari salju, mengakibatkan perubahan yang bervariasi, dari pendinginan sampai pemanasan. Perubahan dari pancaran sinar Matahari (solar irradiance) tidaklah memberi kontribusi yang besar pada pemanasan global.

Baca juga:  Global Warming 2007, Tahun Terpanas Kedua di Bumi

Dengan demikian, maka dapat dipahami bahwa memang manusia yang berperanan bagi nasibnya sendiri, karena pemanasan global terjadi akibat perbuatan manusia sendiri. Lalu bagaimana dampak Global Warming bagi kehidupan? Alur waktu prediksi dan dampak dari perspektif sains dapat dibaca pada bagian kedua tulisan ini.

Avatar photo

Emanuel Sungging

jebolan magister astronomi ITB, astronom yang nyambi jadi jurnalis & penulis. Punya hobi dari fotografi sampe bikin komik, pokoknya semua yang berhubungan dengan warna, sampai-sampai pekerjaan utamanya adalah seperti dokter bedah forensik, tapi alih-alih ngevisum korban, yang di visum adalah cahaya, seperti juga cahaya matahari bisa diurai jadi warna cahaya pelangi. Maka oleh nggieng, cahaya bintang (termasuk matahari), bisa dibeleh2 dan dipelajari isinya.

257 komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini

  • saya heran…
    semua orang beramai-ramai menyataKan stop gLobaL warmiNg. tapi pada kenyataannya, zero.noL… kenapa mereka tidak bisa disiplin???apa susahnya membuang bungkus makanan pada tempatnya atau apabila di sekitar kalian tidak ad tempat sampah, KANTONGILAH bungkus makanan atau permen Yang kaLian makan,Bukan DijaLan raya atau dengan RINGAN TANGANnya buang begitu saja. tanPa memikirkan akibatnya. makanya jangan heran banjir dimana2!!!membedakan sampah organik dan plastik itu juga sangat perlu sekali.
    Oh coMe on!!!!Be a DisipLint bRo!!!!!!!!!!!!!!!ato kaLian mau bikin kiamat semakin cepat???????

  • Mengapa semua orang di Indonesia ( Tidak Semua sih….. ) tidak peduli pada lingkungan????!!!!!!!!!!!!!!!!

  • Mengapa rakyat Indonesia seperti tikus mati di lumbung padi ?????????apa kata dunia??????

  • Wah….W stuju bgt tuh dgn prnyataan vay..Knapa ci3 wrga indonesia hmpr 80% gk pduli dgn lngkungan.Sharus y kta jga dunk bumi kta ini.Klo ttp d biarkan.Ksian dunk pn3rus kta nnti y.Cucu” kta gmana nnti.Ayolah kta jga bumi kta ini,rawat,plihara n jgn mmbuat bumi mrah.Krna klo dy mrah,kta smwa bsa d lnyapkan lngsng hnya dgn htangan m3nit.
    SADAR LAH KLIAN SMWA..

  • qU jG s3tUju bGt ma pNdptnYa boyz d aTas…………..
    k’bnYkan rAng indon3sia ckrg dah gAk pedUli lg ma l!NgkungAnnYa
    nAva yA??????????///
    sO,qTa ckrG mulAi za dr d!r! qTa s3nd!ri………..
    k3Yz?????????????//

  • prinsipnya sih cuma ketidak pedulian aja kok… lo pada brenti ngrokok aja… >..< itu juga faktor penting terciptanya gas rumah kaca… jadi … bumi ini kita cuma numpang dan jangan lupa … mother nature… exist!!! n really2 pist… be wise aja… ^_^

  • mLez beT,,,bISaNyA cMa n9elUh tEntAng 9LobaL wArmiNG,,,tApi jAran9 bEt bRusaHa mEnceGah GLOBAL WARMING,,,

  • susahh .
    yang penting dari diri sendirii .
    lakukan kebiasaan menegur orang lain .
    dengan begituu orang akan buang sampah pada tempatnya langsung .
    dari pada mendengar anda mengomel pada mereka untuk tetap disiplin .

    keep ur world
    for ur children

    i’ll see in the future
    my green indonesia

  • Emang susah buat nyadarin orang2 disekitar buat SAVE THE EARTH, Dulu jaman kecil kata kata “Buanglah sampah pada tempatnya” dilakukan dengan benar alias ya buang di tong sampah misalnya, eee sekarang dengan santainya buang sampah di sembarang tempat, alasanya tuuuuh banyak sampah dimana-mana, jadi dimana-mana bisa buang sampahh, Hhhhhehhhh

  • jangan hanya komentar dunks>>>>>>>>>>>>>
    sekarang pikirkan nasib kita’bagaimana kedepannya??????????

  • tolong dong !!!!, kurangi global warming,
    Kan Ngeri …………………………………..!!!!!!!!!!!!!

  • knp??? ini smw tjd…
    kejadian seprti ini membuat bumi tmp tinggal qt mjd terancam..
    akibat ulah manusia yg tdk mjga lngkgn….
    manusia sungguh tdk tw diri…

  • bangsa inoNEsia Tw peNYeBAB PlG BYK KaSUs nIy……..
    ShRsNa BanGsA inDo Yg plG SDr AkAN hAl ni………..

    klo gk dr dri sndr,,,,,,,

    mo kpn lg qt nyadarin org laen ttg pentingna khdpn k dpn……….

  • Save our earth fro, Global warming is easy… tapi pada kenyataanya, semboyan stop glibal warminng hanya bagai udara lalu saja…

    sebagai bangsa yang peduli bumi, jadilah Dokter bumi yang menyembuhkan luka pada bumi ini…

    caranya ??????????????

    ya, kita” pasti udah pada tau kan….

    Now or Never, if you dont tjink about that, your earth will sick forever…

  • Gmana kalo kita bwt Indonesia jadi Trendsetter pencegah global warming ???

  • Global Warming = Global Destruction of our Earth

    Dalam pencegahannya emang ga bisa serentak, karena byak pihak yang masih belum peduli dan ada permainan kepentingan disana. So mari dimulai dari kita2 yang peduli dulu, mulai memikirkan solusi bersama. bukan saatnya menyalahkan tapi kini saatnya untuk bergerak memberi penyelesaian. STOP GLOBAL WARMING BEGIN FROM YOURSELF!!!!

  • Tolong buang sampah pada tempatnya!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    Ingat kiamat benar-benar sudah dekat….

  • sEyeeMm bUangEt bO” low eLo2 smuW Liat kndS Bumi Qt Skrg, bntr
    lg jd Lautan Ice,,,,,,dngin buanget X ya ????!!!!!1

  • duniaa emank mao kiamaT kawand” ..
    smuaa padaa terLaruT kedaLam maniZ nyah duniaa inii ..
    yang membuwad semuaa orang pda tertidur dan pejamkan mata terhadap apa yang ada di sekitar mereka ..
    tidak usah jauh” deh ,,
    Qta koreksii dLu dirii Qta ..
    apa Qta pantas menjadii contoh untuk smua nyah ?
    apaa Qta sudah mendisiplin kan diri ??
    apaa Qta sudah siap ??
    marii Qta semuaa bergandengan tangan ,,
    untuk bersatu ,,
    demi menyelamatkan dunia kiTa ..
    bersatu Qta teguh ,,
    berceraii Qta runtuh ..

  • Global warming…banyak yang peduli dan banyak yang juga tidak ambil pusing, jadi untuk menguranginya butuh kesadaran bersama.

  • Qta jangan cuma gembar-gembor ngomong global warming doang!!!!
    ato qta cuma pasrah dan bilang ini semua uda takdir dari Tuhan!!!!
    Qta juga mesti bertindak dari diri qta sendiri!!!!
    Biarin orang mw ngomong qta apa……
    CHIAYOOO…….
    SEMANGAT……
    Ayo qta hemat energi yang sering qta buang dengan sia2…..
    oiya,, kapan ya qta bisa manfaatin energi matahari dan petir untuk mengganti energi minyak bumi ato gas bumi??????

  • Kenapa ya?
    orang2 didunia ini hanya banyak mong doak????

    kalo kebanyakkan ngomong kapan kerjanya??

    bisa2 sebelum kerja udah keburu dunia tenggelem,,,

    ayo dong,,, lakuin sesuatu keburu makin parah!!!!!!!

  • gak ada yang bisa disalahkan……
    yg bisa dilakukan adalah sadar lingkungan dimulai dari diri sendiri….

  • WeLeH . . . . . UdaH KaYaK KiaMaT aJa Nich . . . . . . .
    Panasnya . . . . . Apalagi di Balikpapan . . . . . . .

  • artikel ini sangat berguna untuk masa depan bumi, kalo boleh? filenya saya posting ulang di blog

  • kt jgn cm ngmong doanx !!!!!!!!!!!!!! lo mua mw dunia kt tngglam ice water ?
    ktb utr udh mw mncair,udh mncair mlh !
    come on guyz !save word !
    kt jg hrs mnjga bmi ni dr global warming !
    CAIYOOO . . . ! ! !

