Beranda » Masa Depan Bumi Saat Matahari Berevolusi

Masa Depan Bumi Saat Matahari Berevolusi

Perubahan iklim dan pemanasan global yang terjadi akhir-akhir ini menjadi salah satu efek yang sangat signifikan dalam perubahan kondisi Bumi selama beberapa dekade dan abad ke depan. Namun, bagaimana dengan nasib Bumi jika terjadi pemanasan bertahap saat Matahari menuju masa akhir hidupnya sebagai bintang katai putih? Akankah Bumi bertahan, ataukah masa tersebut akan menjadi masa akhir kehidupan Bumi?

Bintang Raksasa Merah. Impresi artis. source : Universetoday

Milyaran tahun lagi, Matahari akan mengembang menjadi bintang raksasa merah. Saat itu, ia akan membesar dan menelan orbit Bumi. Akankah Bumi ditelan oleh Matahari seperti halnya Venus dan Merkurius? Pertanyaan ini telah menjadi diskusi panjang di kalangan astronom. Akankah kehidupan di Bumi tetap ada saat matahari menjadi Katai Putih?

Berdasarkan perhitungan yang dilakukan K.-P. Schr¨oder dan Robert Connon Smith, ketika Matahari menjadi bintang raksasa merah, ekuatornya bahkan sudah melebihi jarak Mars. Dengan demikian, seluruh planet dalam di Tata Surya akan ditelan olehnya. Akan tiba saatnya ketika peningkatan fluks Matahari juga meningkatkan temperatur rata-rata di Bumi sampai pada level yang tidak memungkinkan mekanisme biologi dan mekanisme lainnya tahan terhadap kondisi tersebut.

Saat Matahari memasuki tahap akhir evolusi kehidupannya, ia akan mengalami kehilangan massa yang besar melalui angin bintang. Dan saat Matahari bertumbuh (membesar dalam ukuran), ia akan kehilangan massa sehingga planet-planet yang mengitarinya bergerak spiral keluar. Lagi-lagi pertanyaannya bagaimana dengan Bumi? Akankah Matahari yang sedang mengembang itu mengambil alih planet-planet yang bergerak spiral, atau akankah Bumi dan bahkan Venus bisa lolos dari cengkeramannya?

Perhitungan yang dilakukan oleh K.-P Schroder dan Robert Cannon Smith menunjukan, saat Matahari menjadi bintang raksasa merah di usianya yang ke 7,59 milyar tahun, ia akan mulai mengalami kehilangan massa. Matahari pada saat itu akan mengembang dan memiliki radius 256 kali radiusnya saat ini dan massanya akan tereduksi sampai 67% dari massanya sekarang. Saat mengembang, Matahari akan menyapu Tata Surya bagian dalam dengan sangat cepat, hanya dalam 5 juta tahun. Setelah itu ia akan langsung masuk pada tahap pembakaran helium yang juga akan berlangsung dengan sangat cepat, hanya sekitar 130 juta tahun. Matahari akan terus membesar melampaui orbit Merkurius dan kemudian Venus. Nah, pada saat Matahari akan mendekati Bumi, ia akan kehilangan massa 4.9 x 1020 ton setiap tahunnya (setara dengan 8% massa Bumi).

Perjalanan evolusi Matahari sejak lahir sampai menjadi bintang katai putih.

Setelah mencapai tahap akhir sebagai raksasa merah, Matahari akan menghamburkan selubungnya dan inti Matahari akan menyusut menjadi objek seukuran Bumi yang mengandung setengah massa yang pernah dimiliki Matahari. Saat itu, Matahari sudah menjadi bintang katai putih. Bintang kompak ini pada awalnya sangat panas dengan temperatur lebih dari 100 ribu derajat namun tanpa energi nuklir, dan ia akan mendingin dengan berlalunya waktu seiring dengan sisa planet dan asteroid yang masih mengelilinginya.

Baca juga:  Seberapa Masifkah Bintang Bisa Jadi Lubang Hitam?

Zona Laik Huni yang Baru
Saat ini Bumi berada di dalam zona habitasi / laik huni dalam Tata Surya. Zona laik huni atau habitasi merupakan area di dekat bintang di mana planet yang berada di situ memiliki air berbentuk cair di permukaannya dengan temperatur rata-rata yang mendukung adanya kehidupan. Dalam perhitungan yang dilakukan Schroder dan Smith, temperatur planet tersebut bisa menjadi sangat ekstrim dan tidak nyaman untuk kehidupan, namun syarat utama zona habitasinya adalah keberadaan air yang cair.

Terbitnya bintang raksasa merah. Impresi artis. Sumber: Jeff Bryant's Space Art.

Tak dapat dipungkiri, saat Matahari jadi Raksasa Merah, zona habitasi akan lenyap dengan cepat. Saat Matahari melampaui orbit Bumi dalam beberapa juta tahun, ia akan menguapkan lautan di Bumi dan radiasi Matahari akan memusnahkan hidrogen dari air. Saat itu Bumi tidak lagi memiliki lautan. Tetapi, suatu saat nanti, ia akan mencair kembali. Nah saat Bumi tidak lagi berada dalam area habitasi, lantas bagaimana dengan kehidupan di dalamnya? Akankah mereka bertahan atau mungkin beradaptasi dengan kondisi yang baru tersebut? Atau itulah akhir dari perjalanan kehidupan di planet Bumi?

Yang menarik, meskipun Bumi tak lagi berada dalam zona habitasi, planet-planet lain di luar Bumi akan masuk dalam zona habitasi baru milik Matahari dan mereka akan berubah menjadi planet layak huni. Zona habitasi yang baru dari Matahari akan berada pada kisaran 49,4 SA – 71,4 SA. Ini berarti areanya akan meliputi juga area Sabuk Kuiper, dan dunia es yang ada disana saat ini akan meleleh. Dengan demikian objek-objek disekitar Pluto yang tadinya mengandung es sekarang justru memiliki air dalam bentuk cairan yang dibutuhkan untuk mendukung kehidupan. Bahkan bisa jadi Eris akan menumbuhkan kehidupan baru dan menjadi rumah yang baru bagi kehidupan.

Bagaimana dengan Bumi?
Apakah ini akhir perjalanan planet Bumi? Ataukah Bumi akan selamat? Berdasarkan perhitungan Schroder dan Smith Bumi tidak akan bisa menyelamatkan diri. Bahkan meskipun Bumi memperluas orbitnya 50% dari orbit yang sekarang ia tetap tidak memiliki pluang untuk selamat. Matahari yang sedang mengembang akan menelan Bumi sebelum ia mencapai batas akhir masa sebagai raksasa merah. Setelah menelan Bumi, Matahari akan mengembang 0,25 SA lagi dan masih memiliki waktu 500 ribu tahun untuk terus bertumbuh.

Matahari yang menjadi raksasa merah akan mengisi langit seperti yang tampak dari bumi. Gambar ini menunjukan topografi Bumi yang sudah meleleh menjadi lava. Tampak siluet bulan dengan latar raksasa merah. Copyright William K. Hartmann

Saat Bumi ditelan, ia akan masuk ke dalam atmosfer Matahari. Pada saat itu Bumi akan mengalami tabrakan dengan partikel-partikel gas. Orbitnya akan menyusut dan ia akan bergerak spiral kedalam. Itulah akhir dari kisah perjalanan Bumi.

Sedikit berandai-andai, bagaimana menyelamatkan Bumi? Jika Bumi berada pada jarak 1.15 SA (saat ini 1 SA) maka ia akan dapat selamat dari fasa pengembangan Matahari tersebut. Nah bagaimana bisa membawa Bumi ke posisi itu?? Meskipun terlihat seperti kisah fiksi ilmiah, namun Schroder dan Smith menyarankan agar teknologi masa depan dapat mencari cara untuk menambah kecepatan Bumi agar bisa bergerak spiral keluar dari Matahari menuju titik selamat tersebut.

Baca juga:  Permainan Nama Kosmik

Yang menarik untuk dikaji adalah, umat manusia seringkali gemar berbicara tentang masa depan Bumi milyaran tahun ke depan, padahal di depan mata, kerusakan itu sudah mulai terjadi. Bumi saat ini sudah mengalami kerusakan awal akibat ulah manusia, dan hal ini akan terus terjadi. Bisa jadi akhir perjalanan Bumi bukan disebabkan oleh evolusi matahari, tapi oleh ulah manusia itu sendiri. Tapi bisa jadi juga manusia akan menemukan caranya sendiri untuk lolos dari situasi terburuk yang akan dihadapi.

Sumber : Arxiv : Distant future of the Sun and Earth revisited

• wah….
    ivie hebat ya pengetahuannya tentang astronomi….
    saya shaluuut….
    ajarin dunk…
    buat tugas akhir saya…
    hehehe….

ditunggu bantuannya…..

