Beranda » Kala Bintang Betelgeuse Menerang di Langit Malam

Kala Bintang Betelgeuse Menerang di Langit Malam

Kabar gembira! Betelgeuse belum akan meledak. Bintang Betelgeuse menerang di langit malam dan secara perlahan akan kembali pada kecerlangannya.

Jadi, berhentilah berharap. Tidak akan ada bintang seterang bulan di malam hari. Setidaknya sampai 100.000 tahun lagi saat Betelgeuse meledak.

Penampakan Betelgeuse yang ditangkap kamera SPHERE pada VLT. Kredit: ESO/M. Montargès et al.

Setelah sempat meredup sampai 1,6 magnitudo pada periode 7 – 13 Februari, Betelgeuse menerang kembali sejak 18 Februari. Memang belum seterang biasanya yakni 0,5 magnitudo. Tapi, perlahan-lahan cahaya Betelgeuse menerang dengan kecerlangan 1,5 magnitudo.

Bintang Alpha Orionis yang berada 650 tahun cahaya dari Bumi ini memang sempat mengagetkan para pengamat ketika cahayanya meredup drastis sampai 1,6 magnitudo dan suhunya pun turun 100 ºC. Tak pelak muncul spekulasi peredupan ini terkait dengan masa pra-supernova saat bintang massa besar menuju fase terakhir hidupnya yakni meledak.

Tapi, tentu saja ide itu hanya sebatas spekulasi. Berdasarkan teori, Betelgeuse masih butuh waktu sekitar 100 milenium lagi untuk meledak. Ya, spekulasi seperti ini tentu menarik. Tapi lebih menarik lagi adalah memahami mengapa dan bagaimana Betelgeuse meredup. Dan apa yang terjadi jika Alpha Orionis ini terus meredup dan tak pernah terang kembali? Bagaimana dan mengapa tentu jadi pertanyaan yang dicari jawabannya. Tentu saja bukan dengan spekulasi tapi pengamatan.

Fakta bahwa Betelgeuse merupakan bintang variabel yang kecerlangannya berubah-ubah sudah diketahui sejak dahulu. Bintang ini berdenyut. Mengembang dan mengerut secara berkala. Akibatnya, terjadi perubahan kecerlangan. Bintang ini jadi lebih terang saat mengembang, dan meredup ketika mengerut. Siklus peredupan ini terjadi setiap kisaran 425 hari dan siklus lainnya terjadi setiap 6 tahun.

Kiri: Perubahan kecerlangan bintang Betelgeuse dari November 2019-Februari 2020. Kanan: Perubahan kecerlangan selama 20 hari terakhir yang memerlihatkan peningkatan kecerlangan Betelgeuse pada tanggal 18 Februari. Kredit: Twitter @Betelbot

Peristiwa peredupan pada Betelgeuse bukan sesuatu yang terjadi tiba-tiba. Ini peristiwa berkala. Nah, yang jadi perhatian memang sejak beberapa bulan lalu, peredupan itu cukup ekstrim. Kalau biasanya peredupannya hanya sampai 1,2-1,3 magnitudo, kali ini Betelgeuse mencapai 1,6 magnitudo atau meredup 35%.

Untuk memahami apa yang terjadi, para astronom memotret bintang Alpha Orionis ini. Hasilnya, sebagian permukaan Betelgeuse meredup sementara sebagian lagi tetap terang. Para astronom menduga peredupan itu terjadi karena pendinginan permukaan akibat aktivitas bintang dan lontaran debu yang menghalangi cahaya untuk lolos. Pada saat foto tersebut diambil, kecerlangan Betelgeuse 1,3 magnitudo.

Periode itu sudah berakhir. Setelah mengalami peredupan sejak Oktober 2019, Betelgeuse perlahan-lahan kembali menerang. Berita ini disampaikan kembali oleh Edward Guinan pada tanggal 22 Februari. Perubahan itu memang tampaknya belum signifikan karena Betelgeuse baru menerang dari 1,6 magnitudo ke 1,5 magnitudo. Akan tetapi, perubahan ini menjadi indikasi berakhirnya siklus peredupan pada Betelgeuse. Dan ini selaras dengan kala waktu perubahan kecerlangan Betelgeuse yang berkisar antara 420-430 hari.

Itu artinya, Betelgeuse hanya menjadi bintang variabel yang berdenyut dan cahayanya berubah secara berkala.