  • ehm.. sg smwa sadar . . bahwa kita diamantkan untuk menjaga dunia ini.
    smg mereka sadar aj deh, ai jg..

    kan… merusak alam sama aj dosa..
    Nah lho!! klo Dosa apaan tuch balasannya?

  • dulu . . wktu-q msh brada d masa lampau, dunia ini sjukk bgd.
    malahan jarang bgd ad musibah.
    3h.. gara” ada setengah manusia yg lom sdar.. jadi gini deh buminya

  • gmana gw mau highlander kalo bumi gw ancur antah berantah….
    GLOBAL WARMING = KIAMAT

  • Pada saat di lampu merah, saya melihat mobil Lexus yang terkenal mewah-nya berada di hadapan saya yg mengendarai motor cupu. Saya anggap mobil itu memiliki daya tarik yang sangat menawan, tapi sebaliknya. Pengendara mobil tersebut lalu membuka kacanya dan Bravo! Dia melemparkan sampah (sejenis kertas, tapi tetap itu sampah karena dibuang).
    Oh, God! Damn It! Saya masih pikir mungkin hanya supir. Tapi nyatanya, seseorang yang memakai jas tanpa dasi.

    Itu hanya beberapa kejadian dari berpuluh-puluh kejadian.
    Terima kasih.

  • pertama adalah menyadarkan diri, mengurangi kelakuan kita yang menyebabkan kita jadi bagian dari proses pemusnahan manusia oleh alam yang di dalangi oleh ketamakan manusia…but itu mungkin terasa sulit, coz udah jadi kebutuhan…but gimana masa depan kita?anak2 kita?generasi penerus kita?

  • Napa ORAng Orang Dil luar sana selalu meneriakkan KATA2 stop global warming………………………………………………………………………

    tp mengapa msh banyak dari mereka yang menuturkan kata2 tersebut msh slalu…….. membuat sesuatu yang justru memicu pemanasan global………….

  • Sebenarnya klo menurut gua si,
    Kalo maw mencegah it udah terlambat….
    tetapi, Kita bisa mengambat proses global warming
    caranya ada dari hal dan kebiasaan kecil hingga yang besar
    Dari buang sampah sembarangan
    jangan menyalakan AC dengan kaca terbuka
    Dan, jangan memakai kendaraan pribadi
    Tapi negara Indonesia masih negara yg mementingkan diri sendiri
    Hutan saja masih sembarangan d tebang
    Padahal kan Indoensia adalah salah satu negara yang merupakan jantung dunia

  • ga usah yg berat2 dulu, buang sampah aja dulu pada tempatnya. kalo disiplin diri buat buang sampah aja ga bisa. ya yg lain juga ga akan bisa.

  • seharusx global warming ini harus bnr2 diperhatiin
    n mnjd perhatian umum krn menyangkut kehidupan orang banyak
    bukan hanya masyarakat aja tapi harus ada dukungan dari pemerintah juga
    example reboisasi bareng ama pemerintah
    so masyarakat juga kan jadi lebih antusias buat ngejaga lingkungan

  • rakyat indonesia bukannya ga peduli!!

    namanya juga indonesia,,, mayoritas penduduknya kan orng susah!!!
    boro” mikirin global warming!! besok saya bisa makan gak??….atoo kapan saya naik pangkat??

    klo kata sya sii,,,,
    masih banyak yg belum mengerti apa itu global warming?
    gmn cara ngatasinnyaa\paling ngga ngehambat global warming??

  • oiiiiiiiiiiiiiiiiiii………………………. buat para generasi muda jga bumi kita donk

  • kita neh harus nyadar,……… bumi udah mau ancur…………….. jd ga usah ngomong stop global warming stop pembalakan liar,,,,,,,,,,,,,,,,, ga usah dech……………… tapi buktiin dongkz

  • kenapa sih masih banyak aja penduduk yang belum benar benar sadar akan dampak global warming.padahal kan sudah sering sekali diberitakan di media2.waduh gimana lagi dong cara yang terbaik supaya penghuni bumi ini bisa sadar akan bahayanya global warming.masukan nya dong biar kita semua bisa mengurangi adanya kejadian yang bahaya sepertiitu.dah dulu ah mejeng nya .thaxs

  • .waduh seRem baNget yaw kaLo gLobaL waRmiNg benerAN terjadi

    .gMn naNti nasiBnya aNak cucu kita

    .apa nanti duNia seperti jaMan nya nabi nuh

    .akAN terJadi baNjir besar besar aN

    .Kita harus lawan muLai SEKARANG

  • woi………… jgn pada comment ja,,, jaga juga dunk.. kita kan sama-sama pecinta bumi.. peace..

  • guwe ngak setuju kalau pemerintah menjual bebas kendaraan bermotor karena menambah polusi

  • Allah telah menciptakan bumi ini untuk kita. Jadi harus kita rawat bumi ini. Mari bersama-sama kita pikul tanggung jawab ini.karena kita satu umat.
    Umat Rasulullah saw !!!
    Allahu Akbar !!!

  • kita tanya yuk sm diri kita sendiri , bCermin ….. kita uda ngLakuin ‘sesuatu’ belum untuk bumi ? kita mulai dr diri kita , baru dehh kampanyein ke sohibb2 kita ……..hal2 yg kecil aja dulu ….. aku uda ga pake parfum…. kalo bLanja2 dikit juga suka nolak kantung plastik ….. jd lgsg dMasukin di tas aja ……. eit, tp jgn bPikir ya , kalo cuma ‘seorang’ yang act. GA PENGARUH. itu salah banget ……. temen2 , dengan kitqa melakukan tindakan secara nyata itu bener2 membantu bumi ………..

    jadi ….. K A P A N L A G I ?

  • kita tanya yuk sm diri kita sendiri , bCermin ….. kita uda ngLakuin ‘sesuatu’ belum untuk bumi ? kita mulai dr diri kita , baru dehh kampanyein ke sohibb2 kita ……..hal2 yg kecil aja dulu ….. aku uda ga pake parfum…. kalo bLanja2 dikit juga suka nolak kantung plastik ….. jd lgsg dMasukin di tas aja ……. eit, tp jgn bPikir ya , kalo cuma ‘seorang’ yang act. GA PENGARUH. itu salah banget ……. temen2 , dengan kitqa melakukan tindakan secara nyata itu bener2 membantu bumi ………..

  • stop global warming!!!
    apaan tuh global warming???
    mana org tau klo yg kluarnya hanya kata2 stop global warming,tanpa ada penjelasan efek2nya..
    mnurut gw masih banyak orang2 indonesia yg blom ngerti apaan glbl wrming..
    org2 indonesia hnya bsa dpt pngertian jelasnya glbl wrming pling cman dri internet,media yg hnya ‘akrab’ buat kalangan tertentu..
    sbnrnya org indonesia jg pnya hati,asalkan dia emg ngerti apaan yg bklan terjadi..
    makanya utk media2 lain jgn sungkan2 utk memberi penjelasan mengenai global warming lebih dlm lagi neh…….

    love earth.. peace..

  • Global warming….Ihhh nyebelinnn!!!

    kenapa sih orang indonesia itu nggak mikir dampak dari global warming itu..
    dasar memang indonesia itu boleh dibilang bodohhh..
    Masa` buang sampah ditempat sampah saja susah banget(jarang banget kita jumpain di negara kita ini)..
    katanya cinta negara???
    mana buktinya!!
    beraninya cuma ngomonk doang..ughhh payahhhh!!
    buktiin dong!!
    kalo indonesia itu disiplin!!
    indonesia itu cinta alam!!
    Buktikan…

  • dsni khuq pd mara2 smua see? qta t hruuznyah ngaca dloo sblom ngemenk..udaa cukub bae bloom dri qtaa..?? emank..qta hruz rawat bumi qta.tpi ksih dnx penjelazan yg jlaz… mana orank taw efekny krn ap..mengapee..apaa..

    trimaakasihh
    ***
    ‘.’

  • Aduh global warming..

    Booming bangedh deh..

    Sumpah jgn deh kita jadi pihak yang trus2an ngancurin bumi kita..

    Kmaren gw mimpi, ttg akhir dari dunia ini gara2 glbal warming..

    Jadi ayo donk kita mule dr diri sendiri!!

  • wahai penunggu bumi, jagalah bumi ini dengan sebaik mungkin. jangan sampai banyak bencana terjadi.
    team peduli global warming

  • wadauuw..apa jadinya jika penghuni panet ini pada cuek ama lingkungan..
    yah kaya gini ini..udah panas…boros..g karuan, mari kita mulai sadr lingkungan dan menjaga warisan Adam untuk anak cucu kita…, tanggulangi global warming mulai dari diri sendiri…, kurangi emisi gas buang, jangan menggunduli hutan… klo kepala kita gundul kan panas juga ya…??? oh global warming..mari kita tanggulangi bersama.