~ch4n~

• vi…
    kamu tau dari mana pengetahuan kayak gt??
    sering ngapain aja??
    baca buku??
    buku apa??
    btw, buku natural science tau ga??

thq ya…

• “Masa Depan Bumi saat Matahari Berevolusi ”
    web nya belom kelar ya??
    koq ga bisa ya…?? hehehe….
    sibuk bangat ya??

• Saat matahari kehilangan massa, apakah orbit bumi masih sama? kita sudah jadi komet?

• Pertanyaan seriusnya saya terlanjur post di sini namun di sini saya kasih komentar yang agak2 bloon sci-fi begitu, kalau manusia sudah menguasai teknik terraforming sepertinya ngga perlu menyelamatkan planet Bumi lagi, begitu ya? :mrgreen:

• mengapa bumi akan berevolusi? Apakah komet yang akan mendekati bumi ini berbahaya?

• to rhinoceros : saat matahari kehilangn massa orbit bumi tidak lagi sama. orbit bumi akan menyusut dan mengalami tabrakan dengan partikel lainnya.

to aldino : hmm bumi akan megalami perubahan karena dua hal.. prtama akiba pengaruh manusia2 hidup di dalamnya, yg kedua akibat perubahan matahari sebagai bintang induknya yg juga menjalani siklus hidup.

• ada kah seperti itu,gimana kalau matahari akan berevolusi? ini kah berarti kiamat sudah dekat.tuhan jangan lah engkau kiamatkan dunia ini

• Udah Lu2 Pada ikhlasin Aja…!!! Mendingan Nikamatin duniaaa sekarang ini..MoeMpUng Masih hidup…n jgn LuPA banyak AmaaL Sholat boy…jack…mbakk,…nyakk…yang mau Ninggalin Boemi…!!!
    TOEBat TeObat All !!!!
    mizz u

• Benar, apa yang telah tertulis dalam Alkitab dan Kur’an pasti terjadi. Banyak berdoa saja biar Tuhan tempatkan di dunia baru nanti (planet lain), kalau udah kiamat, soalnya di sana banyak tempat, banyak planet lain yang penting daftar dulu alias hidup yang benar, sesuai petunjuknya. Mudah-mudahan ketemu di dunia yang baru nanti. Berbuatlah yang terbaik maka kita akan mendapat tempat yang terbaik.

• qo bza c matahari berevolusi, tyuz ap mungkin kiamat dh dekat???????

iHh…. cerem……….

• eH……….

bEnar juga c………..

meNdingan mlai dr ckr qt taubat………..
    hE……..hE……..

• Aku juga berpendapat demikian!!!!! memang banyak orang yang membicarakan masa depan bumi tapi, sekarang pun bumi sudah mulai rusak akibat perbuatan manusia sendiri yang selalu seenaknya!!!!!!!!!!!

• periode kehidupan di bumi udah ada Dzat yg ngatur, ga usah ambil pusying. Tentu yg Maha Merencanakan juga udah memperhitungkan donk antara umur kehidupan di bumi dan umur solar sistem itu sendiri. DIA ga bakal meleset hitungannya walaupun cuma seorbit quark pun!

• aku sambut ama rea emank manusia cman bisa se enaknya di bumi yang kuasa melahirkan kita bkn untuk seneng2 tp untuk iman

• Klo matahari dah mengembang mending qt telpun pemadam kebakaran ajh biar api’y matahari mereda !!!
    Bisa gag?

• waw…
    artikelnya keren !!! 😀
    mkacih bwgt yach mbak….
    aku lagy cari artikel ttg habiznya eenrgi matahari dan dampaknya,,, ntar kalo mbak punya yang lebih keren tlg sampaikan ke aku y….

thx b4

• terimakasih. Memang astronomi di Indonesia adanya di bandung aja. Senang sekali kalo blog ini bisa membantu mbak neta juga.

• mungkin manusia masa depan sudah modern
    malah sudah pernah berinteraksi dgn mahluk luar angkasa(klau ada)
    malahan juga orangnya mempunyai kendaraan yg bisa ke luar angkasa

• kerjakan apa yang kamu bisa hari ini untuk bekal kita nati. sesunggguhnya ayat Allah sudah jelas akan datangnya kiamat ( baik ayat qauniyah didalam Al-Qur’an dan ayat kauniyah yaitu apa yang di tampakkan dalam ciptaan-Nya

• Wah, Keren tuh artikelnya tp masa bumi bakal hancur secepat itu khan kasihan manusia jd harus mati??? Dan bgmn mungkin manusia bisa hidup di planet lain? kan atmosfernya berbd bd jd di planet lain kite bkl kedinginan/kepanasan truss mate deh…

• yang jelas nanti bumi & langit akan kiamat,Rasulullah Shallallaahu alaihi wasallam telah memberitahukan,jangan bicara tanpa ilmu

• Duh jgn pikirin yg gk2 dah th trjdi milyaran thn lg (bener gk y? ) mank anda bs idup gt lama?

• WADDUH!!!!!!!!!! MARILAH KITA BERDOA AGAR BUMI INI BISA KITA DORONG HINGGA TAK DAPAT DIJANGKAU MATAHARI!!!!!!!!!!!!!!

• ass….

walaupun ini artikel lama, tapi wajib tuk qt ketahui…bukan hanya untuk pengetahuan, tapi juga modal qt tuk di akhirat supaya qt lebih giat tuk beribadah….

tuk mbak ivie…goOk LucK..

• iia bner qta wjib tau tntaNg buMi qta cndLi kLu bkN qTa cPa a9i cBa yAng hRuS j9a,,,,,,
    bwd tmend” w mulai detik ney qta mnj9a bmi qta dri pemanasn global

• Asiiiiiikk …. KIAMAT sebentar lagi …. horreeeeeeeeeeeee ….!!!
    akhirnya w bisa liat neraka seperti apa n w bisa ngerasain panasnya apai neraka seperti apa ….
    tapi w berharap datangnya kiamat lebih cepat sih … wkwkwk

• masa depan bumi emang harus dipikirkan kita yang anak muda juga harus menjaga kelestarian bumi
    so, think about earht from now

• hai mba ivie
    tulisan bgus bgt.
    tadi q baru nonton film KNOWING…ramalan masa depan, tapi yg aku tangkep dari filmnya bahwa bumi ini tidak punah tapi yg punah makhluk2 didalamnya. Disitu diliatin ketika matahari memancarkan panas yg dahsyat bgt, membuat seluruh isi bumi musnah,,,gitu deh inti ceritanya.
    dr sana aku jadi pengen tau sebenarnya tentang matahari, pa bener bisa kaya gitu..pas buka situs baca artikelnya mba ivie…aku jadi makin paham tentang matahari itu sendiri…dan seberapa besar energi yg dimilikinya.
    makasi ya mba infonya…

• vie
    klw seandainya bumi kena sinar merah dari matahari
    apa lapisan ozon
    ngak berfungsi lg
    artinya bumi akan hancur dong……

• wah kamu hebat banget !!!……..
    pasti kamu suka baca buku ya!!!!!!!!………..

• Mungkin buat sebagian orang ini pemikiran yang mengada-ada, namun bagi orang2 yang bergelut di dalamnya ini adalah perjalanan panjang dari pembelajaran sains di muka Bumi.

• eh u org ngapain ambil pusing seh??? Kalo kiamat ya kiamat aja , toh masi ada kehidupan di surga kok,kita bisa hve fun lage disana , lagean kan bosen kalo tinggal di bumi trs.

• Kawan, kami mengingatkan..
        Kita punya sebuah kitab yg sangat lengkap mengenai segala hal. kalo kita menyatakan sesuatu tanpa ada bukti dan tidak ada kesesuaian dengan kitab kita itu(Al-Qur’an) berarti kita telah takabur dan tidak mempercayai Allah yg telah menentukan segala sesuatu yang tersirat dalam Al-Qur’an. Semoga Allah memberikan ampunan dan hidayahnya…Amin cuy!!!

• jalanin aza kehidupan seperti skrang ini,dan jgnlah memikirkan untuk bsok dan strusnya dan kita tidak akan tau apa yg akan terjadi buat besok apakh kita akn mati atau msih diberikan umur yg pnjang oleh Allah SWT.
    Dari pembelajaran yg pnjang psti juga akn ada pemberhentiannya yaitu Hari Kiamat dan semua urusan yg ada didunia akan kembali kpda Alllah SWT.

Kehidupan itu harus didasari dengan nilai2 Agama, maka kelak kehidupan kita semua tidak akan hancur seperti sekarang ini…….
    Jangan terlalu mencari kesibukan duniawi maka suatu saat kamu jadi lengah dan lalai dalam menjalankan AgamaMu sendiri……..
    Disaat kamu lagi mengalami kesusahan maka ingatlah kamu kepada ALLAH SWT…
    Dialah Yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah,padahal kamu mengetahui.

Wahai Manusia janganlah dirimu Angkuh dan sombong kpda sesama,ingatlah bahwa kamu semua diciptakan dari setetes air hina/mani kemudian Allah menyempurnakannya dalam bentuk rupawan ada ganteng dan cantik,ada jelek dan buruk maka dari itu bersyukurlah atas apa yang diberikan oleh Allah SWT….

Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah- megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.

• Jika manusia tidak berpikir ntuk besok dan seterusnya.. untuk apa manusia diberi kemampuan berpikir?

• Buat apa Tuhan memberikan kita otak untuk berfikir dan hati untuk merasa dan buat apa Tuhan berkata “iqra” ????????????????? apa itu hanya untuk dibaca tanpa di praktekan ??

• Bahwa Langit,Bumi dan semua jagat raya ini telah diciptakan oleh Allah dalam tiap2 peredarannya masing2 supaya manusia dapat mengambil pelajarannya didalam kehidupan ini. apakah masih ada keraguan padamu pada kebesaran Allah.??

• Kita manusia seharusnya bisa bersyukur bahwa Bumi telah Allah ciptakan untuk tempat semua makhluk hidup.
    Adakh Langit lagi diplanet lain selain bumi…??

• Ada mas mata mata , bukannya langit ada nyampe 7 lapis ??? bersyukur semestinya manusia dikasih otak buat mikirin hal yang terjadi di semesta ini buat menggali ilmu yang berguna dan menyadarkan bahawa Tuhan itu Maha Besar,kalo orang sikapnya skeptis semua sih,mana bisa manusia bikin internet kaya yang mas pake sekarang .. gkgkgkgkgkgkggk ada ada saaj ..

• Dan mengenai akan keyakinan,

Sebagai umat muslim saya cuman bisa menyampaikan bahwa semuanya sudah diatur oleh Allah SWT, jika memang harus demikian Bumi kedepannya serta kehidupan yang berada didalamnya,mungkin itu semua sudah di atur oleh Allah SWT…sekarang kembali ke kita sebagai makhluknya untuk menyadari akan kekurangan serta kesalahan serta tindakan yg harus kita ambil kedepannya sekiranya dapat membuat dan menjadikan kita menjadi lebih bijak dengan dasar pengetahuan yang ada dan berbasis pondasi agama yang kuat sehingga dapat berjalan dengan sinergis dan terarah..

Salam,
    Asalim

• Waoww, rupanya byk yg kurang paham dg pemikiranmu ya. Tapi saluut bgt. Sebenernya semua hal yg akan terjadi itu sdh ada aturan n masanya ya, tgl kita yg hrs bisa berpikir positif dan tahu hars berbuat bgmn. Dari sudut pandang agama apapun semua itu pasti terjadi. Tgl kita mau itu berlangsung cepat atau nggak. Mau selamat ? Berusahalah dari sekarang, lwt jalur agama dan tentu ilmiah n teknologi, toh semua itu berhubungan erat. Ok.. Teruslah berkarya. aku tg tulisan yg lain.

• mbag q mau tanya , . . . apa ada lg situs selain langitselatan.com

Q pengen Menambah Wawasan lg niech , . .

Blz Yaw , . .Semngat truZ

• Tuhan menciptakan bukan hanya tuk let it flow ajah …
    Tuhan menciptakan sesuatu untuk dipelajari … bukan hanya untuk didiamkan saja … !!
    memang pada dasarnya semuanya itu Tuhan yg mengatur … !!
    jika manusia tidak mempelajari semua yg ada termasuk planet2 or jagat raya … !!
    kata kasarnya buat apa Tuhan ciptakan yg lain … knp gag bumi ajah ma matahari n bulan … !!
    seharusnya kita semua paham akan semua itu … !!
    Tuhan itu pasti menciptakan yg lainnya untuk dipelajari bukan hanya untuk didiamkan saja … !!
    gue sangat setuju kata2 ivie tentang ” Memang ditentukan Allah tapi bukan berarti manusia tidak boleh mencari tau dari sisi ilmu pengetahuan n’ Jika manusia tidak berpikir ntuk besok dan seterusnya.. untuk apa manusia diberi kemampuan berpikir? “

• menarik banget….!
    Mba…minta ijin copas tuk artikel di pesbuk aku….
    tentunya dengan menggunakan sumbernya…

thanks before

• mau dilihat dari agama atau astronomi, menurut saya ujung2nya sama tuh. KIAMAT.
    hanya masalahnya, kapan tuh kiamat datang.

yang saya tahu, berdasar agama yang saya tahu, saat kiamat tuhan akan menurunkan matahari hingga setinggi kepala. setelah itu seluruh kehidupan di bumi akan berakhir.

nah kl menyimak cerita di atas, matahari akan mengembang dan mencapai bumi…

mirip kan dengan yang namanya kiamat itu…….

so saya yakin dua-duanya akan terjadi. seyakin saya atas agama yang saya anut.

pis lah.

• Angkasa yang maha luas ini tentu banyak menyimpan misteri. Manusia yg diberi akal budi tentu akan selalu mencari jawaban tentang misteri yang ada. Bagus sekali tulisan anda. Mungkinkah kita bisa membuat mesin/pesawat atau wahana apapun yang bisa menyingkap misteri angkasa raya yang maha luas itu. Kalau saya perhatikan, setiap khayalan di masa lalu, saat ini hampir semua bisa terwujud. Kalau anda nonton film Wall E, produksi Disney Pixar studio, mungkin ada sedikit gambaran tentang masa depan bumi kita ini. Kadang kadang penuturan ilmiah dan dari sudut pandang agama kok nggak sejalan ya, ada masukan dari Ivy, atau dari pembaca sekalian yg budiman? Aku tunggu tanggapannya n terima kasih banyak. GBU all

• Agama dan ilmiah itu harus berjalan bersamaan dan saling melengkapi dan mendukung, bukannya saling menjatuhkan. Salah satu tugas manusia untuk mensyukuri semua yg diberikan Tuhan yaitu dengan mempelajari dan mengertikan. Apabila kita lebih mengerti, manusia cenderung dapat lebih menghargai apa yg telah diberikanNya.

anyway back to topic: “Apakah bumi akan hancur?”
      Mungkin kehancuran telah dimulai dengan terganggunya proses kehidupan di bumi ketika matahari mulai mengembang (peningkatan suhu bumi, ditambah dgn efek rumah kaca (plus bertambahnya CO2 di atmosfir krn kontribusi manusia), siklus normal di bumi bisa kacau dan stagnant).

Yg menarik disini adalah estimasi waktunya. 5 juta tahun adalah waktu yg cukup lama untuk kehidupan manusia. Seiring dengan waktu, kemajuan teknologi harus dapat mengikuti zona habitasi yg perlahan lahan menjauhi bumi ini.

Next destination: Mars ? lalu dlm 500 ribu tahun pindah lagi.

• karena agama dan hal ilmiah itu harus dikaji dan dipelajari.Pada akhirnya kedua hal yang “tidak sejalan itu” akan memperlihatkan pembuktiannya,baik dengan waktu dan ilmu yag dimiliki manusia.

• jika allah berkata”kunfayakun” kpda bumi maka terjadilah.
    tapi itu adalah adalah kehendah yg maha esa,manusia hanya bisa belajar dan memplajari,dan harus intropreksi diri.
    mungkin ini sudah tanda “KIAMAT ALAM SEMESTA SUDAH DEKAT”.

• Artikelnya menarik sekali.
    Mungkin benar, bahwa saat kiamat matahari akan berada d atas kepala.
    Tapi jangan lupa, Al-quran yang Allah turunkan itu penuh dengan bahasa yang tersirat, jd perlu pemikiran yg dalam untuk dpt mengetahui maknanya, so jangan sampe salah tafsir aja.

Yg sy tw, ‘Kiamat’ adalah khancuran alam semesta.
    Yg sy mw tanya k mbak iviy, apakah dngn evolusi matahari saja, bisa merusak kseimbangan alam semesta dan menyebabkan kiamat?
    Solarsistem kita ini hanya sebesar debu jika d banding alam semesta.

Emang jarak ujung alam semesta brapa ya mbak ? ^_^

• sepertinya…manusia di bumi harus perlakukan Bumi ini dengan penuh kasih sayang
    Aku yakin Allah SWT….pasti melindungi umatnya dari kemusnahan.
    Mba, sangat menarik ceritanya….menjadi pelajaran ke depan yang patut kita waspadai juga. Mengingat eksplorasi bumi yang semakin menggila…(jujur aja aku concern, so dukung tuk go green to our earth)

• knapa si pada ribut, toh yg dibahas sama mba’ ivie itu kan mengenai karakteristik matahari, probabilitas keadaan yang mungkin terjadi, jadi kenapa harus diperdebatkan antara apa yang dibilang sama agama dengan apa yang terungkap oleh sains, tapi menurutku jujur ini tulisan yang bagus bgt, dari sini aku bisa dapet hal baru walaupun aku juga dapet sebagian kecil di perkuliahan

ternyata baca-baca hal begini ga’ bikin bosen ya, makin dibaca makin asik makin penasaran, makasi ya mba’ atas postingannya, tetep semangat mba’ untuk terus menulis !!

