Sisi Gelap Gugus Bintang

Beberapa minggu lalu, di sekeliling galaksi yang jauuuuuuh,sebuah tipe baru gugus-bintang yang gelap dan misterius ditemukan.

Galaksi Bimasakti tempat tinggal kita dikelilingi oleh sekitar 150 kelompok bintang yang disebut gugus bola. Tiap-tiap gugus bola mengandung materi yang cukup untuk membuat puluhan atau ratusan ribu bintang.

Galaksi Centaurus A, yang dikelilingi oleh ribuan gugus bola. Masing-masing lingkaran menandai letak si gugus. Banyak di antara gugus bola tersebut bersifat normal, tapi sebagiannya lagi menyimpan rahasia gelap: mengandung banyak materi gelap. Kredit: ESO/Digitized Sky Survey. Acknowledgement: Davide de Martin.
Galaksi Centaurus A, yang dikelilingi oleh ribuan gugus bola. Masing-masing lingkaran menandai letak si gugus. Banyak di antara gugus bola tersebut bersifat normal, tapi sebagiannya lagi menyimpan rahasia gelap: mengandung banyak materi gelap. Kredit: ESO/Digitized Sky Survey. Acknowledgement: Davide de Martin.

Galaksi bernama Centaurus A dikelilingi oleh ribuan gugus bola. Masing-masing lingkaran dalam foto tersebut menandai letak si gugus bola. Banyak di antara gugus bola tersebut bersifat normal. Gugus yang lebih terang berarti mempunyai lebih banyak bintang sehingga gugus tersebut lebih masif.

Namun, ada sebagian gugus yang tampak aneh sekali. Gugus-gugus itu sepertinya tidak sekadar berisi bintang, tapi ada sesuatu yang gelap, tersembunyi, dan bermassa besar. Objek apakah gerangan?

Para astronom memikirkan segala kemungkinan. Mungkinkah gugus gelap itu berisi lubang hitam, yang tidak dapat kita lihat tapi bermassa besar? Atau, mungkinkah gugus itu penuh dengan materi gelap?

Materi gelap merupakan materi aneh yang tidak memancarkan cahaya. Betul-betul tidak kasatmata. Objek ganjil ini tidak biasanya dijumpai di gugus bola, tapi barangkali karena sebab yang belum diketahui, mungkinkah gugus-gugus tersebut memang mengandung materi gelap? Tentunya ini akan memecahkan misteri penemuan aneh tadi. Akan tetapi, sebelum kita betul-betul yakin, gugus-gugus tersebut tetaplah sebuah misteri.

Fakta Menarik: Gugus-gugus bola itu bukan satu-satunya objek gelap di Centaurus A. Di pusat galaksi ini terdapat lubang hitam yang bermassa 55 juta kali massa Matahari!

[divider_line]

Sumber: Dipublikasi kembali dari Space Scoop Universe Awareness edisi Indonesia

Ditulis oleh

Ratna Satyaningsih

menyelesaikan pendidikan sarjana dan magister astronomi di Departemen Astronomi Institut Teknologi Bandung. Ia bergabung dengan sub Kelompok Keahlian Tata Surya dan menekuni bidang extrasolar planet khususnya mengenai habitable zone (zona layak-huni). Ia juga menaruh minat pada observasi transiting extrasolar planet.

1 thought on “Sisi Gelap Gugus Bintang

  1. Sudah saya bilang sebelumnya bahwa Gugus Bola atau kumpulan bintang bintang yang terikat satu sama lainnya adalah adanya lubang hitam yang kecil ditengahnya, kita kesampingkan dulu Materi Gelap karena belum pasti wujudnya, hukum dasarnya Alam Semesta (setiap objek di alam semesta baik besar maupun kecil mempunyai suatu gaya yang kekal yaitu Gaya Gravitasi) jadi yang mengikat bintang bintang satu sama lain adalah gaya gravitasi jadi kemungkinan ditengahnya Gugus Bola ada Lubang Hitam yang kecil sampai sedang,,

Tulis komentar dan diskusi...