  • Saya sering melakukan gerakan anti global warming,Tetapi gerakan saya tidak akan berhasil apabila pemerintah hanya diam dan duduk di bangku yang berac, naik mobil mewah yang megeluarkan asap kendaraan,merokok di saat mereka beristirahaat!!!! sementara pajak terbesar masuk ke indonesia adalah dari roko.nah rokok penyumbang ke 3 mempercepat global warming!!!bisa kita bayangkan orang di dunia ini hampir 90% peroko, bumi ini akan cepat sekali menjadi lautan. nah mari kita bersama mengurangi penyebap global warming.

  • Douughh…… Global Warming…. Kapan sie warga dunia, khususnya warga Indonesia mau mulai peduli???

    Ga usah neko2 dech buat memulai STOP GLOBAL WARMING….
    Mulai dari tindakan kecil ajah… 4 exAmple, buang sampah di tempatnya, ga usah buka2 kulkas klo ga ada yang penting dicari, n praktekin gaya hidup sehat : JALAN KAKI n NAEK SEPEDA…. Ga cuman buat STOP GLOBAL WARMING, tapi juga buat HEMAT BBM…

    PLease, save OUR EARTH soon!!!

  • Ya tau sendiri lah warga kita kan yang penting perut masing2. BBM mahal meeeeeeeeeen!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    jadi ya mana mau ngurusi lingkungan.

    lah wong yang jadi pemerintahnya saja masa bodoh, aplagi warganya yang ngurusi kebutuhan sehari-hari susah karena BBM naik, jadi jangan salahkan warga kita, tapi salahkan dulu pemerintah kita yang gemblung.

  • Gara2 presiden SBY sing kurang ngurusi masalah BBM kurange perhatian si SBY alias pemimpin negara sing jayane ora karuan kala2e mbuh mahasiswa mbuh masyarakat sekitar ana sing ngisukaken alias iseng2 dengan menyebut 0666 ini semua bermaksud hanya untuk menyindir si SBY alias pemimpin negara sing jayane ora karu2an. entah benar atau tidak itu urusan anda

  • yuphh..!!
    tmn2 gw.. sodara2 gw sedunia..
    sdr ato gak qt psti ikt ambil andil dlm global warming, jgn maen slh2an, gak akn ada hbsnya, skrg yg hrs qt lakukan adlh DO!! NOT JUST TALK!!, mule aja dr diri dendiri, dr hal yg sepele, n yg plg ptg saat ini jg, jgn d tunda..!!!
    kurangi penggunaan plastik, hemat energi, listrik, kertas, jgn buang smph sembarangan, tanem pohon, msi byk deh..!! gampang kan???
    ayo dnk sm… qt ACTION..!! FIGHT GLOBAL WARMING..!!

    LOVE U MY EARTH… OUR EARTH..

    ADAMemanganteng^^,

  • kita gak dapet piala thomas dan gak dapet piala uber.
    Tapi kita dapet kenaikan BBM. kasiaaaaaaaaan deh rakyat indonesia!!!.
    Kita sebaiknya membudidayakan untuk tidak begitu sering menggunakan tissue, parfum, hair spray, membuka kulkas sering2, karena hal itu bisa menyebabkan semakin membahaya
    bumi kita ini…
    ak mungkin udah beberapa kali melakukan gerakan anti global warming tapi masyarakat dan orang orang g pernah menyadarinya selalu santai2 aja.
    mereka pikir apa mereka bisa tinggal 1000 tahun lagi?!?!?!?!?

  • save our earth!
    global warming itu gabakalan ada kalo ulah manusia itu tidak EGOIS!!

  • global warming sbnrx yg hrus dsdri tu adlh qt bs g sich bwt mlkkn sdkt ja bwt ms depn qt ndri

  • pa kabar semuanya??? Masih pada hidupkan ??? Kirain udh ga ada lagi di dunia ini, gara2 cm mikirin global warming…. Selamat memikirkan global warming nya y… Gw doain berhasil… Gw cm bisa membenahi diri sendiri ntar klo ada waktu baru deh dunia….

  • aduuwwwh….pusing mbacanya, jd kpengin tidur aja,hehe…
    yg pnting smuanya dimulai dr diri sndiri aja, smua yg kita lakuin di dunia niy musti sadar akn konsekuensinya,sy harap smua orng bgitu.
    peace 4 all!!!

  • Salam rimbawan….

    Wahai para mahasiswa, pemuda-pemudi. Memangbenar, bahwa pemanasan globalbenar2 terjadi. Sejatinya, karena ulah manusia yang tidak ramah dengan lingkungan. Penebagangan hutan, konversi lahan hijau menjadi perumahan, pemakaian ac yang berlebihan, pemakaian kendaran bermotor yang mengaeluarkan asap yang berbahaya, pabrik2 penghasil CO2 yang luar basa dll yang sifatnya merusak lingkungan akan menyebabkan terjadinya pemanasan gobal.

    Kita tidak perlu saling mengunjing dan mencaci maki kepada siapapun. Saya mengajak kepada para pecinta hutan dan lingkungan mari kita melakukan hal-hal yang kcil untuk mencintai lngkunga mulai dari menanam pohon disekitar rumah kita, mengurangi penggunaan ac, dan bahan-bahan kimia yang berbahaya terhadap lingkungan, mengurangi emisi kendaraan bermotor untuk mengurangi dampak pemanasan global. terimaksih

    semoga kita menjadi khalifah dimuka bumi ini dengan benar. amiin.

    Faridh
    Kehutanan Unila

  • KnPA sEeh MAsYARAKAT ga SADar Jga KlO bUmI seKAraNg dLm baHAya,,

    SAdaR dUnK,,

    BAnTU bUmI KiTA…

  • Wahai manusia !!!! Sadarlah, global warming mengancam keselamatan dunia & hanya manusialah yang mampu menangkalnya !!!!! Yaitu manusia-manusia yang sadar lingkungan, tidak egoistis, cinta sesama, & lebih-lebih cinta terhadap tumbuhan.

  • Ulah kebanyakan manusia yg sifatnya merusak akan diimbangi oleh alam dengan bencana2 atau pun kejadian katastropi lainnya, spt gunung meletus, gampa & tsunami, meteor jatuh, dll, yg bisa mengurangi populasi manusia dan menemukan keseimbangan alam yg baru!

    Nature will find its way….!!!

  • Penyebab utama global warming :

    1.banyaknya peternakan-peternakan hewan di dunia ini
    2.penebangan pohon sembarangan
    3.polusi dimana-mana

    cara menangkal nya:
    1.jadilah vegetarian
    2.perbanyak menanam pohon
    3.pakailah teknologi ramah lingkungan

    untuk lebih lengkap nya lihat di:

    http://hernadi-key.blogspot.com

    info-info terbaru tentang global warming..

  • global warming!!???duch kykx tuch kabar dah kyk angin lalu g ada perhatian u/ mengurangi tuch bencana, bner2 tuch GW bkin gw keringaetan truz masa’ mendung2 gene panas anech bgtz khan!

  • semua bilang STOP GLOBAL WARMING!!!!

    tapi apa???

    kenyataannya hampir semua orang senang dengan ruangan ber-AC….bus ber-AC…
    pada ga’ mau kalo ga ber-AC…

    MANJA…

  • Banyak ilmuwan yang berpendapat bahwa siklus alami seperti aktivitas matahari berkontribusi lebih besar terhadap perubahan iklim.

  • ToLOng STOP GLOBAL WARMING Jaga buMi kLO oZon boLOng saPa yg maU nambaL..??
    Emank biZa TukaNg TambaL yg nambaLin oZon boLOng…!!!!!!!

    COBA PIKIR SEKALI LAGI STOP GLOBAL WARMING….ThanKz

  • HMM…bwaat yang daritadi ngemeng aja diatas…

    Gak usah deh, nyalah2in orang-orang, yang kaga bisa buang sampah deh, ada yang ringan tangan deh….
    Mending introspeksi diri lw dulu…dah seperti selayaknya blom diri lw…
    gw sih cma ngingetin, gw sadar, diri gw blom bner, jadi gw cma ngingetin lw pada jah…

  • Euuuuuuuuiy……….bWat sMua taq uSah bnyaK Omong mLu dah,,,,,!!!!

    buKtiin dunk……!!!

    ayoooooooooo……………………..!!!!!!!

  • Banyak ilmuwan yang menyatakan bahwa model iklim yang dipakai IPCC mengandung kelemahan.
    Bahkan ada yang berpendapat bahwa siklus alam seperti aktivitas matahari dan sinar kosmik gaaalaktik lebih besar pengaruhnya terhadap perubahan iklim dibandingkan dengan yang ditimbulkan oleh ulah manussia.