• Matahari membesar padahal setiap hari dia melepaskan energi yang dahsyat,kayaknya teori konvensional masih enakan deh, dimana dia akan menyusut, mampat dengan masa yang luar biasa kemudian akan meledak nah habis dah cerita, sekarang ada lagi teori yang mengatakan dia akan membesar, tambahan body dari mana? padahal konon setiap hari dia kehilangan berat 40.000 ton, wah,,,,,,,, (maaf cuman buat bahan diskusi, saya sendiri kalo bali baju ke matahari,,, heheheh)

• mbak ivie…aku akui artikel anda sangat bagus2…aku tertarik bged.

tapi mbak…manusia itu udah terlalu bnyak mencampuri urusan Tuhan.

sedikit ngutip dari buku nih..lupa buku apa judulnya

ya kan…Tuhan Maha penglihat… manusia ingin lemlihatn sejauh2 antariksa
    Tuhan maha pencipta…. manusia pun ingin menciptakan organisme baru.kloning leh..rekayasa gen lah.
    Tuhan memberi kita akal bukan untuk berpikir logis dan mengacak2 dunia saja.. tapi berpikir jika kita adalaha Tuhan..betapa murka kita ketika semua urusan kita dicampuri nya (kecuali ata kehendak NYA)

terus terang aku suka ma logika kok tapi..tapi kalo dipikir2..emang kita udahn bnyak nyampuri ya >..<

• aneh aja tuh si mr mata mata.kita lagi bicara ilmu pengetahuan .bukan agama.agama dengan ilmu pengetahuan juga memiliki konsep yang sama,untuk kebaikan kita juga.lagian ke agamaan lu tu ya- nga sesuai dengan nick lu tuh.suka ngurusin orang lain yah kayaknya?

• oreng boleh komentar, kalau ga suka ilmu perbintangan ya jangan nimbrung disini ga ada kerjaan aja , kayanya mr mata bisanya cari musuh didikan orang belanda kali , tukang adu domba, jadi orang santri bukannya sadar malah cari musuh ga nyambung deh,

• udah-udahjangan berantem, lebih baik kalian berantem ngerebutin aq…… he..he…he…

ya terserah aja lah kan msh lama…….
    klo skrng jngan Gw blm mau mati………
    prisma aja yang mati idup

• aku mau bkin karya tulis ..
    kk bsa ngasih ide gak kra” apa tema yang bgus bwat aku??
    aku msh smp kls 3 . .

• apakah itu semua merupakan kepastian atau sebatas perkiraan ?…tentu perkiraan bukan?, berdasarkan asumsi-asumsi pengetahuan yg kita miliki sehingga bisa dikatakan scientific (atau ilmiah)…senyatanya kita tidak pernah tahu apa yg benar-benar akan terjadi di masa datang karena itu ghoib bagi kita…jika yg terjadi seperti yg digambarkan ya okelah, tapi siapa yg berani menjamin akan terjadi seperti itu?…jika yg terjadi dimasa datang tidak seperti itu, bisakah ini dikatakan kebohongan?…sementara kita sudah terlanjur percaya…dan Alloh yg mengetahui yg nyata dan yg ghoib apakah menceritakan seperti itu?…kita mesti merujuk kepada al-qur’an karena dg itulah kita berkomunikasi dg Alloh…

• bagus banget aertikelnya,,aq suka banget hal2 yg berbau masa depan,apalagi tatasurya..bumi pasti punah / hancur tp qt harus cari tau sebelum hancur penyebabnya..sapa tau ada planet lain yg spt bumi,kan qt bs tinggal disana…hmmmm …keren…
    tapi diatas semuanya uda ada yg atur kog,,hehehe…
    semangat…

• bukankah emang manusia itu diciptakan allah untuk menyembah kapadanya….bukan malah untuk menghakimi diri sendiri…..yah kalo emang bumi udah ditakdirin buat hancur ya hancur aja toh kita hidup juga ga bakalan kekal koq….
    yang penting kita sebagai manusia wajib mensyukuri dengan apa yang telah diberikan allah kepada kita….
    dan jangan lupa tetap tabah dan sabar aja…..
    ngemeng-ngemeng ada artikel lain ga…….yang bisa bikin kalo manusia wajib nyadar kalo dalam diri mereka itu ga ada yang sempurna…….

• hadapilah hari esok , dgn senyuman … yg telah berlalu biarkan lah … yg akan datang kita tak akan tau …

• Mbak, kira2 bisa gak membuat jarak dan waktu menjadi lebih pendek. Apakah ketika benda langit/tata surya berada segaris dapat memudahkan perpindahan ke tata surya yang lain. Soalnya ingat kisah Isra’ Mi’raj dan kuda terbang,hehehehehe..
    Semoga teknologi itu dapat kita temukan….

• segala sesuatu ada waktunya…
    apabila Tuhan sudah menghendaki bumi ini akan kiamat….apa yg bisa dilakukan manusia????
    yg cm bisa kita lakukan adalah berdoa n lebih dekat dengan Dia….
    rancangan Tuhan adalah rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan….
    Dia akan menjadikan semuanya baik pada waktunya……

jangan jauh dari Tuhan Yesus,,,karena Dia adalah sumber harapan dan sember dari segalanya….

• Aku takut berdoa kepada tuhan yg salah, pasti gak nyampe dong kepada Tuhan alam semesta.
      Mendingan nyari bukti bahwa tuhan pernah jadi manusia dan menginjak bumi apa nggak? Daripada mikirin yg jauh2.
      Kalau memang ada bukti, gak mungkin dong jejak tuhan itu terhapus gara-gara ulah manusia.
      Atau tinggalin sesuatu agar semua orang yakin akan kemanusiaan Tuhan.
      Janggal banget kalau ditemu-temuin, padahal dari kata-kata doang.
      Bukti laut merah dibelah tongkat Musa saja ada.
      Masa bekas tuhan-manusia gak ada.

• jeng ivie,..waktu kecil dl diceritain kiamat bhw matahari akan berada di atas ubun2 (mirip dah)…lalu akan terjadi air laut mengering, bumi mengeluarkan semua isinya….dan semua yg hidup akan mati karena kacau balaunya bumi(dunia)……kemudian akan diganti bumi yg skrg ini dng bumi yg baru yang RATA .
    dr artikel ini mmng scr ilmiah bhw terjadinya kiamat sudah terhitung kita tinggal menunggu waktunya (jauh dekatnya adalah relatif) ……… belum lg kmrn bc artikel laen disitus ini bhw pergerakan bulan semakin menjauhi bumi dan akibatnya nanti akan terjadi perubahan lama waktu hati, bulan, tahun……dan tentunya waktu semakin cepat (tanda-tanda kiamat) ntar deh kpn2 bc2 ttg kiamat lagi biar ga kesasar………

• Yang selalu jadi pertanyaan saya apa perhitungan tentang masa, jarak, waktu dan sebagainya itu akurat. Apakah rumus yg selama ini dipakai yg notabene ditetapkan orang terdahulu gak ada mleset misalnya 0,0000001 atau berapa jika kalkulasinya dengan jumlah yg banyak bukankah banyak jg melesetnya. Sudah ada pergantian teori yg merubah cara pandang kita ataupun tekniknya? Aku cuma tau manusia tidak diberi pengetahuan kecuali sedikit saja.

• keren bgt kajiannya, thanks y catatan ini telah membantu saya mengerjakan tugas. tolong kaji terus y,,,,

saya seorang muslim,, kajian ini cocok banget ma Al-qur’an (KITAB SUCI UMAT MUSLIM). berkaitan dengan hari kiamat.

• Berpikir kritis penting sejauh mana kita mampu memikirkanya.
    Namun bagi saya sejauh apapun yg saya pikirkan jika tidak berimbas kepada keyakinan saya mengenal Tuhan semesta alam dengan baik bagi saya adalah kesia-siaan. Karena kita akan kembali kepadaNya dengan sebuah pertanggung-jawaban dengan apa yg kita kerjakan dunia ini.

Manusia dikaruniai akal tentu untuk berpikir :
    Apa tujuan tuhan menciptakan kita? Tidak lain adalah untuk mengenal-Nya.

Untuk mengenalnya tentu ada sumbernya:
    1. Kitab;yang masih murni tanpa campur tangan manusia
    2. Hikmah; berupa pereneungan, pengalaman, dan termasuk memahami alam berikut kejadianya
    3. Nabi; nabi akhir zaman dimana kita hidup sekarang

Kita bisa berangkat dari mana saja untuk mengenal Tuhan dari ketiga sumber diatas.

Kata-kata laksana angin jika menerpa yg dingin mengigilah ia, menerpa yg hangat sejuklah ia. menerpa api membaralah ia,
    sedangkan makna adalah air….

semoga bermanfaat

• semua akan terjadi kalu kita tidak bertindak untuk melindungi bumi

tetapi kalau kehendak tuhan kita tidak bisa berbuat apa-apa

• ya Alla……………….ah batapa agung dan maha besarnya Engkau, emm………………………. mari tmen2 pecinta google yang krmbuka tentang hal bumi kita pada sadar yuck……………………..

