Beranda » Astro Wicara Bersama Dr. Premana W. Premadi – sesi 3

Astro Wicara Bersama Dr. Premana W. Premadi – sesi 3

Sesi terakhir Astro Wicara bersama Dr. Premana Premadi membahas tentang edukasi dan penjangkauan publik melalui astronomi di Indonesia

Premana yang biasa disapa Bu Nana oleh mahasiswanya ini memang bukan hanya dikenal sebagai seorang astronom. Ia juga banyak berkiprah dalam penjangkauan publik dan pemberdayaan masyarakat lewat astronomi.

Salah satu program yang ia kerjakan adalah Universe Awareness Indonesia yang didirikan tahun 2007. UNAWE Indonesia merupakan salah satu jaringan yang hadir sejak awal UNAWE didirikan dan berkiprah dalam mengedukasi astronomi pada anak.

Selain tentang UNAWE Indonesia, perbincangan kali ini juga mencakup kiprah Premana dalam pemberdayaan masyarakat di Kupang, NTT, melalui Pusat Sains Tilong yang didirikan LAPAN. Dalam sesi ini, Premana juga memaparkan harapannya tentang astronomi Indonesia di masa depan dan efek dari penamaan asteroid dengan namanya bagi astronomi di Indonesia.

Seperti apa kiprah Premana dalam memperkenalkan astronomi pada masyarakat bisa disimak dalam video bincang-bincang Astro Wicara langitselatan.

Show notes:

Astro Wicara Bersama Dr. Premana W. Premadi – sesi 1
Astro Wicara Bersama Dr. Premana W. Premadi – sesi 2
Universe Awareness (UNAWE)
UNAWE Indonesia
Sebuah Pilot Project UNAWE-Indonesia for Children: Pesta Bintang Keliling Wilayah Tengah dan Timur Pulau Jawa
Sebuah Pilot Project UNAWE-Indonesia for Childreen: Pesta Bintang Keliling Wilayah Tengah dan Timur Pulau Jawa (bagian kedua)
Pesta Bintang Trans-Jawa – Perjalanan Perdana UNAWE Indonesia
Ular Tangga Raksasa Unawe Indonesia
Berbagi Kegembiraan Bersama Anak
Planetarium Portabel
Menginspirasikan Astronomi Untuk Anak Melalui UNAWE
Menyongsong Gerhana Matahari Cincin bersama Unawe
Astronomi, Gerbang Edukasi Sains & Wisata Langit Timor Barat
Nama Astronom Perempuan Indonesia di antara Sabuk Asteroid

Wicak Soegijoko

Alumni astronomi ITB yang saat ini bergerak dalam bidang jual beli hape langka. Mantan tukang parkir satelit. Suka ceprat cepret heavenly body.