Beranda » Pulsar Berkepribadian Ganda: Radio & Sinar Gamma

Pulsar Berkepribadian Ganda: Radio & Sinar Gamma

Akhir Juni 2013, bintang ganda dengan salah satu pasangan bintang neutron berputar cepat ditemukan sedang mengalami perubahan perilaku yang sangat dramatik. Sinyal radio dari pulsar tersebut tiba-tiba menghilang ketika sistem jadi lima kali lebih terang saat dilihat dalam sinar gamma.

Mirip dengan tombol yang dinyalakan atau dipindahkan dari kondisi energi rendah ke energi tinggi. Perubahan yang terjadi memberi gambaran interaksi yang tidak diduga di antara pulsar dan bintang pasangannya. Akibatnya, kita bisa memiliki kesempatan untuk mempelajari fase transisi dalam kehidupan pasangan bintang ganda.

Evolusi Dalam Bintang Ganda
Sistem bintang ganda merupakan sistem bintang berdua yang saling berinteraksi dan bergerak mengelilingi pusat massa keduanya. Dan bintang, sama seperti manusia juga mengalami evolusi. Perjalanan evolusi bintang berbeda-beda bergantung pada massanya. Bagi bintang-bintang masif, mereka akan berakhir dalam ledakan supernova.  Ketika bintang masif meledak sebagai supernova, inti yang hancur akan bertahan dari ledakan dan keluar sebagai bintang kompak yang dikenal dengan nama bintang neutron atau pulsar. Bintang yang satu ini sangat padat dan masif yang bahkan bisa memiliki massa yang lebih masif dari pada Matahari dan memadatkannya menjadi bola yang bahkan tak lebih besar dari kota Tangerang.

Bintang neutron muda akan berputar puluhan kali tiap detik dan menghasilkan cahaya dalam panjang gelombang radio, cahaya tampak, sinar-X dan sinar gamma yang diamati astronom saat cahaya tersebut menyapu Bumi. Pulsar juga menghasilkan angin partikel energi tinggi yang bergerak dengan kecepatan hampir mendekati kecepatan cahaya. Untuk bisa menghasilkan semua itu, pulsar ditenagai oleh medan magnetik pulsar yang berputar sangat cepat. Seiring waktu, ketika pulrsar berputar semakin perlahan maka pancarannya pun memudar.

Ilustrasi Pulsar saat memancarkan cahaya dalam panjang gelombang radio (atas) dan Saat memancarkan sinar gamma (bawah). Kredit: NASA Goddard Space Flight Center

PSR J1023+0038
Tiga puluh tahun lalu, para astronom menemukan tipe pulsar yang berputar dengan kecepatan kurang dari 10 milidetik, atau mencapai 43000 rpm (putaran per menit). Meskipun pulsar muda selalu tampak terisolasi, namun lebih dari setengah pulsar milidetik justru lahir dalam pasangan bintang ganda yang sekaligus menjelaskan kecepatan rotasinya yang sangat cepat tersebut. Tak hanya itu, pulsar milidetik juga mengalami percepatan rotasi sebagai akibat transfer dan akumulasi materi bintang pasangannya. Akibatnya pulsar seperti ini dikenal juga dengan nama pulsar daur ulang.

Dalam penelitian ini, sistem bintang ganda yang ditemukan adalah sistem AY Sextantis yang berada 4400 tahun cahaya dari Bumi di rasi Sextant. Pasangan ini dihuni oleh bintang pulsar 1,7 milidetik PSR J1023+0038 atau J1023 dan sebuah bintang bermassa 1/5 massa Matahari. Kedua bintang dalam menyelesaikan orbitnya hanya dalam 4,8 jam. Artinya keduanya berada sangat dekat satu sama lainnya sehingga secara perlahan-lahan pulsar akan melenyapkan bintang pasangannya lewat transfer materi antara keduanya.