• artikel tentang astronomi, kosmologi memang selalu menarik, karena biasanya terjadi gesekan antara sains & teknologi dengan agama atau teologi. Landasan sains tampak sudah kokoh, sehingga agama terasa sulit untuk memberikan komentar apalagi koreksi. Artikel ini menceriterakan perjalanan matahari sampai miliaran tahun ke depan yang berdampak pada eksistensi tata surya kita. Kalau dikaitkan dengan kiamat sebagaimana yang diajarkan agama ya sulit nyambungnya. Pasalnya kejadian kiamat dalam ayat-ayat Al Qur’an dan informasi hadits berlangsung ketika manusia dan kehidupan lainnya masih ada. Kiamat terjadi secara tiba-tiba seperti halnya gempa bumi yang sulit diduga. Kiamat bukan hanya kehancuran tatasurya kita ini tetapi kehancuran seluruh alam semesta. Repotnya sejauh ini ilmuwan tidak ada yang mencoba menggunakan informasi agama sebagai landasan penelitian ilmiah tentang alam semesta. Tampaknya para ilmuwan sejauh ini begitu kuat mengikuti teori bigbang, walau pun teori itu masih banyak permasalahan.
    Komentar ini hanyalah uneg-uneg seorang kakek, yang sebenarnya merindukan astronom, kosmolog Indonesia mencoba merombak teori-teori yang sudah ada. Yakinlah kalau ilmuwan, astronom dan kosmolog Indonesia selalu mengekor dan berkiblat ke sains yang dikembangkan ilmuwan barat, maka resikonya sebagai follower ya tidak ada kebanggaan. Perlu suatu terobosan sehingga muncul “angsa hitam” dari Indonesia. Selamat berjuang.

• c ivie ada profil tentang planet mars g? cos w pengen tau masa lalu mars yg katanya pernah mengandung air,dan
    kt ilmuwan klo bumi mengalami pemanasan global yg sudah sangat parah akan menjadi seperti mars ,thx before

• ia tuh bener.. aku jg pernah baca,, katanya mars dulu punya peradaban yang tinggi. sampai akhirnya punah. kalo nggak salah waktu itu aku baca, di temuin bekas sebuah kota di mars..
      itu bener nggak sih mba ivie ??
      thx before..

• Knpa hrz brdbt sich…!Kn kLa’u 2 iLmu diGbnG jdy 1 kn hbt,ytu ds ssi teknlgi”Astrmi”n dr ssi Agama,stju kan,mbak ivie…?

• lupa… dr alquran dah jlas gemana kiamat sebenarnya,,so napa di bawa ruwet….. pada g ada agama ya…. pikir bro semua, kecuali mb ivie menerka dalam jangka 2 thun ne kiamat ya gw pasti coment dong, secara dosa gw masih banyak… klo masih 5jt thun sehh g pa apa,,, palingan cucu dari cucu gw yg rasainnya xixixixixixi… hukhukhuk

• maka dari itu mariLah kita sama sama menjaga Bumi kita tercinta

Bumi udah tua,mari kita jaga….
      ”The end of earth” wiLL be come buT Everythnk wiLL be okey if our aLways pRay wiTh gOd (aLLah)

STOP GLBAL WARMING…..!!!

• hhmm….emangnya saat ini teknologi g maju?? pada bikin senjata mulu sih jadinya g mikirin tempat tinggal buat masa depan. dari pada duitnya buat perang, mendingan di jadiin 1 terus nyari tempat buat masa depan. sekarang udah terasa bumi makin panas, masa pikiran di bikin panas juga. Apa Kata Dunia hehehehee…….kasian juga anak cucu nanti, bukannya makin senang dengan kehidupan tapi makin sengsara akibat orang – orang yang rakus sama kekuasaan. jyah jadi ceramah. intinya jangan cuma promosi atau acara yang buang2 duit. cukup bayar orang supaya bikin lahan tanaman yang luas di bumi udah cukup. mobil di banyakin, pohon tuh yang harus di pikirin. pake ac bikin penyakit, mendingan neduh di bawah pohon apel kan nyaman banget tuh

• klo 3 tahun lg kiamat kemungkinan masih bisa meleset / hanya terjadi bencana besar akibat badai matahari yang telah di prediksikan, akan tetapi saya percaya manusia diciptakan mempunyai banyak akal dan pemikiran yang luas yang pasti kemungkinan ada 80 % dari kita yg bisa selamat bila kita menggunakan otak kita secara benar untuk menyelamatkan bumi ini. akan tetapi urusan yg beberapa juta tahun yg akan datang kita serahkan semua pada ALLAH swt dan manusia – manusia yg akan memimpin bumi dan berusaha menyelamatkan bumi di masa yg akan datang. urusan teknologi yg sudah maju sekarang ini, manusia sudah terlalu sibuk untuk berfikir membuat senjata – senjata untuk keperluan militer yg akhirnya akan saling menghancurkan diri mereka sendiri di akhir zaman nanti, akibat itu mereka kurang memperhatikan keadaan bumi yg bisa dibilang melonjak ke kondisi kritis. walaupun ada yg memikirkan, kekuatan otak mereka kurang karena hanya sedikit dari mereka yg punya kepintaran yg berfikir tentang hal ini, hal ini hanya bisa di pecahkan bila mereka menyatukan fikiran mereka untuk menyelamatkan bumi dan berhenti tuk membuat senjata – senjata canggih yg akan merusak mereka sendiri itu di akhir zaman ( digunakan untuk armagedon ). pertanyaannya sekarang, akankah kita bisa mendidik generasi muda kita smua untuk berfikir seperti itu dan berhenti untuk memikirkan kepentingannya sendiri / kepentingan yg tak perlu ? akankah manusia di masa yg akan datang dapat berbuat seperti itu ? tapi yg namanya kehancuran bumi suatu saat pasti akan terjadi sekuat apapun usaha kita untuk menyelamatkannya, kiamat pasti terjadi karena itu semua sudah ditakdirkan yg MAHA KUASA. jadi untuk sekarang jangan berfikir dahulu secara berlebihan, karena itu akan membuat kita musyrik, lebih baik menyaksikan apa yg akan terjadi sebenarnya daripada mengira – ngira seperti orang yg sok tau atau sebagainya !

• gk salh untuk kita mwasbadai jaln satu2nya .iman kepada allah swt.percaaya kpd allh swt.kiamt rahsia allh swt..kit gk boleh saling mnuding..satu sam lain yg terpenting kita berpikir positip dn ingat pd illahi..ibadh dzikir sholawt ,puasa..jika iman kita kuat yakin semua aman dn hati tentrm semua psrah pd yg kuasa ..lillhitaalh..jika udah khendknya kita sebage hamba..pasrah..dan ikhlas..

• namun Schroder dan Smith menyarankan agar teknologi masa depan dapat mencari cara untuk menambah kecepatan Bumi agar bisa bergerak spiral keluar dari Matahari menuju titik selamat tersebut…..

pada menghayal tu mah…
    ga bsa att qta bsa menambah kcpatan bumihanya sang pemilik langit dan bumi yang bisa melakukan itu mah……

save world now…

• pemberitaan ini bukan menebak2 kok. Para ilmuwan sudah mengamati siklus kehidupan berbagai bintang termasuk yg serupa Matahari sheingga bisa diprediksi akhir hidupnya seperti apa.

• munkin para ilmuwan memang bisa memperkirakan hal tersebut. tapi itu cuma perkiraan aja, masih jauh dari kebenaran.

jadi harusnya kamu itu jangan banyak cocod dulu, tutup tuh mulut ‘n iket tuh tangan. gx ada gunanya loe nulis yg kaya gituan

PERCUMA

• btul..
            karena dalam meneliti hal-hal kayak gini kan nggak gampang..

• ilmuwan emang memperkirakan…tapi memperkirakannya gak asal2an…butus riset dan penelitian yang lama…
          kalo anda gak suka sama hasil penelitiannya ya udah…cukup mengetahui aja apa salahnya???
          toh anda gak rugi…

klo merasa ada benarnya…toh ada baiknya juga kan..
          sapa tau anda bisa cepet2 tobat..
          itulah yang menarik dari astronomi…

• apakah kita dapat menyelamatkan dengan cara membuat pesawat besar untuk menampung seluruh umat manusia ke planet baru yamg dapat kita tinggali ya! akan jadi apakah bumi ini bila masuk ke dalam matahari dan selanjutnya bagaimana seberapa besar luar angkasa itu dan apakah ada alien yamg dapat membantu kita untuk dapat lolos dari bencana besar di bumi ini dengan tekhnologinya

• saya baca artikel ini dari sudut pandang para peneliti..
      teknologi emang udah makin canggih ya..
      mksih mab ivie

• terus kita bagaimana . gak mungkin kan kalau kita juga hidup dengan situasi yang seperti ittu………tapi apakah ini nanti yang akan menjadi titik akhir kita semua…..
    ga rela…..tapi ya harus gemna lge kan ne juga mungkin menjadi titik akhgiir kehidupan kita

• namanya juga siklus kehidupan. pasti ada awal dan ada akhir.. tp kehidupan itu akan bisa survive dgn caranya sendiri. kejadian bombardir besar2an di masa lalu justru membawa bentuk kehidupan yg menarik sekarang ini… so.. seperti hanya manusia yg lahir dan kemudian mati. bintang dan byek2 lainnya pun memiliki siklus hidup yg sama.. dampakny pd kehidupan di dalamnya pasti ada..

