Menikmati Wajah Sang Surya di Dago CFD Bersama DHIS

Dalam acara Dago Car Free Day 3 Februari 2013 di Bandung, Darul Hikam International School (DHIS) bersama dengan seluruh sekolah Darul Hikam di bawah Yayasan Darul Hikam mengadakan acara pentas seni dan perkenalan sekolah di Dago Car Free Day. Bertempat di depan BRI Dago, siswa Darul Hikam mengadakan pameran kecil-kecilan kegiatan mereka di sekolah. Acaranya beragam mulai dari pentas seni, pertunjukan kebolehan robot, kegiatan Pramuka, juga kegiatan klub Astronomi DHIS untuk mengamati Matahari pagi itu bersama langitselatan.

Untuk kelancaran acara, sehari sebelumnya langitselatan sudah melakukan pelatihan singkat dengan para siswa yang tergabung dalam Klub Astronomi meskipun cuaca saat itu menjadi penghalang. Awan tebal yang menggantung di langit tidak menghalangi kami untuk berlatih penggunaan teleskop untuk Car Fee Day event.  Keesokan harinya di Dago CFD, Matahari menunjukkan wajahnya bagi masyarakat kota Bandung yang sedang berolahraga pagi atau sekedar berjalan-jalan bersama keluarga.  Kehadiran Matahari pagi itu menceriakan suasana karena siswa siswi Klub Astronomi DHIS dengan bimbingan langitselatan bisa menunjukkan wajah Matahari yang bak bola pingpong oranye bagi para pengunjung baik anak-anak maupun dewasa. Tak hanya itu, mereka juga memperkenalkan langit lewat Stellarium untuk pengunjung.

Acara yang berlangsung dari jam 07.00-10.00 berhasil menarik perhatian pengunjung terutama orang tua dan anak-anak untuk mengintip wajah Sang Surya. Ada seorang anak yang berkali-kali datang untung mengamati wajah Matahari sambil bertanya dan berkomentar, kok “mataharinya belum berubah..?”. Keingintahuannya yang tinggi merupakan awal untuk pengenalan sains. Akhirnya acara berakhir jam 10.00 pagi ketika Dago CFD berakhir dan Matahari pun kembali berada di balik awan.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

Tulis komentar dan diskusi...