Beranda » Planet dan Bintang Pengembara

Planet dan Bintang Pengembara

Planet mengitari bintang, dan bintang mengitari pusat galaksi. Tapi, ada yang mengembara sendirian di ruang antarbintang dan antargalaksi.

Ilustrasi planet pengembara di Asosiasi bintang Upper Scorpius OB. Kredit: NOIRLab/NSF/AURA/J. da Silva

Para astronom menemukan ada planet dan juga bintang yang mengarungi perjalanan sendirian di ruang antarbintang. Planet seperti ini dijuluki planet mengambang bebas atau planet nomad atau planet pengembara.

Disebut pengembara karena planet ini memang tidak berada dalam sebuah sistem keplanetan dan tidak mengitari bintang. Mirip anak yatim piatu tanpa orang tua, planet pengembara juga tidak mengorbit bintang induk. Tidak ada bintang ataupun planet lainnya yang mengikat planet pengembara.

Planet pengembara memang tak punya rumah. Tapi, dulu planet ini punya rumah. Sama seperti planet lainnya, sebelum menjadi planet pengembara, planet ini pun terbentuk dalam sebuah sistem keplanetan dengan bintang induk di pusat. Tapi, proses pembentukan yang penuh kekerasan pada akhirnya membuat planet kehilangan rumahnya dan mengembara di ruang antarbintang.

Seperti planet pada umumnya, planet pengembara terbentuk dari interaksi gas dan debu yang ada dalam piringan protoplanet di sekeliling bintang muda.

Partikel-partikel di piringan bertabrakan dan bergabung membentuk cikal bakal planet yang terus bertumbuh sampai akhirnya terbentuklah planet yang mengitari bintang pusat.

Selama proses pembentukan planet sampai sistem tersebut stabil, papasan dekat atau bahkan tabrakan antara planet-planet yang baru terbentuk umum terjadi. Ketika planet saling bertabrakan atau berpapasan sangat dekat, maka bisa saja planet hancur atau justru terlontar keluar dari sistem.

Planet memang bisa terlontar keluar dari sistem. Hal ini terjadi akibat gangguan gravitasi saat papasan dengan planet atau bintang lain. Tanpa bintang yang harus dikitari, planet-planet ini akan bergerak bersama bintang lain di dalam galaksi untuk mengitari pusat galaksi.

Untuk membedakan planet pengembara dari bintang dalam hal ini katai coklat, maka kita bisa lihat dari massanya. Jika massa objek kurang dari 13 massa Jupiter, maka objek tersebut bisa digolongkan sebagai sebuah planet pengembara.

Tapi, planet pengembara bisa saja tidak selamanya mengembara di ruang antarbintang.

Jika dalam pengembaraannya, planet nomad ini bertemu dengan bintang lain dan ditangkap oleh gravitasi bintang tersebut, maka planet pun menemukan rumah atau sistemnya yang baru.

Tapi jika planet tak pernah tertangkap bintang maka planet ini akan terus berkelana di ruang antarbintang.

Tidak mudah untuk menemukan planet pengembara. Planet tidak memiliki cahaya sendiri. Ketika planet ini sudah terlontar keluar dari sistem, maka planet hanya objek dingin tanpa memancarkan cahaya yang mengembara di ruang antarbintang yang gelap. Akibatnya, tidak mudah bagi astronom untuk menemukan planet pengembara.

Sampai saat ini ada 30 kandidat planet pengembara yang sudah ditemukan. Beberapa di antaranya diduga merupakan bintang katai coklat atau bintang yang gagal memicu pembakaran di dalam dirinya.