• sekarang gini aja. jujur ni ya aku kalau ngebaca artikel ini juga jadi takut n cemas banget..
    dari pada kita bingung dan terus bertanya mendingan kita lebih deketan diri ja ma TUHAN kan dy juga yang udah tentuin kehidupan

• Semua yang di jadikan-Nya ada dalam Rencana-Nya, so iptek ble memprediksikan berbagai hal tp smua Tuhan yang menentukan.
    1 hal yang harus kita sadari bahwa, segala masalah yang kita hadapi adalah ulah manusia sendiri. Teknologi semakin maju,tapi tak pernah memikirkan dampak lingkungan. kita yang menabur, maka kita pula yang akan menuai nantinya…..

Sebagai anak2 Bangsa, marilah kita mulai manjaga alam ini bukan saja untuk kita tapi untuk seluruh dunia.
    SARAN saya bagi PARA AHLI , Kita butuh ilmu mereka untuk menangani masalah global ini karena teori mereka tanpa solusi dan tindakan dari sekarang tak ada artinya.

makasih…..Allah beserta kita

• hmmmm………..!! semua comment ya bagus deh! !!!!!!!!!!!!!!! tapi ama kelamaan takut juga sih!

• waduh gawat low bumi jadi harus kaya gini………..
    apa kata dunia yaaaaaaaaaaa

• coba masyarakat sekarang seharusnya lebih memperhatikan setiap keadaan di bumi yang mulai tidak baik……
    dan harus memjaga keadaan alam……….

• Gila . . . . .
    Mudah”an teknologi itu ad !
    Dan jagad raya ini ga akan jd jagad raya tak berpenghuni !
    Hukum alam cuy, bsa dirubah?

• wah bakal heboh ni!!! kita enaknya ke mana ya!!!!!!!!!!!!!!! klo bumi udh ancur?

• apakah bumi akan meyetabilkan diri seperti kehidupan pertama,apakah akan ada kehidupan yang lain atau generasi baru manusia.mungkinkah bumi akan membuat sejarah baru dengan manusia cerdas
    merut saya 12-12-2012 akan terjadi bencana atau bigbang kembali

• selagi allah blum mnghendaki..berkat keajaibnnya..allah swt maha penagsih dn penyanyang..slama kita msih mnyebut nam allah ,sllu ingat padanaya..allahuakbr..allah maha besar..sy yakin insyaalh bumi kita selamt.gk ada jln lain selain allh yg bisa mngubah segalnya..dg baik dan sempurna ,aman serta selamat..amiin2 yarobal alamiin.

• Wah.. gmn y..mudahan swm negara masyarakatnya pandai membuat teknologi luar angkasa.. supaya tehnologi luar angkasa itu cepet berkembang semakin canggih yg bs nganter kita ke bumi yg baru secepatnya.. Semoga Tuhan memberikan kita (segala mahluk bumi) bumi yang baru. Aminn..

• Sebagai hamba yang berIMAN sudah sepatutnya kita harus mendekatkan diri pada tuhan, atas ketetapan yang sudah di tentukan. hari ahir pasti datang…. Mari kita segera bertaubat……

• kita harus menjadi orang….soleha karna sdh mau kiamatttt………jadi tobatlah dari sekarang

• untuk pulih ga mungkin karea ini bagian dari evolusi yg terjadi di alam. semuanya akan terjadi secara natural.

• saya tidak sangat setuju tentang adanya kiamat pada tahun 2012 ,,yang sring orang katakan di indonesia…
    ,,mana buktinya kalau kiamat akan terjadi ???

• aq sangat tertarik tentang segaalaa hal yang berbau luar angkasa.

sayang aku baru menyadarinyaa sekarang2 ini…

good post buat mbaa iviii…

terus buat infoo seperti inii yaa…

sangat mudah dipahami dan sanagt menarik 🙂

ulas prediksi badai matahari dong mbaa sama kira2 kapan prediksi waktunyaaa

n NASA n orang Rusia punyaa teknologi apaa buatt mempersiapkan hal tersebut 🙂

gaa sabaar nunggu apaa yang terjadiii di bumu padaa saat tersebut..hohohooo 😀

• menurut aku,
    yang harus kita selamtkan adalah makhluk hidupnya, bukan bumi.. so, kalimat dari “save our earth” kurang tepat, yang lebih bagusnya adalah “Rubah Pola Hidup”
    karena dari dulu (zaman es)bila bumi terjadi bencana alam toh buminya baik2 aja, hanya makhluk hidupnya yang tidak baik2..

heheheheh(^^)

• emang bumi mau kiamat???????
    yng bener lo??
    mana ada kiamat di ramal>>kiamat adalah rahasia tuhan yg maha kuasa
    tnx

• yang dibicarakan disini tidak ada kaitannya dengan rahasia Tuhan atau ramal meramal kiamat. tulisan ini ttg evolusi sebuah bintang dalam sebuah sistem yang di dalamnya termasuk Bumi si planet yang mengelilingi Matahari. Dan evolusi matahari ini bukan ramalan tapi hasil penelitian terhadap proses evolusi bintang yang massanya sama dengan Matahari.

• bencana di artikel ini sih masih milyaran thn lagi. evolusi matahari butuh waktu panjang bukan dalam waktu sekejap.

• Knp pada takut si? Ini kan masi lama bgd..
    Lagian ini sering terjadi kq di alam semesta..
    Toh, ribuan tahun dari skrg manusia pasti udah punya teknologi utk terraforming atau perjalanan antar-bintang.

Justru yg lebih berbahaya adalah kalau kita ga bs ngontrol emosi kita..
    Belum ngerti bener udah main curiga duluan, perang2 dah..
    Saya lebih takut sama perkembangan senjata daripada sama bencana alam.

• takut2. padahal aku masih lajang lom punya keturunan.kwkwkwkkwkkww.jgn dululah kiamat.TUHAN DENGARLAH ANAKMU YG BERDOSA INI AKU MOHON AMPUNILAH KAMI OH TUHAN KAMI YESUS KRISTUS.

#AMIN#

• Artikel yang sangat informatif. Hal beginian ga usah di kaitkan sama agama apapun, ini semua tentang hal ilmiah. thx mabk ivie uda mau sharing informasi ttg evolusi dari matahari, sangat menarik.

• say no to drugs+i love you full bumi

jaga bumi kita demi masa depan kita dan anak cucu kita

• Perkiraan matahari akan mengembang milyaran tahun lagi sifatnya relatif, artinya tidak memperhitungkan peristiwa besar yang mungkin terjadi di luar tata surya kita. Katakanlah sebelum matahari mengembang, terjadi goncangan besar di pusat galaksi. Bahkan konon kiamat itu terjadi secara mendadak pada saat manusia masih hidup di bumi ini.Maka sebaiknya kita harus semakin santun pada bumi. tidak sembarangan bongkar gunung, nebang hutan, bangun pencakar langit. Keseimbangan bumi di atur dalam skala waktu geologi jutaan tahun. Tapi manusia modern ini mengubahnya dalam hitungan tahun bahkan bulan. Itu bikin bumi pusing, menjadikan perubahan ekstrim iklim, pemanasan global dan bisa diikuti zaman es. Coba itu ilmuwan selidiki, pengaruh perubahan topographi bumi terhadap iklim.
    Salam.
    Mudjiono.

• wah wah masa bumi jadi seperti itu sih tu nanti masa depan yang ada tuh, mobil jalan dengan menggunakan tenaga alternatif truz mobil bisa terbang kria kira terjadi gak yah????

• brapa thun kah bumi akan hncur…..?
      bnarkah bumi akan d landa k hancuran d massa ini??????