  • gimana nih?? makin lama keadaan makin memburuk aja,,tpi gda yg mw bertindak.. selamatkan bumi..

  • Salam untuk para Pecinta dan Penyayang Bumi Tunggal kita ini. 🙂

    Manusia sangat komplek sekali profesinya. Sebagai makhluk sosial mereka saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Isi bumi ini pun sama, cara orang “berdiri”(bertingkah laku) di muka bumi ini pun bermacam-macam.

    Cara mereka menyikapi global warmingpun juga beragam. Tidak mungkin semua orang menggembar-gemborkan ini semua hanya lewat tulisan atau hanya lewat omongan belaka. Aku yakin, kalau masih banyak orang yang bertindak dengan gigih, kerja keras hanya semata-mata demi menyelamatkan bumi.

    Memang benar, kita harus saling mengajak, mengingatkan akan bahaya ini. Jika semua sadar, semoga tidak jadi wacana belaka. Bertindak-bertindak dan terus bertindak yang terbaik untuk Bumi Tercinta.

    Rasanya, hal ini tidak jauh beda dengan jaman penjajahan dulu. Aku anggap ini sebagai perlawanan, pertempuran demi menjaga keutuhan suatu “Bangsa Raksasa”. Dunia… yah…dunia, manusia sedunia. Aku juga sadar, seperti contoh, tidak perlu jauh-jauh, pahlawan nasional kita, mereka tidak semuanya angkat senjata. Mereka mempunyai cara tersendiri untuk jadi sang Pahlawan. Maukah kita dianggap sang Pahlawan? Dengan cara kita sendiri? Intinya hanya satu, “Bertindak”. Bertindak yang positif, bukan hanya untuk diri sendiri.

    Paling tidak, seperti orang yang terserang penyakit kanker kronis, dia dirawat dengan harapan menunda kematian. Maksudnya, dengan usaha keras kita, paling tidak kita bisa sedikit berusaha menata kestabilan bumi dengan harapan pengurangan efek pemanasan global yang tanpa kita sadari sudah dekat dengan “kiamat”. Aku pasti tidak mengesampingkan/melupakan kata “Kuasa Illahi”, “Qodho dan Qodar”, “Usaha milik makhluk sedangkan keputusan milik Yang Maha Agung”. 🙂

    Salam!
    Putra Jepara 🙂

    nb: ( minta izin copas postingannya ya Boss 😀 )

  • tak terhindarkan lg global warming itu…
    dan smua nya akn terjadi…kita hanya bisa menunggu kpan wktu di saat bumi kalah akan tindakan manusia

  • cintailah lingkungan di sekitar kita seperti halnya kita mencintai diri kita sendiri….. stop global warming…

  • Saya mendapat tugas untuk membuat karya tulis global warming. Tapi,tugas itu haruslah spesifik. Saya…bingung bukannya masalahnya yang paling simple adalah adanya gas karbon dioksida yang hilir mudik antah berantah. Apapun masalahnya yang kita cari. Toh…nanti akn berhujung pada gas rumah kaca.

    Global Warming Enyahlah

  • mungkin gak ya??global warming terjadi??
    ak jdi pnasaran gmna ntarnya nich???
    mga ja gak!!!

  • GLOBAR WARMING is THE END of world..
    so jangan sampe terjadi dech…
    hanya kita yang bisa nyegah hal ini terjadi
    bwt temen2 semua pliss STOP global warming…!!!

  • buaT seMuanya….

    st0p gLobaL warmin9…

    dimuLai daRi diRimu seNdiri…

    keYzz…

  • waduhhhh…..
    kalo udah tau akibatnya…. owe jadi sadar neh,,, so jadikanlah dirimu orang yang mementingkan bumi yang kita huni bersama,,,

    jok sembrono,,,,,

  • semangadh!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    maju terus pantang mundur,,,

    hadapi global warming!

    eh,,
    ga’ nyambung banget ya,,

    he…he…he…. 🙂

  • pkkok ny we must save our earth…
    N doa in aq y…cupaya bz pacarn ama tyara.
    coz, ntar ank aq yg akn nerusin prjuangan aq save our earth

  • BUKAN WAKTUNYA
    SALING MENYALAHKAN DAN DISALAHKAN…

    TUHAN PUNYA RENCANA YG TIDAK KITA KETAHUI..

    JGN BWT SEmua jadi beban
    tetapi nikmati saja,,,
    agar kita mulai terbiasa untuk mengubahnya.

    Gb.

  • brrr….
    global warming memang udah jadi masalah bagi dunia

    emank ada solusi paling mudah gak????
    yang bisa dilakukan oleh rakyat biasa dan mudah dimengerti

  • SEMANGAT bWd ngaDepin GlobaL waRming yaW tMan,,,

    kita tDk bisa mnghdPi nEe ndirian,, s0 Qt harus bersatu untuk menjaga bumi ne bersama….
    peNting::
    kalian jangAn menyepelekan 1 lembar krTas loO yaa, c0z dG ngurangin satu sobek kertas aja kita sudAh nyumbang bwD bumi kita!!! c0z, kertas tu terbuWad dari serat kayu. n apabila kita ngurangin serat dari kayu pohon di hutan yang ditebang maka nggaK bakalan ada hutan yang BOTAK,, keY….
    KEEP OUR EARTH yaHc…. INGAT HUTAN ADALAH PARU2 DUNIA

    maKacih dH baca,,,

  • Satu hal lagi yg penting broooo,
    gejala alam ne udh nunjukin klo dunia mu kiamat
    so,
    rajinlah beribadah,
    shalatlah sblm di shltkan..
    kgk nymbung ya?!?!?!?!?!?!?!

  • dr pada bnyak omong bwt kritik orang2 yg kt xan dh pd g pduli ma lgkungan,,
    mnding xan gerak j sndri sxan jd CONTOH bwt mereka yang xan kritik….!!!!!!!!!!!!!!!!

  • Wuuuuuuuih global warming,………….
    sereM.///,,,,,,
    so,……St0p global warming,!!!!!!!!!!

  • Irit bbm bakal go green di Indonesia

    Masa iya sih motor baru Shogun RR bisa dihematkan 47,5% hanya dengan oxyhydrogen?
    Produk kami telah dimuat di tabloid otomotif dan majalah motor, berikut beritanya, tks.
    Rekan, dengan semakin lama mendalami pembuatan hidrogen boster untuk irit bbm (bahan bakar minyak), efisien (penghemat energi), alat ini berupa Hidrogen HHO fuel saver hydrogen energy generator cell kit accelerator sistem plate buatan Indonesia bisa digunakan di mesin bensin & diesel.

    Info Produk hydrogen booster/ boster hidrogen/ hho generator aDHydro di majalah MOTOR Hydrogen Booster terbukti meningkatkan performa mesin, dengan cara menambah pasokan zat hydrogen ke dalam ruang bakar. Maka salah satu diantaranya yang diklaim berhasil adalah produk lansiran ADHYDRO ini. Ini adalah produk kedua yang telah mengalami penyempurnaan dan mengusung kelebihan non boiling point, dan mampu menghasilkan lebih banyak hidrogen buat mesin.Alat ini hanya menggunakan media air murni (air “AQUA”), yang dimasukkan ke dalam tabung yang tersedia. Lalu air tersebut akan mengalami pengaliran aliran listrik pada elemen yang tersedia di dalamnya, yang otomatis akan menghasilkan gas hidrogen. Pemasangannya pun cukup mudah, karena seudah berbentuk paket. Hanya tinggal sambungkan ke intake manifold.Oh ya, selain keuntungan peningkatan performa yang signifikan, ternyata pemakaian hidrogen booster ADHYDRO ini, diklaim mampu mengefisienkan pemakaian bahan bakar yang berimbas pada lungsuran gas buang yang lebih bersahabat. Bahkan asap knalpot pun tercium seperti uap rebusan air. Untuk keterangan lebih lanjut silahkan kontak penjualnya!
    pengiritbbm.blogspot. c o m/2008/12/adhydro-static-mobil-di-majalah-motor. h t m l
    pengiritbbm.blogspot. c o m/2008/12/adhydro-hho-variable-motor-di-tabloid. h t m l
    pengiritbbm.blogspot. c o m

  • sebenernya yang perlu di tingkatin itu bukan hanya kedisaplinan…. manusia tu lebih harus mengubah mental dan kesadaran mereka jika dunia ini mau selamat, karena kalau mereka belum sadar kebiasaan buruk itu g’ akan mungkin dapat diubah….. usul saya kenapa Indonesia g’ membuat peraturan saja???? kalau ada yang membuang sampah sembarangan kena denda, sanksi penjara seumur hidup, hukuman mati, atau bunuh langsung saja di TKP… itung2 ngurangin kepadatan penduduk di Indonesia yang makin g’ terkendali ini…………

  • Kalo cuma mengeluh dan memaki aja kita gak akan bisa. Mari kita mulai dari diri kita masing2 dulu. Meskipun tampak tidak berarti bagi dunia yang luas ini tapi paling tidak kita sudah berbuat sesuatu. Paling tidak kita berusaha untuk menjadi seseorang yang punya kesadaran dan kemauan untuk memerangi global warming. Memang kecil tapi kita bisa menularkan pada orang2 yang ada d sekitar kita. Mulai dari komunitas yang paling kecil dulu. Yaitu keluarga. Kepada anak2 kita. Orang2 tua kita (yg ini mungkin agak susah ya ha2). Teman2 kita.
    Sebarkanlah semangat untuk memerangi global warming kpd org2 terdekat kalian sebagai permulaan. Sudah saatnya kita memandang bumi ini dengan cara yang berbeda.
    Bukankah perbuatan seperti ini sudah bisa dikategorikan sebagai ibadah. Tentunya kita juga perlu berdoa kepada yang Maha Kuasa.
    Mari kita semua berharap agar manusia bisa segera mengubah cara pandang dan pola pikirnya terhadap bumi yang kita cintai ini. Demi Kemanusiaan dan demi anak2 cucu kita kelak agar kita bisa mewariskan kepada mereka tempat tinggal yang nyaman dan layak untuk manusia yang katanya adalah makhluk yang paling mulia. Mari kita buktikan kalau manusia memang makhluk yang pantas untuk disebut paling mulia. Ironis sekali justru makhluk termulia ini(nyatanya paling menyedihkan) yang menyebabkan fenomena ini. Sudah seharusnya manusia pula yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah global ini sebagai konsekuensi atas perbuatannya sendiri.
    Langsung atau tidak kita semua terlibat dalam perusakan bumi ini.
    Jadi mari kita mulai dari diri sendiri.

  • Aduch…….. dah dech saat ini bkn waktu_nx buat kampanye kya’ lagi mo pemilu kale!!!!!!!!!!! Karanx tuch waktu_nx gnerasi muda bergrak!!! ayo bukti_in bahwa kita mencntai bumi ini jangan hanya buang selbaran dengan gaya sok-sok peduli padahal cuma cari simpati.Gmn mo ngelindungi bumi ini kalo buang sampah ja gak mo, jlan kaki mlez, truz mrasa panas dikit ja juga gak mo????!!!! padahal hal-hal itulah pangkal dari terjadinya pemanasan globaLLLL gitchu locHHHHHHHHHH!!!!!!!!!!!

  • gLobaL WaRmiN9???
    qTa smUa taU Apa – baGaiMaNa – seBab – n akiBat daRi gLobaL WaRmin9..
    tRuuuz paLa9i???
    m’LaKuKan sEsuatu bKan u peNceGaHan Lagi….taPi peRobaHan..
    yaaaa,,seTidaK2nya peRobaHan daRi diRi sendiRi dLu. (;

  • wuih…kalo boleh usul ney situs yang kaya gni harus smw ora tau byr indonesia gak dblg negara yang menyebabkan perubhan iklim dunia…..cz negara kita tuh kaya bgt,tapi setan2 yang menjelma malah merusak itu semua……….apa perlu peraturn yang bnyk?gak jaman pake prturan tw gak,yang trpnting adlh mlai ksdran sri diri sndiri bwt save ney indonesia bukan sebliknya….ok

  • hahahahahaha………..negara kita emang kaya akan flora n faunanya tapi sbenernya indonesia lbih bnyk punya flora dripada fauna cz fauna yang ada di pemerntahan”tikus kantor” udah makan semua flora di indonesia dri sbang smpe merauke……….

  • klo kta dah tau global warming itu membahayakan.mari kita demo dan hancurkan KFC dan restauran2 lain,di mulai dari rumah masing2.sori yawwwwwwww! kpd sppmilik restaurant…………………….

  • yoo..sudah waktunya kita sadar bahwa bumi kita ini semakin tua..saatnya untuk merawatnya dengan baik2..tulll ga…

  • bumi mkn pns nih………….
    kdng2 hujan kdng2 pns bgt
    aneh ya……………….

  • kalian ma jgn bisanya komplen2 atau sok negur2 orang and ceramah2 gak jelas! emank kailan sendiri uda jadi orang yang gak nyumbang global warming? kalo mau ngoceh lo pda harus na jgn pake AC lage, jangan pake kulkas, jgn pake motor/mobil, dll..
    siap kalian?? kali ia baru dah komentar ampe puas

  • iaa,,,w sTuju bgd tuh ama mirotic,,,klian jgn cma bisanya sok negurin orang,nasehatin orang,,,tpi klian sendiri bahkan gak pernah coba lakuin itu…
    sekarang gni aja deh,,,semua nya ini dimulai dari diri kita sendiri aja,,,Klo kita emng ud bener2 berhasil buat jalanin “aksi anti global warming” barulah kalian bole sepuasnya ngingetin orang orang buat jalanin “aksi anti global warming” itu
    Ok….

  • Berbuatlah apa yg bisa u buat , banyak berbuat dr diri kita, keluarga & lingkungan.
    semua bagus lah n juga banyak doa klau bisa tuh krgi omel2an itu juga habiskan energi and juga sebabkan global warming juga toh.

  • global warming kui perkara sik angel dipecahke
    dadine awak dewe kudu tobat marang gusti pangeran
    soale wis cerak karo kiamat
    lan sak wektu-wektu iso mati

  • huh…………..sebel
    sekarang bumi kita bertambah panas!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    aku setuju sama mbah sutho!!!!!!!!!!
    ya jadi kesimpulanya kita harus bertaubat…….
    okey

  • jangan hanya bicara, lakukan tindakan pengurangan risiko sekarang juga!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • wake up InDoNeSiA. . . .
    were all in this togeher it’zzz our home. . .
    so lets take care of it. . .
    wake up INDONESIA tomorow become a new day. . .
    everithing you do metter in someway

  • global warming tidak hanya isu belaka tapi sudah tejadi ,apbila itu tidak segera di tanggulangi maka itu berarti akan hilanglah peradaban manusia dan “KIAMAT” akan trejadi

  • mungkin bukan kita yang tergantung pada keadaan dan perilaku bumi terhadap,tapi BUMI lah yang tergantung pada prilaku kita sendiri.Jadi,berilah perlakuan baik pada bumi,agar bumi juga memberi perlakuan baik pada kita sebagai penghuni BUMI. ”STOP GLOBAL WARMING,MULAILAH DARI DIRI KITA SENDIRI, OK…..!!!”

  • wat semuanya…
    Stop GlobalWarming ya,,,

    Kalian ga asian apa ma bumi kita tercinta ini…

  • karena gua peduli ama masalah ini, sekarang gua bikin lagu beraliran rap setidak2nya bisa menyadarkan manusia yang merupakan penyebab utama global warming.

  • Bwat Temen” s’mua-a

    Global Warming terjadi akibat kurangnya kesadaran manusia,disamping itu…kurangnya sosialisasi pemerintah terhadap masyarakat tentang perlunya menjaga lingkungan kita…boro boro mikirin global warming…bisa napas ajha udah syukur,

    Tidak perlu saling menyalahkan sebenarnya,yang dibutuhkan sekarang dalah gimana generasi muda bisa bersatu tuh..bwat ngejaga lingkungan sekitarnya,…jangan asyik comment ja…contoh kecil…lakukan penghijauan disekitar kita,…biar bisa nyerap..air biar gak banjir….ato paling ngak lakkan konvoi berjalan kaki minimal sekali seminggu,bwat ngurangin polusi berkendaraan…gimana teman~teman…ato kita emang udah pada siap ngadepin kenyataan kalo dunia udah diambang kehancuran…kalo gitu satu~satunya cara yang bisa dilakuin ya be-taubat n bedo’a jalah ok!!!!!

  • SEBENARNYA SEBERAPA BESAR SH PENGARUH EFEK RUMAH KACA THP GLOBAL WARMING INI!!!!BESARAN MANA ANTARA POLUSI UDARA??????TRZ SMPAI KPN Y KRA2 GLOBAL WARMING INI BENAR2 MENGANCAM KEHIDUPAN DI BUMI!!!!

  • Setuju gak klo da statement yang menyatakan klo memang global warming ini tidak di tanggulangi akan di perkirakan 2012 akan kiamat…? Bukankah yang tau kiamat itu hanya Allah…

  • actully whats mean a global warminx??????
    beri kejelasan dounx’z trhdp mkhlk bumi neee
    jangn byrn jd mkhlk”” yang gtw TENTANG KEHANCURAN BUMI

    • plisssss….deh..
      ni BUMI and SELURUH ISINYA kan
      dari YME,kita jaga donkkk…
      misalnya sih kt msk organisasi yg bs bwat
      mencegah terjadinya GLOBAL WARMING…
      gityu deh pokoknya suruh smwa plend2 YOU bwat
      JAGA BUMI KITA !!!

