Beranda » Planet Batuan pun Bisa Lahir di Katai Coklat

Planet Batuan pun Bisa Lahir di Katai Coklat

Ada cerita baru dari ALMA aka Atacama Large Millimeter/submillimeter Array si teleskop radio yang berada di Chile. Para astronom yang menggunakan ALMA menemukan sesuatu yang menarik di piringan debu di area terluar bintang katai coklat. Dan penemuan ini punya kaitan dengan planet ukuran Bumi.

Bintang katai coklat dan pembentukan planet batuan. Kredit : ALMA (ESO/NAOJ/NRAO)/M. Kornmesser (ESO)

Pembentukan Planet Batuan
Berdasarkan teori, planet batuan diyakini terbentuk dari tabrakan acak partikel-partikel padat berukuran mikro yang ada di piringan materi sekitar bintang. Setelah tabrakan partikel-partikel itupun saling melekat dan kemudian bergabung membentuk bongkahan yang semakin hari semakin besar.  Butiran-butiran debu yang kita sebut debu kosmik tersebut mirip dengan butiran pasir yang halus. Dari debu yang berkumpul inilah sebuah planet terbentuk.

Kalau aktivitas debu kosmik tadi ditemukan di bintang biasa, itu bukan hal yang unik. Tapi ketika butiran-butiran debu tersebut ditemukan berinteraksi dalam piringan gas di sebuah bintang katai coklat, maka ceritanya jadi berbeda. Perlu diingat katai coklat adalah sebuah bintang dingin karena dia sebenarnya merupakan bintang yang gagal sehingga tidak ada pembakaran di dalam dirinya.

Karena itu pulalah penemuan debu kosmik yang saling bertabrakan dan melekat membentuk bongkahan yang dilihat para astronom menggunakan ALMA menjadi yang pertama kali untuk kasus katai coklat.

Di area terluar sebuah bintang katai coklat, astronom menduga kalau butiran-butiran debu itu tidak akan bisa bertumbuh karena piringannya tipis dan tidak mengandung banyak materi sehingga partikel akan bergerak sangat cepat dan tidak akan saling menempel dan bertumbuh setelah tabrakan. Berdasarkan teori yang berlaku, butiran yang berhasil membentuk bongkahan akan bergerak cepat menuju pusat bintang katai coklat, dan kemudian menghilang dari bagian terluar piringan dimana bongkahan-bongkahan itu bisa dideteksi.

Tapi, prediksi teori itu terpatahkan karena para astronom berhasil melihat butiran berukuran milimeter di dalam piringan kecil dan tipis di sebuah bintang katai coklat.

Tim astronom yang dipimpin oleh Luca Ricci dari California Institute of Technology, USA yang anggota-anggotanya berada di Amerika, Eropa dan Chile menemukan butiran padat dengan ukuran yang seharusnya tidak bisa terbentuk dalam area terluar piringan katai coklat yang dingin. Tapi pada kenyataannya, para astronom berhasil melihat butiran dan bongkahan padat tersebut. Artinya planet batuan bisa terbentuk disini dan yang dllihat para astronom adalah langkah awal pembentukannya.

Dan tampaknya para astronom harus mengubah asumsi mereka terkait kemungkinan terbentuknya planet di bintang katai coklat.

Cerita lewat sinyal radio
Untuk melihat si butiran debu yang kemudian menggumpal membentuk bongkahan cikal bakal planet, tentunya astronom tidak bisa melihat langsung. Karena itu mereka menggunakan teleskop radio ALMA untuk mendeteksinya. Tak hanya itu, resolusi ALMA yang tinggi memungkinkan para astronom untuk menemukan keberadaan gas karbon monoksida di sekitar katai coklat. Ini juga pertama kalinya gas molekul dingin bisa dideteksi di piringan seperti ini.