• aku kawatir sama perkembangan bumi
    selama ini.
    aku bertanya tanya apakah bumi bisa bertahan saat kejadian itu??
    itu hanya allah yang tau!
    kita parmanusia hanya bisa berdoa
    saja kepada nya.
    aku terus melihat perkembangan bumi
    dari luar dan dalam nya!
    saya berterimakasih atas pemberi
    tahuan nya tex

• mencintai lingkungan adlah media penyelamatan bumi,karena tampak kerusakan didarat dan di laut karena ulah tangan manusia.jadilah pecinta lingkungan sejati

• matahari sudah tua ketika hidrogen dan helium sudah habis terbakar dan dia memasukin masa raksasa merah

• apa itu ulah campur tangan manusia??
    apa cumang bencana alm saja ?
    aku bingung
    teruss kalo kejadian itu bener bener
    terjadi manusia gimna nasib nya

• ini bukan ulah manusia. tp memang bintang seperti matahari juga berproses dan megalami pertambahan usia. semakin tua dia akan kehabisa bahan bakar dan mnjadi raksasa merah adalah masa tua sebuah bintang yg pasti terjadi.

bagaimana nasibnya? dalam rentang 4,5 milyar thn sampai usia matahari jd tua… sangat mungkin manusia sudah mengalami evolusi yg demikian pesat sehingga mereka bisa menemukan cara melakukan koloni di planet lain dan meninggalkan Bumi. atau bisa juga manusia sudah punah duluan karena berbagai sebab lain. who knows…we never know

• saya sangat setuju dengan pebdapat anda,, namun saya tidak bisa membayangkan ketika manusia akan berkoloni ataukah dalam wujud yang baru dan berbeda dari yang selama ini kita kenal,,,, hehehe keren ya materinya,,,,, sungguh Allah Maha besar.. dipikir2 sepertinya manusia akan musnah dan akan kembali adanya sejarah manusia bar di habitat yang baru,, sama hal nya dengan revolusi manusia di bumi,,,,, crooooooottttt gak tau deh

• gawat3…!!bumi akan hancur…!!!!kta semua akan mati…!!!:(
    mudah-mudahan hal seperti itu tdk akan pernah trjadi…:(

• harapan yang tidak mungkin terjadi sobat,kiamat adalah janji allah kepada seluruh penghuni bumi.tunggu aja tanggal mainnya !

• ivie aku mau nanya kenapa bumi tidak bisa
    menyelamat kan diri dari ben cana itu?
    padahal masih juta an tahun lagi baru kejadian!
    kesempatan ini yang haruss dilakukan manusia untuk memajukan tknologi nya
    jadi pas kejadia manusia tidak musnah

• huhh gimana masa depan bumi yah
    aku jadi kawatir coba ada ahli
    astronot yang bisa menyelamat
    kan bumi dari bencana itu

• semua bintang mengalami evolusi mulai dari terbentuk sampai dengan kematiannya. demikian juga matahari.

• yaa allah semakin tua ini bumi ,,, juga semakin sakit ini bumi karna ulah manusia itu sendiri………

• apakah pemanasan global akan segera berhenti????????????
      dan juga kutub utara dan kutub selatan akan mencair?

• oOoOoO gituu jadi matahari sudah dekat dengan kematian nya gitu kan
    jadi kalo g ada matahari manusia gimana yah
    kita emang bisa pasarah sama tuhan kita masing masing ! huhh +__+

• “Kematian” Matahari yang dibicarakan dalam artikel ini masih lama, yaitu milyaran tahun lagi (agak lebih tepat: 4-5 milyar tahun dari sekarang). Satu milyar adalah angka yang besar sekali, ada sembilan buah nol di belakangnya.

Jadi tidak perlu panik.

• msndingan kta sma2 br’doa
    moga aja ank cucu kta gak sampe ngalamin itu !!!!!

wlo smua’a hrus sprti itu !!!!!
    kta hanyalah mahluk lemah !!!!
    yg cuman bs’a menyalahkan n ngerusak !!!!!
    dr itu blik lah pda dri kta sndri !!!!!
    kta msti ngapain !!!

• Saat ini tidak ada yang tahu seperti bagaimana peradaban manusia 4-5 milyar tahun dari sekarang.

Studi mengenai “masa depan kemanusiaan” sangat berbeda dan jauh lebih spekulatif daripada studi mengenai “masa depan matahari.”

• umat manusia g bakal musnah
    umat manusia pastii menemukan caranya
    dan tranfortasi nya sudah lebihh majuu lagii

• gw rasa manusia musnah bukan krn faktor matahari / astronomi lainnya..

tp krn manusianya sendiri yg udah pada rusak..

hiehehehe

• penemuan2 kayak gini bisa memotivasi orang untuk segera berbuat baik, coba aja kalo isinya diganti, gak 4 milyaran tahun, tapi 45 tahun, pasti banyak orang yg cepet2 tobat.lumayan bantu ulama & kyai memperbaiki umat.thanks….

• wow snggh mngerikan.mudah-mudahan
    ada jln kluarnya.tp ingat manusia hrs jaga
    keutuhan bumi ini seutuhnya.sprti kita menyayangi diri kita sndiri.

• jika matahari khilangan energinya, apakah gravitasi trhadap planet2 dalam tatasurya tdak akan berpengaruh?
    ..tapi napa matahari justru disaat tuanya, malah smakin besar sperti itu?
    Apakah sama sperti bisul yg mau sembuh (smakin besar lalu pecah)? Matabisul donk jadina.

• ya,, tentu gravitasi akan berpengaruh terhadap planet2 lain atau ta2 surya,, ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap daya gravitasi,, yang pertama adalah jarak,kemudian besar kecilnya energi,, sama halnya dgn stlah matahari menelan bumi maka gas dan energi mthari akan bertambah… kemudian semakin tua matahari semakin besar hal tersebut erat kaitannya dengan evolusi,, pasti berubah dalam jangka waktu yang panjang seperti waktu geologi minimal 100 tahun,, pembengkakan matahari tersebut di sebabkan oleh bnyak faktor,, apalagi setelah dia dapat menelan bumi dan planet2 yang lainnya

• tak usah bingung dan gelisah meski bumi hampir yamut dan musnah,yang kita tunggu hanya mati.masih ada alam yang lebih indah dari bumi

• yang saya pikirkan bila matahari sirna, matahari hanya satu titik diantara milyaran titik(bintang) di galaksi bima sakti, mungkinkan langit yang luas ini ada tanpa ada yang mengobservasi

• Trus apakah ada suatu cara menggeser orbit bumi agar sedikit menjauh sejarak 1,15SA?

Dipasang Mega Jet Turbin disisi dalam Orbit atau pake ledakan dari Meteor yang menghantam bumi? ..sorry dikit ngayal gan..(ngayal gratis) hehheehe

• tak usah kau cemaskan keadaan bumi karena aku lagi ulangan geograpi do,ain ja moga besok kiamat

• yang penting kita berdoa dan brsha walaupun nanti teknologi sebahagian dapt menyelamatkan , tetapi jik Allah berkehendak lain kita tak bisa mengelak

• kita tidak tau kapan hari penghakiman tersebut akan datang ….
    yang tau hanya Tuhan yang menciptakan bumi kita hanya harus mempersiapkan diri untuk hal ini……

I LOVE JESUS FOREVER…

• kita bisa merusak, dan memakai
    tp sulit mengembalikan seperti semula
    ini ibratkan seperti memakai uang, akan mudah memakai. tapi sulit mencarinya
    kita harus intropeksi diri, hal kecilnya apakah kita sudah membuang sampah pada tempatna

• apakah matahari sekejam itu??bagaimana dengan mahluk2 yg hidup di bumi apa kita akan terpanggang hidup2 dan mati konyol..???

• tidak lah sebagin pasti mengungsi
    ke pelanet lain yang bisa menggantikan bumi kita ini pasti teknologi 4-5 miliyar
    thun masih jauh gan jadi jangan kawatir

• knpa bumi tidak selamat saat ke jadian
    itu apa kah bumi akan hancur.
    tapi yang aku bingung gimana
    umat manusia yang ada di bumi ini
    apakh umat manusia akan musnah dari dunia ini apa berpindah pelanet

• mnurut sepengetahuan saya manusia akan musnah,,, karena sampai saat ini hanya bumi satu-satunya planet yang memiliki tanda2 kehidupan,, di susul oleh mars namun di planet mars hanya mempunyai kemungkinan yang sangat kecil untuk kehidupan,,, pernah terdapat jejek dan aliran air namun air itu hilang entah kemana sedangkan berdasarkan teori air itu tidak akan habis dan volumenya tetap.. pada teori di atas disebutkan bahwa bumi akan di telan mentah2 oleh matahari.. maka disanalah ahir kehidupan ketika bumi dan planet2 lain ataupun benda langit yang lainnya mengalami kejenuhan

• hmm,,,, persis kayak apa yg uda dituliskan d al-quran yah
    semoga teknologi yg diharapakan akan bs ditemukan untuk keutuhan bumi ini

• hmm…
    jadi gimana dok..??
    apakah setelah matahari menjadi katai putih,matahari tidak menerangi planet-planet di sekitar lagi..??

• Buat ivie dan smua teman2.. satu hal ingin saya tanyakan….. dri sumber yang saya dapat bahwa semua yang ada di langit ini ber evolusi, revolusi, bergerak dan berputar dengan teratur dan itu memang di luar kuasa,, namun ada yang mengatakan saatnya nanti semua keseimbangan itu akan goyah,, apakah ini yang dimaksud,,, karena pengaruh matahari sebagai pusat tata surya dan energi??

