fbpx
langitselatan
Beranda » Enam Bulan Menghuni Stasiun Luar Angkasa Internasional

Enam Bulan Menghuni Stasiun Luar Angkasa Internasional

Pada November 2000, salah satu impian terbesar kemanusiaan terwujud—International Space Station dibangun dan akhirnya kita memiliki sebuah pangkalan bagi para manusia di luar angkasa!

Astronaut ESA, Alexander Gerst dan kru dalam misi Blue Dot. Kredit: ESA
Astronaut ESA, Alexander Gerst dan kru dalam misi Blue Dot. Kredit: ESA

Stasiun luar angkasa internasional ini, seringkali disebut “ISS”, adalah semacam pesawat luar angkasa istimewa yang melayang-layang di ruang angkasa, mengitari Bumi. Stasiun ini sedikit lebih besar daripada sebuah lapangan sepakbola dan lebih berat daripada 450 mobil jika digabungkan. Namun, ISS melesat mengelilingi Bumi 16 kali setiap harinya!

Stasiun luar angkasa ini berfungsi sebagai sebuah laboratorium merangkap rumah. Enam orang bisa menghuni ISS bersamaan, dan mereka bisa tinggal di sana hingga enam bulan.

Saat berada di stasiun ini, para kru melakukan segala macam eksperimen sains yang hanya bisa dilakukan di luar angkasa. Eksperimen ini mulai dari biologi hingga astronomi, seperti eksperimen-eksperimen untuk membuktikan risiko hidup di luar angkasa, untuk mendukung keselamatan para astronot dalam misi-misi mendatang ke Mars dan lebih jauh lagi!

Astronot ESA, Alexander Gerst, sekarang sudah menjalani lebih dari setengah misi enam bulannya di ISS, yang disebut misi “Blue Dot” atau misi “Titik Biru”. Misi ini akan membuktikan lebih dari 100 eksperimen sains menarik yang dirancang untuk meningkatkan mutu kehidupan di Bumi, mengetes teknologi-teknologi baru, dan mempersiapkan penjelajahan Tata Surya dan luar angkasa yang lebih jauh lagi.

Sebagai contoh, para astronot berolahraga selama 90 menit sehari untuk menjaga kebugaran dan agar tulang-tulang serta otot-otot mereka tetap sehat selama mereka tinggal di luar angkasa. Namun, setelah berolahraga di ISS, mereka tidak mandi. Salah satu eksperimen Blue Dot adalah mengetes dua bahan pakaian baru yang bisa menyerap keringat, menjaga orang yang memakainya tetap sejuk, dan bahkan memiliki alat pembersih.

Beberapa eksperimen agak lebih menantang daripada eksperimen lainnya, seperti Alexander yang saat ini berlari sendiri! Tes-tes ini akan membantu kita menemukan bagaimana tubuh manusia menua dalam kondisi gravitasi yang sangat rendah.

Fakta menarik: Kau bisa melihat sendiri ISS tanpa bantuan alat apa pun dari Bumi! Cari tahu kapan ISS akan melintasi tempatmu menggunakan ISS Tracker.

Sumber: dipublikasikan kembali dari Space Scoop Universe Awareness

Baca juga:  Semburan Sampah Radioaktif Akibat Tabrakan Bintang
Avatar photo

Maria M. Lubis

Alumnus Astronomi ITB, pegawai tetap Bos Kecil Sakya, dan penerjemah/editor buku fiksi freelance yg akhirnya mendapat jawaban mengapa harus belajar Astronomi.

1 komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini