Satelit Penjaga Paru – Paru Bumi

Lautan di Bumi punya segalanya: dari bentuk kehidupan paling kecil yang pernah ada sampai hewan yang luar biasa besar. Lautan bisa membeku ataupun mendidih. Bisa juga dangkal dan disinari Matahari atau bahkan sangat dalam dan gelap. Apapun itu, lautan adalah tempat yang paling menakjubkan di dunia!

Lautan yang sehat memegang peran yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Laut punya banyak sekali manfaat. Di antaranya, laut menyediakan makanan untuk kita, membersihkan air yang kita minum, bahkan laut juga mengendalikan cuaca di Bumi dan lokasi harta karun untuk obat-obatan. Tapi, ada yang lebih penting. Laut menyediakan sebagian besar oksigen supaya manusia bisa bermafas dan tetap hidup.

Laut adalah paru-paru Bumi!

Setiap bulan Juni, kita merayakan Hari Laut Sedunia. Tujuannya agar seluruh penduduk Bumi bersama-sama merayakan dan melindungi laut yang kita gunakan bersama.

Untuk perayaan tahun ini, satelit Sentinel-3 yang baru saja diluncurkan 25 April 2018, merilis foto-foto laut yang dipotret dari ketinggian 800 km di atas permukaan laut. Ini adalah citra pertama yang diambil Sentinel-3.

Citra Eropa Utara yang dipotret Sentinel-3. Kredit: ESA/ EUMETSAT
Citra Eropa Utara yang dipotret Sentinel-3. Kredit: ESA/ EUMETSAT

Foto itu cukup langka karena Sentinel-3 berhasil meotret area Eropa Utara tanpa ada awan. Coba lihat foto di atas. Bisakah kamu melihat pegunungan di Norwegia yang ditutupi salju? Atau bisakah kamu temukan sekelompok fitoplankton di Laut Utara? (Fitoplankton adalah tumbuhan yang hidup berkelompok di bawah permukaan laut).

Foto-foto indah bukan tugas utama Sentinel-3 dikirim ke orbit. Sentinel-3 dilenkapi teknologi terkini untuk mengukur temperatur, warna dan ketinggian permukaan laut. Setiap hari satelit Sentinel-3 harus mengumpulkan data tersebut.

Data yang terkumpul setelah setahun atau bertahun-tahun kemudian bisa memberi informasi perubahan laut dari waktu ke waktu. Kita bisa mengetahui jika ada kenaikan permukaan laut, meningkatnya polusi, atau jika fitoplankton tumbuh di luar kendali.

Berbekal informasi ini kita bisa ikut berpartisipasi untuk menjaga paru-paru Bumi tetap bersih dan sehat!

Fakta keren

Setiap orang bisa ikut menjaga lautan. Caranya, bisa dengan membeli ikan yang dibudidaya, mengurangi penggunaan plastik, atau bisa juga dengan membersihkan pantai. Pengurangan sampah plastik sangat penting untuk kelangsungan hidup di lautan!

[divider_line]
Sumber: Artikel ini merupakan publikasi ulang dari Space Scoop Universe Awareness edisi Indonesia. Space Scoop edisi Indonesia diterjemahkan oleh langitselatan.

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

Tulis komentar dan diskusi...