• alhamdulillah mungkin saya ga akan meliat pada saat matahari menelan bumi . . karena hal itu waktu nya masih sangat lama 🙂

• yuk mari kita sama-sama membangun komunitas baru yang mau sama-sama menjaga n melestarikan bumi agar tidak timbul kerusakan atau munkin dari kita sendiri

• tidak semuanya perkiraan ilmuan itu benar,
    hanya Allah SWT yang dapat menentukan nasb mahluk2 nya. hanya allah yang tau,

• Masih perlu dipikirkan, dulu mana Matahari menjadi raksasa merah atau berakhirnya alam semesta (kiamat)

• Haha Milyaran Tahun Lagi…

OTT :
    Kebayang 1.000 tahun lagi saja keadaannya luar biasa di bandingkan sekarang bila dilihat cuma dari segi populasi manusia…

• Hendaknya kita sebagai manusia yang memiliki akal budi yang jernih agar mengusahakan, memelihara, mencintai bumi ini agar bisa selamat…. tapi ya namanya banyak orang ada yang peludi akan keselamatan banyak orang…ada yang hanya memikirkan diri… keluarga…kelompok…. tetapi kita percaya Tuhan itu maha pengasih bagi kita umatNya…..

• marilah kita bangkit dan selamatkan bumi kita ini !
    mari lakukan penghijauan kembali !
    dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa
    berdoa agar bumi kita slamat dan membri tau masa depan untuk anak-anak/cucu-cucu kita kelak

• Astagfirullahhalazim,,,
    ngeri bayanginnya,,,!!
    hanya bisa berharap,,, terbebas dr hal tersebut,,,,

kira” apa yg bisa dilakukan oleh manusia untuk ,, jika sekiranya belum ditemukan cara untk mencegah.x ……????
    pasrah sajakah..???
    Ya ALLAH…!!!

• yaampun mba ,,,,, mba ajagak bisa ngebayangin apalagi saiia!!?? aduuuuch itu dalem bangetss

• kisah kda kenal niecch
    tu pang buktinya apa ada hp hp segala
    tu ngaran guru ngajiku
    haji parlana
    kualat kam kena !!!! ??

• menarik banget nih, dari segi kemanusiawian..perhitungannya menguntungkan untuk kita yang hidup saat ini, tapi jadi enggak enak setelah generasi kita yang akan datang..objective-nya kita rawat lah bumi ini selagi masih bisa hidup disini, mudah-mudahan ada teknologi yang bisa membuat bumi ini ke jarak yang disebutkan di artikel di atas ya..jarak yang bisa bikin bumi berumur panjang berarti kiamat tidak hadir di tahun 2012 kan?hahahahaha…

• terlalu jauh untuk dipikirin dalam masa sekarang

mikirin 5000 tahun lagi aja uda hampir ga mungkin utk skrg

mungkin dalam 200 juta tahun lagi, ato mungkin 10 ribu tahun lagi peradaban skrg uda hilang, diganti peradaban baru. tugas mereka yg mikir, bukan kita

• Mungkin masa depan bumi tidak sampai seperti yang diperkirakan dalam topik ini. karena dugaa, sekitar 3 milyar tahun lagi, galaksi andromeda akan tabrakan dengan galaksi bimasakti

(maaf banyak komentar,saya masih haus akan belajar,,hehe^^)

• huuuuuuuchhhhhhhhhhh
    ngeri bagetttttttttttttttttt
    qu tkuttttttttttttttt

• aduh.. Q hnya brhrap mga aja manusianya peduli trhdp bumi…
    BTW q takut lho bacanya.. Artikelnya asik utk d baca

• gimane kali yeh misalkan bumi venus merkurius dilahap ama matahari
    miosalkan gue jadi bumi langsung ?

• semoga dengan adanya berita ini semua umat manusia akan segera bertoubat

.amiiiin

• Mbak tanya, setelah fusi helium selesai, apakah ada fusi selanjutnya??saya pernah baca kalau nanti setelah helium da fusi oksigen, neon,etc sampai ke unsur besi (logam) setelah itu baru supernova…

• kolo itu , hanya bintang< meskipun matahari bintang , ketika semua planet dalam di telan matahari hanya menjadi bola merah raksasa itu kata teman saya waktu project tentang astronomi dari sekolah

• klw matahari hanya sampe fusi helium dan berakhir menjadi katai putih ,,klw yg mengalami supernova adalah bintang yg bermassa 10M ,,! matahari tdk bisa sampai ke fusi besi apalagi supernova dikarenakan massa dan suhu matahari tidak cukup untuk bahan bakar fusi nuklirnya,,jadi hanya sampe di fusi helium dan berakhir jadi katai putih yg kerdil ,, !

• Saya sangat awan soal astronomi, ketika membaca ini saya berimaginasi sesuai dengan yang ditulis… namun, menurut teman saya (notabene astronom), bumi kemungkinan tidak lenyap gara2 ditelan matahari, sebaliknya bumi mati gara2 matahari yang gagal mempertahankan hidupnya,… karena tanpa matahari kehidupan tidak akan berlangsung

• jd takutt,.,apa bener matahari akan mengisap bumi?semoga aja gax!!
    amin…

• Saya juga pernah membaca artikel ini di ensiklopedia sains. Tetapi, di buku itu dikatakan bumi hanya berada sangat dekat dari matahari, dan tidak akan menabrak matahari.

• empat milyard tahun lagi galaksi Andromeda akan berbenturan dengan galaksai Bimasakti, bersamaan dengan itu matahari menjadi bola neraka …. inilah kiamat

• MASIH 4 MILYAR TAHUN LAGI,DAN ANDA BELOM TENTU MASIH BISA HIDUP BESOK,KARENA YANG MENENTUKAN ADALAH TUHAN!

• hidup ini sebentar buat apa pikirin terlalu panjang, paling bentar lagi juga udah kiamaaatttt…….

• justru karena hidup singkat maka harus kita pikir. Emangnya mau hidup di dunia yg tdk kita mengerti?

• Tuhan tidak akan mengulangi peristiwa nabi Nuh, karena telah terjadi kesepakatan antara manusia dengan Tuhan (Cakrawala). Tetapi Ia akan menyadarkan manusia sesuai dengan apa yang dikhendaki-Nya, maka dari situ saudara2 bertobatlah…….. dan mengikuti jalan yang benar.

• semoga bumi selamat …
    Allah.SWT juga Maha Penyayang , pasti akan menyelamatkan umatnya yang sedang kesusahan . Tapi bagi yang beriman ^_^
    Iman kpd Allah.SWT
    ALLAHU AKBAR !!!

• jadi inget yang ada di dalam alqur an surat apaya lupa gw tapi seinget gw di hari kiamat nanti matahari jaraknya sejengkal di atas kepala

• BAgus banet, apalagi yang saya suka adalah kalimat terakhir sebagai penutup, kalau boleh untuk menambahi, ” bisa jadi sebelum bumi rusak karena masanya untuk rusak, sudah rusak duluan karena ulah manusia” ^^ salam kelal

• 4,6 milyar thn lalu saat Matahari pertama kali terbentuk dan akan terus berevolusi sampai Matahari mengakhiri hidupnya

• Yang jelas,saat matahari menelan bumi,manusia udah ga ada lagi di bumi. Manusia udah pindah ke planet lain ngebentuk koloni baru. Heheheh

• Sedikit berandai-andai juga nih. Sebelum itu semua terjadi Bumi kyknya udah rusak duluan deh. Di awali dgn Perang Dunia ke III saat semua negara memakai Bom Nuklir. Bom sana-bom sini, habislah bumi dilapisi dgn radiasi nuklir. Sampai tdk ada lg tempat aman walau hanya sekedar menghirup udara. Yg kalah mati-yang menang juga mati. T.A.M.A.T.

• Jika Matahari menjadi Bintang merah raksasa, terus perbandingannya menjadi berapa yah ?, dengan bintang terbesar di Galaksi Bima Sakti ( VY Canis Majoris ) ??.,

• Bagus artikelnya
    Mudah mudahan bumi akan selamat, menemukan cara yang tepat untuk menanganinya.

• Inikah cikal bakal “matahari turun berjarak satu jengkal dengan kepala manusia”?

• apakah bisa manusia membuat sesuatu nanti di masa depan untuk menyelamatkan umat manusia dan pergi dari bumi yang nantinya terkena radiasi matahari yang panasnya super..

• Ya tuhan jangan sampai kayak gitu kita semua masih ingin hidup ya tuhan kasih kami jalan keluar ya tuhan amin

• Dari sekarang siap siap alat pemadam api yg super besar utk disemprotkan ke matahari. :))

• Bumi belum sempat ditelan raksasa merah, sudah terjadi kiamat alam semesta. Ketika kiamat terjadi masih ada manusia, tetapi semuanya sudah tidak beriman.