fbpx
langitselatan
Beranda » Kawanan Bebek Luar Angkasa Tertangkap Kamera!

Kawanan Bebek Luar Angkasa Tertangkap Kamera!

Di negara-negara empat musim, sering terlihat kawanan bebek yang bersiap terbang ke tempat yang lebih hangat pada musim dingin. Melayang dengan anggun dalam kelompok, membentuk satu pola menakjubkan dan beralih ke pola lainnya. Biasanya, bebek-bebek ini terlihat sedang melayang tiga ratus meter di atas permukaan tanah (kira-kira setinggi Menara Eiffel!)

Namun, jika kita memandang jauh, jauh lebih tinggi lagi, ke luar atmosfer Bumi dan lebih jauh lagi, kita bisa melihat kawanan lain—Gugus Bintang Wild Duck—Bebek Liar.

Gugus Bintang Bebek Liar. Kredit: ESO
Gugus Bintang Bebek Liar. Kredit: ESO

Jika matamu tak setajam mata elang, kau pasti akan membutuhkan teleskop atau binokuler untuk melihat gugus bintang ini. Atau sebuah foto, seperti yang ini! Gambar indah ini menunjukkan Gugus Bebek Liar, seperti yang terlihat dengan menggunakan sebuah teleskop besar di Chili.

Saat terlihat dari kejauhan, gugus bintang ini berbentuk seperti mata panah, mirip bebek-bebek yang terbang dalam suatu formasi. (Meskipun, saat kau melihatnya dari dekat seperti dalam foto ini, bentuk gugus itu tidak lagi beraturan).

Sayangnya, bintang-bintang di dalam gugus tipe ini tidak mampu bertahan cukup lama bersama dan hanya butuh sedikit usaha menyebarkan mereka. Kadang-kadang, ada salah satu anggota grup yang heboh dan menendang bintang-bintang keluar. Pada kesempatan lain, bintang-bintang itu ditarik oleh gravitasi sebuah bintang yang melintas di luar gugus.

Akhirnya, setiap gugus bintang akan begitu banyak ditarik, didorong, dan diusik sehingga semua bintang akan terbang jauh dan gugus itu menghilang. Namun, gugus-gugus bisa bertahan dalam jangka waktu yang beragam, mulai dari beberapa juta tahun hingga beberapa ratus juta tahun.

Lamanya gugus-gugus ini bertahan tergantung pada sepenuh apa gugus tersebut. Gugus-gugus yang disesaki oleh bintang-bintang bertahan paling lama. Jadi, beruntunglah Gugus Bebek Liar ini, karena memiliki anggota lebih dari 3000 bintang!

Fakta menarik: Contoh paling tua dari gugus tipe ini yang sudah ditemukan dinamai Gugus Berkeley 17; sebuah gugus raksasa yang berusia sekitar 10 hingga 13 miliar tahun!

Sumber: dipublikasikan kembali dari Space Scoop Universe Awareness

Baca juga:  Flare Dramatis dari Magnet di Angkasa
Avatar photo

Maria M. Lubis

Alumnus Astronomi ITB, pegawai tetap Bos Kecil Sakya, dan penerjemah/editor buku fiksi freelance yg akhirnya mendapat jawaban mengapa harus belajar Astronomi.

Tulis Komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini