Foto Gerhana Matahari Total dari Maitland Downs

Pagi ini di kala sebagian masyarakat Indonesia tengah terlelap, terjadi fenomena alam yang sangat menakjubkan yang dinikmati oleh masyarakat seluruh dunia.

Gerhana matahari Total!

Memang sih jalur gerhana matahari total 14 November 2012 ini tidak melewati banyak negara tapi kecanggihan teknologi masa kini memungkinkan seluruh masyarakat dunia bisa menikmatinya lewat live streaming yang dilakukan oleh beberapa kelompok pengamat. Ada juga siaran langsung dari beberapa media yang memang meliput di lokasi Gerhana.

GMT 14 November 2012 hanya bisa dinikmati masyarakat di Pasifik Selatan termasuk juga Australia Utara, Selandia Baru dan berakhir 800 km dari Chile. Menariknya GMT kali ini lebih banyak melewati area tanpa daratan alias berkelana sendirian melintasi samudera pasifik.

Beberapa foto yang berhasil diabadikan kami coba tampilkan disini. Foto-foto di bawah ini di potret oleh Robert Hollow seorang astronomi edukator dan spesialis public outreach dari dari Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO) yang menghadiri konferensi astronomi siswa “Under a Darkened Star” di Maitland Downs, Queensland, Australia.

Gerhana Matahari yang terbit di atas Maitland Downs. Kredit: CSIRO
Gerhana Matahari Total 14 November 2012. Kredit : CSIRO
Gerhana Matahari Total 14 November 2012. Kredit : CSIRO
Cincin indah di akhir Gerhana Matahari Total 14 November 2012 di Maitland Downs, Queensland, Australia. Kredit : CSIRO
Piringan bulan mulai meninggalkan piringan Matahari yang tampak dari balik teleskop refraktor. Kredit: CSIRO

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

6 thoughts on “Foto Gerhana Matahari Total dari Maitland Downs

  1. Sangat indah gambar gerhana, artikel yang sangat aktual,trims mbak Ivie ya semoga terus berkarya untuk pengetahuan populer yang sedikit orang mengetahuinya

  2. syalom mba ivie…mba ivie saya mau menanyakan jika saya mengutip artikel2 di web langitselatan apa kah boleh? saya sangat suka sekali membaca artikel2 di web ini..
    terima kasih. gbu

    1. syalom. silahkan mengutip tapi saya minta diberi taut balik ke artikelnya yah jadi kami tau artikelnya dipakai dimana aja. trimakasih.

Tulis komentar dan diskusi...