      • Bagiku global warming wajib kita tahu apa yang sebenarnya terjadi..dan apa penyebabnya.

        Oleh itu kita bisa memberi berbagai penyuluhan trutma bgi lingkungan yang pastinya tidak mengulangi kesalahan ke2 kalinya…

        Okey

      • Global warming ??? jalan keluarnya apa !!! kita harus cari jalan keluarnya khan… iya khan…

    • bener.
      ayo kitaa stop global warming.
      tanam pohon.
      jaga pohon.
      jgn asal bakar bakaran sampah.
      jgn bakar hutan.
      dgn melakukan hal2 sederhana kita sdah membantu menyelamatkan bumi kita tercinta ini lhoo ^^

  • oH mY gOD….. globaL WArming is vERy danGEroUS!!!! I`m scaRed………………..

    • save our earth plizz..

      bumi udah rusak dengan semua kecangihan teknologi..

      so, jgn bkin bumi tmbh rusak lagi dengan global warming nih…

      kita, selaku penghuni tetap bumi dari nenek moyang sampai keturunan kita nantinya, harus menjaga bumi…

      cegah global warming sedini mungkin…

      dari hal2 kecil, dan dimulai dari diri sendiri…

      so, stop global warming now…

    • disini kita berteriak, menjerit stop!! global warming… dilapangan saya lihat manusia beramai-ramai meningkatkan suhu bumi, para, mau tanam pohon dimana ?? lahan hijau semakin sempit, gedung bertingkat dengan dinding pemantul panasnya dan terus tumbuh, semua org ingin memasang dirumahnya krn kepanasan, pengguna sepeda motor dan semakin banyak, terus bumi tambah panas gimana neeh solusinya ? supaya bumi tdk panas….???

    • manusia suka ga sadar apa tentang apa yang mereka lakukan dan apa akibatnya. GLOBAL WARMING is the real fact from what we have done to the earth.

      let’s change!!

      save our earth for the future

  • Stop Global Warming, mulai dari sekarang.
    Lama – lama Bumi kita yang sudah tua ini akan semakin panas…
    Bumi kita sangat menderita, apalagi yang akan tersisa dibumi ini…

    Banyak bencana datang, sebagai peringatan…
    Apakah harus ada ratusan bencana mengerikan lagi yang melanda setiap titik dibumi kita, agar dapat menyadarkan kita untuk lebih mencintai lingkungan sekitar?

    Ini semua baru permulaan…
    Apa yang akan kita tunjukan sama anak cucu kita, kalu semua yang ada dibumi sudah rusak…?

    STOP GLOBAL WARMING!!! UNTUK KEHIDUPAN MASA DEPAN KITA YANG LEBIH BAIK!!!

  • BUMI kita tercinta harus di jaga. gunakan energi seperlunya.
    tp jgn cuma BICARA….. coba lah kit lngsung ACTION.. ACTION… and ACTION…
    Coba lah mulai dari yang kecil dulu. Mulai dari diri sndiri. Jadi smangat ya bwt SELAMATIN BUMI ya……

  • oh..no..

    global warming bkn lg suatu isu atau gosip, tp global warming telah menjadi serangan erbesar bg umat manusia yang mendiami dunia ini…
    bagaimana cara kita untuk dpt memperlambat penuaan bumi??

    melalui comment ini, saya mengajak kalian semua utk mw berpatisipasi membantu dunia agar terselamatkan.
    caranya!
    1. marilah kita tidak serin menggunkan kendaraan pribadi agar tidak banyak polusi yang tersebar.
    2. tanam lah banyak pohon/ atau adakan penghijauan di rumah dan sekitarnya, agar adanya sirkulasi udara yang sgar.
    3. manfaatkan keranjang u/ berbelanja agar tidak banyak menggunakan plastik sbg keranjang.
    plastik angat susah u/ didaur ulang, dan kalaupun bisa akan memakan waktu yang lama u/ diurai.
    4. bagi yang bekerja, manfaatkan kertas bekas yang masih bisa dipakai u/ keperluan internal kantor.
    pengunaan kertas yang berlebihan akan mengakibatkan prodiktivitas penjualan kertas meningkan yang lagi-lagi merusak alam karena bahan baku kertas adalah dari alam.

    Forward kan saran saya, jika emang kalian peduli akan alam kita!!

    save our place where we live on it!!
    thanks

    • I agree with ur point of view because of what,…………………because all of ur reason can help anyone to change ur life can do the best…………………to help our life in the next time i hope so…………!!!!

  • klo dah terjadi mau gimana lagi…
    kita hanya bisa berusaha dan berdoa jadi kita tidak boleh menyesal dengan kejadian seperti ini..

  • woooww….ampe detik ini,,cuaca nya puannnazz bgtz!!!
    huh….aq kesel ma orang2 yank suka buang sampah sembarangan!!!
    huh….

  • .iieaaa suddaghlllahhh……………..
    pkuknyah kitta smuaah hyuss teutabb menjjaggga bummmi kittta……….

    kluuw bkan skrangg ….??? kapann lagggiiii……….!!!!
    lalu Kluu kitta gaag jagga bummi kittta dyi skrangggg…
    APA KATA DUNIA…

    (Miripp sama iklan iaupz…!!!)

    • betul bangeeet sekarang itu saatnya kita sadar bumi udah pannnnas banget…. jadi ayo jaga bumi kita tersayang.

      • betul….!dah ngrasa ga betah lagi tinggal di bumi nie,ayu kita jaga bumi ini agar lebih hijau lagi

    • bumi udah panas masa hati kita gak panas cie buat jagain bumi ini……….?????????

  • wes global warming serem bumi kte-kite kok jd gini ye SEREM……………………

  • Ass…Sdara2 ddvnia,yvx Qt st0p globl warmin9,,sbisa lu j dch,,dg m9h5t pmkæn ener9i msal_y,”_”,

  • wah………………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    ………………………………………………………….kiamat sudah dekat !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    …………………………
    ………………..
    ………….

  • KKKKKKKKKIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAATTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTT……………………………………………………………………………………..

  • emang sih kita cuma bisa omong” doang, tapi melaksanakannya yang sulit…menurut saya jika kita menginginkan BUMI tercinta ini selamat dari hal-hal buruk, seperti kiamat dan lain-lain, maka kita harus bisa mengontrol diri kita dulu jangan mengontrol diri orang lain apa lagi menasihati ayau menegurnya, yang jelas untuk menghindari hal-hal yang buruk harus berawal dari diri kita masing-masing atau kita harus punya KESADARAN diri………

  • kasihan ya bumi qk yg dulu indah skarang jd tidak ter urus BAHAYA KKKKKKKIIIIIIIIIIIAAAAAAAMMMMMMMMMMMAAAAAAAAAAATTTTTTT SUDAH DDDDDEEEEEKKKAAAAAAATTTTTTTTTTT

  • keadaan ini benar2 sangat memprihatinkan guys…………
    liat aja akibatnya, semakin banyak terjadi bencana alam dimana – mana…………
    alam MENGAMUK !!!!!!!!!!!
    cuz kita ga menjaga kelestarianya, kita juzt mengeksploitasinya secara besar2ran dan terus – menerus……
    kalu kita tidak segera menghentikan global warming ini, maka kita hanya nunggu waktu aja sampai planet biru ini MELEDAK…………
    mau….mau……….mau………
    jangan sampae dech………….

  • sbenernya global warming itu ga bisa di hentikan, kita cuma bisa menghambatya..

  • bumi……… maaf yaaaaaaa aku dan kaumku merusakmu
    tapi masih banyak kok manusia yang baik
    biarkan bencanamu merusak manusia yang serakah saja ya…………

  • tolong untuk dihimbau Seluruh pendudk bumi ini tolong ya . kita kan juga ga mau terus2an kena bencana alam kayak begini.
    jadi jaga dong bumi ini
    jangan ngerusak tangan2 jail.
    terutama muda-mudi yang tangan nya pada jail!!!!!\
    kalau andaikata aku jadi presiden atau apalah yang berhak mengurus indonesia ini,aku mau ngeluarin undang2 baru tentang sangsi yang amat sangat tegas mengenai pengerusakan lingkungan

    oke lah pesenku cuma

    JAGA LAH BUMI INI
    THNX

  • menurut buku yg pernah gue baca 1/4 bumi sudah mulai tenggelam akibat global warming dari pada terus2an bikin dosa mendingan buruan deh tobat keburu tengglam kbawa air es…..
    kya film the day after tomorow,,,,,,,,kan serem……………………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!! iya kan? iya dong????

