Beranda » Pusaran Angin Stratosferik Jupiter, Monster Meteorologi di Tata Surya

Pusaran Angin Stratosferik Jupiter, Monster Meteorologi di Tata Surya

Ada pusaran angin kencang yang bergerak dengan kecepatan 1450 km/jam pada area dekat kutub Jupiter.

Angin kencang di lapisan stratosferik pada area kutub selatan Jupiter. Kredit: ESO/L. Calçada & NASA/JPL-Caltech/SwRI/MSSS

Angin kencang pada lapisan tengah atmosfer Jupiter yang kita kenal sebagai stratosfer, berhasil diukur secara langsung dengan teleskop radio Atacama Large Millimeter/submillimeter Array (ALMA) di Chili.

Jupiter. Planet gas raksasa yang juga planet terbesar di Tata Surya ini disusun oleh gas hidrogen dan helium, dan sejumlah kecil unsur lainnya. Planet ini tidak memiliki permukaan padat seperti halnya Bumi. Semakin jauh ke dalam Jupiter, temperatur dan tekanan semakin meningkat sehingga hidrogen dan helium berkondensasi jadi cairan.

Lapisan gas yang demikian tebal inilah yang kita kenal sebagai lapisan atmosfer Jupiter. Mirip Bumi, Jupiter punya beberapa lapisan atmosfer. Paling bawah ada lapisan troposfer yang kaya awan dan kabut. Setelah itu ada lapisan stratosfer, termosfer, dan eksosfer.

Angin Stratosferik Jupiter

Fitur angin yang paling mudah dikenali adalah pita merah dan putih yang merupakan pusaran awan gas yang bergerak.  Nah, pergerakan awan inilah yang digunakan oleh para astronom untuk mengetahui dan mengukur keberadaan angin pada lapisan atmosfer Jupiter. Pusaran angin yang paling mudah dikenali dari Jupiter adalah Bintik Merah Raksasa di selatan ekuator Jupiter. Pada area inilah terjadi badai yang tidak pernah berakhir sejak pertama kali ditemukan.

Sementara itu, angin kencang pada lapisan teratas atmosfer Jupiter diduga punya keterkaitan dengan kemunculan aurora di kutub Jupiter. Pada lapisan ini memang ada angin kencang yang kecepatannya diduga makin berkurang saat makin mendekati lapisan stratosfer.

Yang masih jadi misteri adalah lapisan atmosfer di tengah atau yang dikenal sebagai lapisan stratosfer. Tidak ada awan yang bisa dijadikan acuan untuk mengetahui dan mengukur kecepatan angin di lapisan ini.

Tapi, ada kabar baik.

Efek dari tabrakan komet pada tahun 1994 berhasil menyingkap keberadaan angin di lapisan stratosfer Jupiter. Bahkan kecepatan angin berhasil diukur!

Makhluk Meteorologi Berbahaya

Tabrakan komet Shoemaker-Levy 9 pada bulan Juli 1994 yang dipotret oleh teleskop 2,2 meter MPG/ESO. Kredit: ESO

Angin kencang pada lapisan stratosfer ini diamati oleh teleskop radio ALMA. Rupanya, tabrakan komet Shoemaker-Levy 9 pada tahun 1994 menghasilkan molekul baru di lapisan stratosfer Jupiter.

Salah satu molekul yang terbentuk dan berhasil dilacak adalah hidrogen sianida. Molekul ini terus bergerak akibat arus angin kencang yang terjadi di lapisan stratosfer. Lebih tepatnya, para astronom yang dipimpin oleh Thibault Cavalié dari Laboratoire d’Astrophysique de Bordeaux, Perancis, melacak pergerakan jet atau aliran angin yang bergerak dengan kecepatan sangat tinggi dalam wilayah sempit di atmosfer.

Hasilnya ternyata cukup spektakuler.

Aliran jet pada lapisan stratosfer atau lebih tepatnya di bawah aurora di area kutub bergerak dengan kecepatan 400 meter per detik atau 1450 km per jam. Kecepatan ini melampaui kecepatan maksimum badai di Bintik Merah Raksasa yakni 460 – 680 km/jam.