Beranda » Apakah Jupiter Sebuah Planet ataukah Bintang Gagal?

Apakah Jupiter Sebuah Planet ataukah Bintang Gagal?

Saya tidak kuliah di jurusan Astronomi, jadi saya cuma ingin tanya yang umum saja. Saya pernah baca kalau Jupiter itu sebenarnya bukan planet, tetapi bintang yang gagal bersinar karena keaktifannya memancarkan gelombang radio dan unsur utama pembentuk planet tersebut gas2 hidrogen dan helium,selain atmosfernya yg mungkin mengandung amoniak dan metan…nah, saya tanya, mengapa Jupiter tidak mampu melakukan reaksi termonuklir seperti Matahari? kemudian yang kedua, saya tanya..sebenarnya Jupiter itu mempunyai permukaan yang padat atau tidak? atau cuma peralihan antara gas dan cairan??
Terima Kasih banyak

( Dionysius Bryan S – Surabaya )

Apakah Jupiter itu Planet ataukah Bintang Gagal?

Planet Jupiter yang dipotret Cassini. Kredit : NASA

Jupiter, obyek yang satu ini kita kenal sebagai planet terbesar di Tata Surya. Tapi memang ada banyak yang memberi dugaan dan pertanyaan apakah Jupiter ini sebuah planet atau sebenarnya sebuah bintang atau lebih tepat lagi apakah ia bintang yang gagal atau katai coklat?

Yuk kita lihat apa bedanya Bintang dan Planet. Secara umum bintang dan planet dibedakan dari dua hal :

1. Ada tidaknya reaksi nuklir yang membakar hidrogen di inti.
    Bintang di dalam intinya terjadi reaksi nuklir yang membakar hidrogen sedangkan di inti planet tidak terjadi reaksi pembakaran hidrogen. Nah jika sebuah obyek langit diharapkan memiliki pembakaran di inti, maka ia harus punya temperatur yang cukup tinggi di inti untuk membakar hidrogen. Untuk memiliki temperatur seperti itu sebuah obyek harus masif dan minimalnya 80 kali massa Jupiter. Obyek yang memiliki massa lebih besar dari 80 kali massa Jupiter sudah pasti dikategorikan sebagai bintang.
  2. Cara pembentukannya.
    Bintang terbentuk saat awan gas dan debu antar bintang yang memiliki kerapatan tinggi yang mengalami keruntuhan akibat gaya gravitasi.  Sedangkan sebuah planet terbentuk dari materi dalam piringan sisa pembentukan bintang. Ketika bintang baru terbentuk dan selesai mengakresi semua massanya, maka ada sisa materi yang kemudian mengelilingi bintang seperti sebuah piringan pipih.  Materi di dalam piringan kemudian berkondensasi disekeliling batuan / inti es. Materi di dekat bintang membentuk planet batuan sedangkan planet yang disusun oleh gas terbentuk jauh dari bintang seperti halnya planet gas raksasa di Tata Surya.

Tapi ada juga obyek yang disebut bintang katai coklat atau bintang yang gagal. Bintang katai coklat ini terlalu kecil dan tidak mampu membakar hidrogen di dalam dirinya sehingga tidak bisa dikategorikan sebagai bintang. Tapi cara pembentukannya sama dengan terbentuknya bintang sehingga tidak dapat dikategorikan sebagai planet. Dari massanya, bintang katai coklat jauh lebih kecil dari sebuah bintang tapi jauh lebih besar dari planet Jupiter dan sering dianggap sebagai obyek pertengahan antara planet dan bintang.

Sebuah obyek dapat disebut bintang jika massa minimummnya 80 kali massa Jupiter. Massa minimum tersebut menandai kemampuan si benda untuk dapat membangkitkan pembakaran di inti.  Untuk bintang katai coklat, massa minimumnya 13 kali massa Jupiter dan itupun belum cukup untuk membangkitkan pembakaran di inti.