Apakah itu Burung? atau Pesawat? Bukan, itu Planet Bumi Super!

Waktu kamu melihat ke langit, semua bintang akan tampak sama. Padahal, mereka sebenarnya memiliki ukuran dan warna yang berbeda.  Warna bintang bisa berbeda karena dipengaruhi temperatur permukaan bintang itu sendiri. Terlepas dari apa yang ada di pikiranmu, bintang biru jauh lebih panas dari bintang merah! Pada kenyataannya, bintang merah adalah bintang yang paling dingin! Bintang merah terkecil, yang dikenal sebagai “katai merah”, sampai saat ini merupakan tipe bintang yang umum ditemukan di Galaksi Bima Sakti.

Ilustrasi kehidupan asing di planet Bumi Super. Kredit : ESO/L. Calçada

Baru-baru ini, tim astronom yang mengamat langit menggunakan teleskop besar, menemukan planet batuan yang tidak lebih besar dari Bumi ternyata umum ditemukan di bintang katai merah. Planet seperti ini yang ukurannya hanya sedikit lebih besar dari Bumi kita sebuat sebagai “Bumi Super”.

Para astronom memperkirakan 4 dari 10 bintang katai merah di galaksi Bima Sakti memiliki planet Bumi Super yang mengitari mereka pada jarak yang pas dari bintang sehingga planet Bumi Super itu bisa memiliki air dalam wujud cair. (Kalau letak planet terlalu dekat dengan bintang, air akan mendidih dan menguap, tapi air akan membeku kalau planetnya berada terlalu jauh dari bintang induknya)

Karena di Bima Sakti terdapat sekitar 160 miliar bintang katai merah, diperkirakan ada puluhan miliar planet yang ukurannya mirip Bumi di galaksi Bima Sakti yang memiliki lautan. Penemuan ini sangat menarik, karena planet seperti itu bisa saja memiliki kehidupan asing di dalamnya!

Fakta menarik : Ukuran Matahari kira-kira 100 kali lebih besar dari Bumi, tapi di kalangan bintang-bintang, Matahari hanyalah sebuah bintang katai dibanding bintang lainnya – tepatnya, sebuah bintang katai kuning.

Sumber : Space Scoop Universe Awareness

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

10 thoughts on “Apakah itu Burung? atau Pesawat? Bukan, itu Planet Bumi Super!

  1. Kok katai kuning mbak? Bukannya matahari termasuk bintang putih? Dan bukan bintang katai (dwarf star)? 🙁

    1. warna matahari memang putih ttp secara informal matahari masuk dalam jajaran bintang katai kuning. 🙂 matahari itu bintang katai kok.

  2. jadi misalkan kita berada ?¡ sistem tata surya asing… apabila ingin melihat matahari ngga bakalan terlihat di lagit malam.. kecuali memakai alat bantu visual.. benar demikian..

  3. kalau gak salah, bukannya katai itu
    -calon bintang yang gagal jadi bintang (katai coklat)
    -bintang bermassa matahari yang mengalami nova, kemudian ukurannya menjadi kecil
    setahu saya @[email protected]

    1. katai coklat memang bintang yg gagal menjadi bintang. untuk bintang sekelas matahari yg mengembang jd raksasa merah ia kemudian jadi katai putih.

      bintang katai merah itu bintang di kelas M yg lebih dingin dan lebih kecil dari Matahari.

  4. tapi maksudnya bukan katai yang di diagram HR kan? kan masih di deret utama kan matahari kita?tapi kalo dibandingin bintang lain kan jadi masuknya bintang yang kecil yakan?

    1. katai di diagram HR itu yg mana? hehehehe. dalam diagram HR yg disebut katai ada katai merah, katai putih juga katai kuning seperti matahari.

      Bintang kita kenal ada bintang katai yg kecil or bintang raksasa yang ukurannya luar biasa. 🙂 Matahari disebut bintang katai kuning karena dia masuk bintang ukuran menengah. dan masih masuk jajaran bintang katai (kecil). 🙂

  5. tanya donk mbak…

    lalu jumlah ‘pasti’ exoplanet yang diperkirakan mempunyai air dalam bentuk cairan dan punya lautan ada berapa ya?

    setau saya cuma ada 2 yang diduga mirip seperti bumi, kepler-22b dan salah satu planet di gliese-581.

Tulis komentar dan diskusi...