  • Makanya kl emang panas setel aja remot AC nya turunin 3derajat gitu loh.. He3x.. (021)98886335

  • Plizzz dech………. Jaga nih bumi…………
    Jangan cma tw ngeruzakkkkkkkk
    Buang smph jg smbrngan…….
    Duhhhhhhhhhhhh……. Pusinkkkkk gw
    Emank kalian smua mw nieh bumi meledak????????
    pzti ga kan???????
    Makax dri skrng jga donkkkk !!!!

  • KITA selaku penumpang bumi ini SADAR DONK ” CUMAN NUMPANG” so ayo kita rawat bumi ini biar gak “MELEDAK” lagian ntar yg rugi kan kita sendiri. YACHHHHHHHHH gue sich cuman ngingatin aja supaya gak nyesel nantinya saat “DAH TERJADI”” karna penyesalan itu selalu datang terlambat lagian COBA DECH lho pikir gimana jadinya kalo GAK ADA BUMI . BY THE WAY SOAL GLOBAL WARMING APA global warming itu gak bisa di hentikan???????????????????????????????????????????????????????????????

  • kita harus melinduni bumi kita tercinta.. Sebagaimana kita tinggal di bumi.. Bukan kah slama hidup kita.. Kita tinggal dan Hidup di bumi..? Makanya.. Jaga lingkungan.. Kurangi penggunaan kendaraan spd motor 2tak.. Juga kita harus menjalankan progam gas emisi untuk mencegah bertambahnya gas C0.. Sbg pembakaran fosil pd kendaraan kita..
    Yang dpt menyebabkan bumi yg panas ini smakin panas.. Hehe.. By

  • KITA selaku penumpang bumi ini SADAR DONK ” CUMAN NUMPANG” so ayo kita rawat bumi ini biar gak “MELEDAK” lagian ntar yg rugi kan kita sendiri.
    Gimana caranya nyadarin orang2 yg ga peduli yaw ?

  • please….
    cegah dong global warming ini……

    kalau perlu basmi aja tangan2 jahil yang merusak alam ini….’

    keys the end thank you…

  • Mesti kudu buruan nemuin sumber bahan bakar yang lebih ramah lingkungan, seperti kalo bisa pake air laut buat gantiin minyak, bisa dibuat gak ya ?

  • bumi kita ini sudah sangat tua,sebaiknya kita yang masih muda mau merawatnya dengan baik

  • plisss dehhhhh jaga bumi kita dong. bumi kita cuma satu sekali ancur ga bakalan ada lagi .
    apa sih susahnya ngelakuin reboisasi?
    mulai sekareng plisssssss deh jaga bumi kita.
    rawat bumi kita jagan sampe terjadi global warming yang lebih parah!!!

  • benul,,ayo qta cegah terjadinya global warming,,,,,,,,,,
    mari kita sadar atas diri kita sendiri,dengan memulai menana satu pohon untuk kehidupan masa depan kita & nak cucu kita….
    gue salut kepada loe-loe yang pada sadar…

  • Global warming is very dangerous!Hidup akan lebih indah bila kita sebagai manusia punya keseimbangan dengan alam.

  • TeMen2 kita harus hidup Dgn HijAu….
    LihAt NenEk moyang kita…..
    udh menjaga Bumi nih….

    NeNek moyang kita cuma
    JalAn kAki ke mana2….
    iTu Udh melakukan Green Help

    apakah kalalian kalah sm nenek2 moyang kita….. ??
    kita harus berjuang jalan kaki…..

    n

    tanam pohon2 di rumah kalian ato dimana aja…
    itu bisa berbuat bumi makin seger…..

    nih gua kasih cerita dikit…..

    Pada suatu hari, ada suatu anak naek honda… dia sangat bahagi naek honda dari pada jalan kaki….

    Hari demi hari…. dia naek honda dan meluntuhkan pohon2

    pada suatu hari dia melihat berita tentang “global warming”

    dia pun pikir
    apakah yg berguna naek honda ato bumi ini…… ???
    dia pun jawab jaga bumi aja….

    karena bumi nih udh tua….
    makia kita harus jaga

    nah TeMen2 jAgA bUmi kita
    kita harus berjuang hidup dgn hijua…..

    Be SmarT Be Good Be WanDefull

  • ayo… bersama – sama kita lestaikan bumi kita!!! Save our earth yaw…….
    Dan inget satu hal, kita tuh manusia… Jangan mau di sama’in kayak hewan yang bisanya cuma ngerusakin alam ajah….!!!!

  • mudah2 hn global warming dpt sgr selesai.jd qt hrs ikut brprtsipasi dlm prsaln ni dng cr mlkukn hal2 kcl yaitu menanam tmbhm hijau minimal ny d hlmn rmh,mngdkn grkn seribu pohon(penghijauan),slalu membuang smph pd tmpt ny.makasih

  • yaaa ampunn……..
    ayolah tman2 kita jaga yah bumi kita agar tidak terjadi yang kayak gini.. kan kita juga yang akan rugi

  • kalian betul semua.kalo aku sich pinginnya bilang ke PRESIDEN AS +PRESIDEN INDONESIA!!!!tapi karena aq belum cukup dewasa (umur 13 tahun), so,aq komentar d cini aja dulu.pliz jangan kaget.bukuannya aku sok perhatian gitu.tapi kl aq lagi nganggur gitu,aku SELALU mikirin tentang bumi kita tersayang ini!!!!!!!!ayo doooooooong ssssaaaaaadaaaaaaar!!!!!!!masa kita mau mati akibat tangan kita sendiri???kan namanya orang gila!!aq juga cerita ama temen2q tentang ini.aq harap mereka mau bantu tp kayaknya aq dikacangin deh ama mereka.semoga aja nggak.tapi aq yakin kalian semua pasti maw dukung aku kan ??kalian bantu apa aja boleh!bantu do’a,bantu komentar,apa aja boleh kok!!!!!!!!!!!!!

    PLEASE SAVE OUR EARTH!!!!!!!!!!!

    FOR OUR FUTURE!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    PPP LLL EEE AAA SSS EEE !!!!

  • sekaranglah wktunya……..kpn lagi kl bukan skrag??
    kl bukan qt sendiri yg jaga bumi qt ini, siapa dong…………………..

  • jangan banyak bicara…..perbuatanlah yang semestinya kita lakukan…………..
    ayo kita jaga bumi ini………………………..

  • mati aja loeh!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    itu hanya omong mue tapi apa yang sudah kamu perbuat sedangkan kamue kmana-mana selalu naik mobil, moror n lain-lain rumah mue juga pke AC kan????????????

    • haha,,, udah, udah….
      yang penting kita sama – samangebangun bumi kita, supaya lebih banyak menghasilkan oksigen…..

      setuju???

      sayangi bumimu….
      <3

      • Betul bgt kt leo unya,jgn cuma ngomong doang buktikan…ya menurut gue cih motor dan mobil yang memiliki produksi asap yang berlebihan bagoss di musnahkan aj,eemm ap lagi pabrik2………..

  • ayo jaga bumi kita supaya selamat dan jangan lupa tanamkan lingkungan yang hijau setidaknya mengurangi global warming

    • Susah memang untuk mengajak orang ikut melestarikan planet bumi kita yang indah ini demi anak cucu. Permasalahannya memang benar-benar global dan harus melibatkan seluruh penduduk bumi. Secara pribadi, apa daya kita sebagai perorangan untuk bisa ikut andil dalam penyelamatan bumi ini?
      Menurut salah satu sumber yang bisa dipercaya, justru gas metan lah yang lebih signifikan perlu dikurangi karena menjadi penyumbang 51% dari efek rumah kaca, lebih buruk dibandingkan carbon dioksida.
      Apa saja sumber penghasil gas metan? Menurut sumber tersebut, peternakan-peternakan raksasa lah yang menjadi produsen gas tersebut. Oleh karena itu, menurut sumber tersebut, kalau ada sekitar 2 miliard orang yang mau merubah diet makannya menjadi diet vegetarian, maka produksi gas metan akan banyak berkurang yang akibatnya bisa memberi kesempatan kepada bumi untuk menyembuhkan dirinya sendiri.
      Untuk merubah pola makan ini jelas bisa dilakukan secara person, dimulai dari diri kita sendiri.
      Sayangnya, lidah kita ini sering rewel, maunya yang enak-enak saja, padahal rasa enak itu hanya dirasakan oleh sekitar 10cm panjang lidah. Perut tidak akan menolak, walaupun tiap hari hanya makan nasi pecel, urap, juice buah dll.
      Jadi, semua tergantung pada kita. ingin agar anak cucu kita masih bisa menikmati bumi yang indah ini atau membiarkan anak cucu kita menderita.
      Menurut sumber tersebut, masih ada sisa waktu sekitar 1.000 hari, dimana bumi mencapai point of no return untuk bisa menjadi baik kembali.

