Tatapan Sepasang Mata dari Angkasa

Tidak biasanya ketika astronom sedang melihat ke angkasa mereka menemukan sepasang mata lain sedang menatap mereka. Itulah yang terjadi kali ini. Tapi bukan mata alien yang sedang menatap mereka. Itu adalah mata sepasang galaksi yang diberi julukan “The Eyes” karena keduanya tampak seperti sepasang bola mata putih yang bersinar di malam hari!.

Pasangan NGC 4438 dan NGC 4435, yang dijuluki The Eyes atau Mata. kredit : ESO

Pada pandangan pertama, kedua galaksi tidak tampak mirip seperti mata. Hal ini karena foto tersebut diambil oleh teleskop bernama Very Large Telescope. Kalau ingin bisa melihat galaksi itu agar tampak seperti sepasang mata, coba perhatikan foto di atas dengan lebih teliti lagi atau akan jauh lebih baik jika kedua galaksi tersebut dilihat dengan teleskop yang lebih kecil. Dan keduanya akan tampak seperti sepasang mata yang sedang menatap dari angkasa!.

Galaksi yang di sebelah kiri pada foto tampak seperti memiliki memar – si mata hitam! Bagian paling gelap dari memar itu merupakan debu dan area berwarna biru merupakan bintang biru yang merupakan bintang muda. Galaksi lainnya tidak memiliki debu atau bintang dan tampak seperti disobek oleh kekuatan yang sangat kuat ketika kedua galaksi berada dekat satu dengan yang lainnya.

Kedua galaki itu akan saling mendekat sampai keduanya menjadi satu. Pada saat mereka bersatu, nama Mata tidak akan cocok lagi. Akan dibutuhkan nama yang baru. Tapi itu masih lama baru terjadi, sehingga masih ada banyak waktu bagi astronom untuk memikirkan nama baru.

Fakta Menarik : Galaksi kita, Bima Sakti suatu hari nanti akan bertabrakan dengan galaksi tetangga yang bernama Galaksi Andromeda. Itu akan terjadi 3 -4 milyar tahun lagi.

Sumber : Space Scoop Universe Awareness

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

7 thoughts on “Tatapan Sepasang Mata dari Angkasa

  1. ap yg bkal trjadi pas bimsakti n andromeda tbrakan? mhon beri pnjelasan ttg pnyatuan galaksi juga… gmna kondisi kedua galaksi nnti? kondisi yg di dalamnya juga gmna?
    Trims y

    1. keduanya akan bergabung. galaksi isinya ada banyak bintang dan bukan berarti bintang2 di dalamnya semuanya jaraknya super dekat semua. jarak antar bintang itu cukup jauh. ketika terjadi tabrakan maka bukan berarti ada bintang dengan bintang saling tabrak dan hancur. yg terjadi adalah kedua galaksi bergabung membentuk galaksi baru. apa pengaruhnya? ada kemungkinan tata surya atau sistem bintang terlontar atau bergeser dari posisinya sekarang.

Tulis komentar dan diskusi...