Dan Philae pun Bangun dari Tidur Panjangnya

Masih ingat Philae, si robot pendarat yang berhasil mendarat di komet 67P/Churyumov-Gerasimenko? Yup benar, si robot kecil yang saat mendarat melompat-lompat beberapa kali itulah Philae. Robot pendarat pertama yang berhasil menjejakkan kakinya dengan selamat di sebuah komet yang sedang bergerak mendekati Matahari.

Philae yang bangun dari tidur. Kredit: ESA
Philae yang bangun dari tidur. Kredit: ESA

Ketika Philae mendarat di Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko bulan november 2014 lalu, pendaratannya sama sekali tidak mulus. Robot kecil ini beberapa kali memantul sebelum mendarat dengan tidak begitu mulus di permukaan komet. Akibatnya, Philae mendarat di lokasi yang berbeda dari lokasi pendaratan awal dan akhirnya tidak memperoleh sinar Matahari yang cukup untuk tetap bertahan aka untuk mengisi baterenya lewat panel surya. Akhirnya setelah bertahan selama 60 jam, Philae pun tertidur seiring habisnya batere yang menenagai sang robot.

Tujuh bulan berlalu, dan Rosetta, wahana yang membawa Philae masih tetap setia menyertai perjalanan Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko menuju titik terdekatnya dengan Matahari.  Tapi, hari ini Rosetta dan kita semua di Bumi memperoleh kabar gembira!

Apa itu? Robot pendarat Philae akhirnya bangun dari masa hibernasinya setelah 7 bulan tertidur tanpa daya. Sinyal tanda kehidupan dari Philae diterima oleh Pusat Operasi Antariksa Eropa milik ESA di Darmstadt pada tanggal 13 Juni jam 22:28 CEST atau 14 Juni jam 03:28 WIB.  Kabar itu dikirim Philae dari permukaan Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko yang suhunya -35º C, dengan bekal tenaga hanya 24 Watt. Dingin! Tapi, pesannya jelas! Robot pendarat mungil ini siap beroperasi kembali.

Selama 85 detik Philae melakukan komunikasi dengan tim di Bumi melalui Rosetta dan memberi informasi juga kalau robot pendarat ini sudah bangun lebih awal dan mencoba melakukan kontak meskipun menemui kegagalan.

Untuk mengetahui kabar selanjutnya dari Philae, para peneliti di Bumi masih menunggu kontak berikutnya untuk bisa memahami apa yang terjadi dengan Philae selama beberapa hari terakhir ini di Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko.

Saatnya tiba bagi Philae untuk menyongsong Matahari dan kembali bertugas!

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

Tulis komentar dan diskusi...