Temui Tetanggamu

Astronom menemukan planet seukuran Bumi tak jauh dari Tata Surya, mengorbit bintang paling dekat dengan Matahari! Sejak dulu, astronom selalu berbicara tentang kemungkinan adanya planet di bintang yang satu ini, bintang Alpha CentauriBintang Alpha Centauri adalah bintang tetangga yang paling dekat dengan Matahari. Ia juga mirip Matahari sekaligus menjadi lokasi yang paling dekat jika ada kehidupan lain di luar Bumi. Bertahun-tahun para astronom mencari planet di Alpha Centauri tapi tak pernah membuahkan hasil apapun. Sampai hari ini.

Ilustrasi planet di ALpha Centauri B yang merupakan salah satu bintang di sistem bintang bertiga Alpha Centauri. Kredit : ESO

Lebih dari 800 planet telah ditemukan selain Tata Surya, yang kita sebut ‘exo-planet’. Tidak mudah untuk mendeteksi exo-planet karena cahayanya yang sangat redup sehingga sering kali cahaya planet-planet tersebut tenggelam dalam cahaya bintangnya yang sangat terang. Bayangkan kalau kita berusaha melihat nyamuk yang sedang terbang di depan sinar lampu yang terang! Sulit bukan? Karena exoplanet tidak dapat dilihat secara langsung lewat teleskop, astronom harus mencari cara untuk bisa menemukan mereka.

Salah satu cara yang digunakan adalah mengamati dengan seksama gerak sebuah bintang kemudian melihat apakah bintang itu bergoyang karena gangguan gravitasi exoplanet. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang teknik ini, sila baca “Melihat Goyangan Untuk Menemukan Planet Baru”. Metode yang satu ini merupakan metode yang paling sukses dalam menemukan exo-planet, salah satunya si planet seukuran Bumi tetangga kita.

Meskipun exoplanet yang baru ditemukan itu seukuran Bumi, lokasinya justru lebih dekat ke bintangnya di banding Bumi ke Matahari. Bahkan ia pun jauh lebih dekat di bintang Alpha Centauri yang jadi bintang induknya dibanding planet Merkurius yang paling dekat dengan Matahari. Satu tahun di planet ini hanya tiga hari ( 1 tahun itu waktu yang dibutuhkan sebuah planet untuk mengitari bintangnya). Bandingkan dengan satu tahun di Bumi yang 365 hari!

Berada dekat dengan bintang, planet mirip Bumi ini tentunya ultra panas; terlalu panas untuk keberadaan kehidupan yang kita kenal. Tapi, menemukan sebuah planet seukuran Bumi yang berada demikian dekat dengan Tata Surya merupakan penemuan yang sangat menyenangkan sekaligus membawa manusia selangkah lebih maju untuk menemukan kehidupan asing!

Fakta Menarik: Exo-planet baru ini berada dalam sistem bintang bertiga, yang disebut sistem Alpha Centauri. Artinya, ke-3 bintang di sistem itu saling mengitari satu sama lainnya. Sekarang bayangkan bagaimana indahnya langit di dunia asing tersebut!

Sumber : Space Scoop Universe Awareness ; Versi Bahasa Indonesia bisa juga dilihat di sini

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

Tulis komentar dan diskusi...