      • “Menurut sumber tersebut, masih ada sisa waktu sekitar 1.000 hari, dimana bumi mencapai point of no return untuk bisa menjadi baik kembali”

        sumber yg mana? kecuali terjadi hal ekstrim seperti perang nuklir di seluruh dunia dalam 1 hari atau bumi dihajar meteor 24 jam nonstop, bumi selalu punya cara menyembuhkan diri sendiri, cepat atau lambat

        jatuhnya meteor 65 juta tahun lalu, hampir semua kehidupan mati, tapi dalam 100 ribu tahun, toh, makhluk hidup bisa berjalan di bumi lagi. 100 ribu dalam hitungan geologi itu termasuk singkat

        dan kalau pun perubahan iklim yg tampak malah bukan warming, tapi cooling down. bumi malah sedang mendinginkan badan, bukan pemanasan

  • ayo kita jaga bumi kita supaya aman dan sejahtera selalu jangan sampai kita merusaknya……………………….ok

  • BUMI LAMBAT LAUN MAKIN ANEH HUJAN TAK HENTI HENTI NAMUN JIKA SUDAH PANAS PASTI PANASNYA SPERTI API.KITA HARUS SELAMATKAN BUMI KITA DEMI GENERASI SLANJUTNYA.AYO PERJUANGKAN BUMI KITA DAN SADARLAH MANUSIA YANG TELAH MERUSAK BUMI DAN INGATLAH DOSA

  • sori, isu global warming buat gw cuma akal2an politik dan ekonomi yg ditutupin pake kata lingkungan

    skrg, dari kebijakan global warming, negara yg paling dirugikan itu negara2 industri (indonesia, india) yg disuruh mengurangi kegiatan industri dan kegiatan perekonomian sperti peternakan, pengolahan bahan mentah, pengolahan mineral, dll demi ‘bumi’.

    global warming my ass! amrik aja tetep berjalan industrinya. itu akal2an mereka supaya mereka ga rugi

    • masak iya, temen nyemplung sumur, kita juga ikutan?? Indonesia sebenarnya dah bisa berdiri di kaki sendiri! kita jaga alam kita n perkuat diplomasi! Orang2 Indonesia pinter2 kok. SDMnya bagus SDA keren juga. Cuma peragu n g PD ja ma orang yg pinter bahasa inggris

  • qta sbg warga INDONESIA harus mnjaga bumi kita jgn sampai kita mrusaknya krna bumi makin hari makin tua….

  • namanya juga pembangunan, sll ada efek negatif n positifnya. g bs klo pembangunan stagnan. makanya kita harus ingat tugas kita d muka bumi ni..khalifah fil ardh. dah basi klo salah2an. g buat bangsa ni maju. stagnan ato malah mundur. Mulai dr yg kecil n dari diri sendiri. Aq cenderung berpikiran klo bumi n seluruh isinya tu diperuntukkan untuk manusia. tp bukan berarti manusia blh semena-mena. siapa yang menanam kan bakal menuai.makanya setiap pembangunan harus memikirkan efek jangka panjangnya.

  • aku stuju dngan prnyataan itu,,,tpi aq hnya ingin mnmbhkan satu kta aja…
    jagalah bumi kita,,sprti kita mnjga orangtu kita,,,dan orang yng kta syangi yaitu pacar kita…

  • Bumi itu perlu bukti dengan usaha apa yg kalian lakukan untuk menjaganya….bukan dengan perdebatan kalian yg menambah panjang deretan orang2 tukang jamu………….

  • mulai dari yg sederhana, bersyukur kpd Tuhan YME atas kehidupan yg dianugerhkan oleh-Nya, kemudian biasakan untuk berjalan kaki atau bersepeda jika tujuan perjalanan 1-2 km.

  • saya sangat sedih dengan keadaan bumi saat ini….

    apakah masih ada orang yg peduli dengan keadaan bumi saat ini………

  • Saya bingung dengan orang2 yg selalu mengungkit2 dosa dan kematian di forum ini setiap ada berita2 ilmiah yg kadang bahkan ga nyambung dg hal2 sprti itu..

    Jangan ingatkan kami akan kematian, kami muak, bau kematian ada di mana2.
    Ingatkan kami tentang kehidupan, bahwa kami ini sebenarnya sedang hidup. Karena semua orang pasti mati, tetapi tdk semua org benar2 hidup.

    Jika motif anda brbuat baik adlh utk menghindari neraka, sedih dan mngerikan sekali hidup anda.
    Saya berbuat baik karena saya ingin agar bumi ini sedikit banyak mirip dg negeri saya yg baka, kampung halaman sejati saya, surga.

  • Global warming itu semakin hari semakin cepat karena itu kelanjutan global warming yang dulu, jadi dari dulu semakin tambah sedikit hangat dan penghangatan itu menyebabkan lepasnya sedikit kandungan CO2 yang ada di air laut dan danau, akibatnya kandungan CO2 di atmosfir bertambah dan semakin mengurung panas dari matahari, jadi semakin panas, dan semakin panas itu menyebabkan semakin panas pula air laut dan semakin banyak CO2 yang terlepas, dan semakin panas lagi, jadi peningkatan tsb semakin hari semakin cepat, ditambah dengan melelehnya es di kutub-kutub
    Minuman Coca Cola yang rasanya “mengorek hidung” karena oleh pabriknya dimasukan gas CO2, cobalah hangatkan Coca Cola tsb maka CO2 nya lepas dan yang Anda rasakan hanyalah air manis saja yang tidak lagi mengorek hidung.
    Jadi untuk mudahnya, kita sebut kejadian alam ini adalah kejadian “berantai” atau deret yang tidak LINIER, tapi KWADRAT atau semacamnya, yang jelas tidak berbanding lurus.
    Selanjutnya karena kita hanya harus percaya kepada alat-alat ukur milik orang barat dan hasil pengukuran tsb kita juga harus percaya kepada pernyataan mulut orang barat, maka dengan mudah dipolitisir.
    Berhubung gejala tsb tidak berbanding lurus maka dikaranglah penyebabnya adalah kelakuan manusia, yang menyebabkan tidak berbanding lurus yang tidak sesuai dengan teori yang dipaksakan oleh pihak barat
    Dan kita semua diharuskan merasa bersalah untuk suatu rekayasa politik ekonomi demi keuntungan Kapitalisme.

    Selain itu kenapa tidak berbanding lurus, cobalah ketik “SIKLUS MILANKOVITCH” disitu terjadi faktor siklus perobahan poros bumi tiap siklus ratusan tahun, selain itu juga sangat dipengaruhi oleh interaksi dengan milyaran benda-benda langit yang dijumpai selama perjalananTata-Surya ini mengelilingi Galaksi (Bima Sakti), suatu siklus yang sangat kompleks yang belum mampu dihitung.

    Kelak sesudah siklus pemanasan global berakhir maka akan disusul oleh PENDINGINAN GLOBAL, dan pemanasan global lagi dan pendinginan global lagi dan seterusnya

    Ada manusia atau TIDAK ADA manusia, siklus ini akan terus berjalan.
    Sampai Allah SWT berkehendak lain, antara lain Bumi ini tabrakan dengan salah satu dari milyaran benda langit yang melintas atau tersedot Black Hole.

    Kalau mau jujur, bahwa begitu banyak diproyek-kannya “Penyelamatan bumi dari pemanasan global” sangat menguntungkan kantung pihak-pihak tertentu.

    • Jadi menurut bang Supri Global Warming cuman akal-akalan orang barat gitu…jadi kita ga usah repot2 jaga lingkungan yah…gak perlu menanam pohon, pengelolaan sampah mandiri dan program2 penghijauan lain….wah enak donk manusia tinggal merusak alam, tebangin pohon, buang limbah sembarang tempat…toh bumi pasti mengalami global warming….

    • hadeeeuh..bang supri ini..dari tulisannya keliatan bgt ngomel2in barat..eh, di akhir paragraf nyantumin siklus milankovitch..standar ganda ni yee

  • ane orang teater,
    ane coba berusaha memberi informasi tentang bahaya global warming melalui pertunjukan teater, sudah beberapa pertunjukan yang ane hasilkan, diantara-y : mejikuhibiniu (menceritakan tentang bahaya global warming bagi manusia), siklus (menceritakan tentang perkembangan kehidupan manusia yang semestinya tidak merusak bumi), dan kemarin tanggal 26 agustus2014 ane menampilken “rubah” (menceritaken tentang bahya global warming bagi kehidupan hewan di darat) bergaya fabel, tapi ane selalu merasa kurang bahan untuk menampilkan pertujukan yang” nancep di hati”
    bulan november ini ane mau menampilkan pertunjukan lagi dengan judul “cakrawala” yang menceritakan bahaya global warming bagi kehidupan burung-burung,
    ane berharap ada salah satu dari penulis yang bisa ane ajak untuk bertukar pikiran agar nanti ketika ane menampilkan pertunjukan “cakrawala” bisa nancep di hati,
    ane harap ada yang menanggapi kegelisahan ane ini,
    terima kasih.