Beranda » Molekul Pun Tak Bisa Terikat di Planet Jupiter Ultrapanas

Molekul Pun Tak Bisa Terikat di Planet Jupiter Ultrapanas

Berita kali ini datang dari exoplanet Jupiter ultrapanas KELT-9b. Saking membaranya planet ini, bahkan molekul pun terurai.

Ilustrasi exoplanet Jupiter ultrapanas, KELT-9b, yang mengorbit bintangnya. Kredit: NASA

KELT-9b. Exoplanet ini ditemukan lewat metode transit dengan teleskop Kilodegree Extremely Little Telescopes atau KELT pada tahun 2017. KELT merupakan kolaborasi dua teleskop yang berada di Arizona, US, dan Afrika Selatan. Exoplanet ini ditemukan mengitari bintang KELT-9 yang berada 670 tahun cahaya dari Bumi di rasi Cygnus, si angsa. Bintang berusia 300 juta tahun ini, 2,5 kali lebih masif dari Matahari dan ukurannya juga 2,3 kali lebih besar dengan temperaturnya 10.170 K atau 9900 ºC.

KELT-9b bukan sembarang planet. Planet yang satu ini sangat panas. Bahkan jauh lebih panas dari bintang – bintang katai merah. Temperatur KELT-9b berkisar pada 4300 ºC, hanya 1200 ºC lebih dingin dibanding Matahari yang temperatur permukaannya 5500 ºC. Karena itulah KELT-9b dikategorikan sebagai exoplanet Jupiter ultrapanas. Panas yang membara memungkinkan para astronom untuk menemukan jejak logam besi dan titanium dalam bentuk gas.

Jangan bayangkan ada kehidupan di planet ini. Yang pertama tentu saja dengan panas yang membara, tidak akan kehidupan yang bisa bertahan. Yang kedua, KELT-9b adalah planet gas raksasa yang tidak memungkinkan adanya kehidupan. Tidak ada batasan antara permukaan padat dan atmosfer. Pada planet gas raksasa seperti Jupiter, semakin mendekati inti, atmosfernya akan semakin rapat.

Nah, tentu saja kemungkinan kehidupan pada KELT-9b sudah bisa kita eliminasi. Akan tetapi, memelajari planet ultrapanas ini tentu sangat menarik.

Satu tahun di KELT-9b hanya 1,5 hari!

Itulah rentang waktu kedipan bintang yang teramati secara berkala pada KELT-9 yang menandai kehadiran planet di sistem tersebut. Planet ini berada sangat dekat dengan bintang induknya. Dari hasil pengamatan, diketahui bahwa jarak KELT-9b hanya 0,03 AU atau sekitar 4,5 juta km dari bintang induknya. Jauh lebih dekat dibanding jarak Merkurius dengan Matahari.

Tidak mengherankan kalau temperaturnya pun sangat tinggi. Tak hanya itu. Jarak yang sedemikian dekat dengan bintang membuat planet KELT-9b terkunci gravitasi dengan bintag. Dan itu artinya, satu sisi planet akan selalu siang, dan sisi lainnya malam yang abadi. Implikasi lainnya, sisi siang di KELT-9b panasnya luar biasa karena secara terus menerus dibombardir radiasi dari bintang.

Planet yang ukurannya 1,8 kali Jupiter dan 2,8 kali lebih masif dari Jupiter ini punya masalah lain akibat permukaan yang panas membara. Pengamatan teleskop Spitzer memperlihatkan kalau molekul yang ada di planet ini tidak bisa tetap terikat. Panas yang sangat ekstrim mengurai molekul yang membentuk atmosfer KELT-9b pada sisi siang. Dan molekul tersebut tidak akan bisa terbentuk kembali sampai atom-atom yang sudah terurai itu mengalir ke sisi malam yang lebih dingin.