fbpx
langitselatan
Beranda » Matahari Yang Terlambat Bergolak

Matahari Yang Terlambat Bergolak

Setiap hari kita bertemu bintang yang satu ini. Ia memberi kita terang dan energi yang menopang kehidupan manusia di Bumi setiap harinya. Itulah Matahari.

Matahari. Kredit : NASA

Tapi akhir-akhir ini kisah tentang Matahari seringkali membuat masyarakat penuh kekuatiran. Cerita itu tak lain tentang meningkatnya aktivitas Matahari yang melepaskan ledakan-ledakan dan melontarkan massa koronanya ke ruang angkasa.  Lontaran itulah yang sering dianggap membahayakan bagi Bumi. Kenyataannya? Hal tersebut tidaklah benar.  Lontaran yang tiba di Bumi justru menyuguhkan fenomena aurora yang indah bagi masyarakat yang menetap di lintang tinggi.

Kisah aktifnya Matahari ini sempat mengkhawatirkan para ahli Fisika Matahari karena aksi diamnya yang cukup lama. Bagaimana tidak, Matahari yang seharusnya mengalami aktivitas maksimum setiap 11 tahun ternyata justru berada pada kondisi minimum yang cukup lama. Tak hanya itu. Di tahun 2008, siklus Matahari justru berada pada kondisi ter-minimum selama hampir 1 abad. Pada masa itu, para peneliti tidak menemukan adanya bintik Matahari, flare Matahari juga ikut surut dan Matahari sangatlah tenang. Kondisi tenang di akhir siklus ke-23 tersebut juga merupakan anomali dari berakhirnya siklus Matahari ke-23 yang seharusnya sudah berakhir pada kisaran 2005-2006.

Kalau membayangkan kerja para ahli fisika Matahari, coba bayangkan diri kita berada di samping kompor sambil menanti dengan tidak sabar agar air di panci segera mendidih. Inilah yang terjadi pada para ahli Matahari, mereka juga jadi tidak sabar menantikan kapan Matahari kembali aktif karena ia tetap tenang apalagi setelah masa siklus ke-24 dimulai, Matahari masih tetap melanjutkan aksi diamnya selama 18 bulan.  Aksi diam ini terjadi karena siklus ke-23 yang sebelumnya pun terlambat berakhir akibatnya siklus yang baru terlambat dimulai.  Diketahui juga siklus Matahari yang ke-23 yang dimulai tahun 1996 merupakan siklus ketiga terpanjang dalam sejarah pengamatan siklus Matahari. Salah satu dampak yang diyakini adalah musim dingin ekstrim di belahan Bumi utara pada tahun 2009 dan 2010.

Matahari Kembali Beraksi

Solar Flare kelas X1.5 yang dipotret Solar Dynamic Observatory pada tanggal 9 Maret 2011. kredit : SDO/NASA

Siklus Aktivitas Matahari terjadi dalam siklus 11 tahun, namun ketika aktivitas minimum Matahari berlanjut lebih lama dari yang diperkirakan  ada sebagian ilmuwan yang berpendapat kalau kondisi minimum ini tidak akan berakhir.

Kalau kata Richard Fisher, kepala divisi Heliophysics NASA, di Washington DC, “Sejak dulu kami sudah menunggu aktivitas Matahari datang menjemput.”

Kini akhirnya periuk itu sudah mulai mendidih.  Dan Fisher serta para peneliti lainnya bisa megakhir penantiannya karena kini mereka akan menikmati berbagai aksi dari bintang bernama Matahari.

Matahari kembali pada kehidupannya yang penuh letupan dan dinamika.  Memasuki tahun 2011, bintik Matahari kembali tampak dan mereka memecah kebekuan dengan berbagai aktivitas.  Tanggal 15 Februari dan kemudian di tanggal 9 Maret, satelit yang mengorbit Bumi mendeteksi sepasang flare Matahari kelas X. Flare jenis ini memancarkan sinar X yang paling kuat yang dipoduksi Matahari. Terakhir kali para peneliti bisa menikmati ledakan seperti itu terjadi bulan Desember 2006 saat siklus Matahari ke-23 mendekati akhir.

Baca juga:  Infografik: Di Manakah Kita di Alam Semesta?

Ledakan lainnya terjadi lagi tanggal 7 Maret dan menghempaskan milyaran ton awan plasma dari Matahari dengan kecepatan 2200 km/det. Awan yang bergerak sangat cepat tersebut tidak langsung mengarah ke Bumi namun ia tetap saja mengirimkan tirai cahaya yang indah ke medan magnetik Bumi.  Dan jika masih ada yang bertanya-tanya akankah peningkatan Matahari berbahaya pada umat manusia di Bumi, maka jawabannya pun masih sama. Tidak.

Dampak dari tabrakan lontaran awan dan medan magnetik Bumi pada tanggal 10 Maret cukup cepat untuk mengirimkan cahaya utara tumpah ruah melintas perbatasan Canada dan tampak di Amerika Serikat, khususnya di wilahay Wisconsin, Minnesota dan Michigan. Lontaran massa korona tersebut merupakan yang tercepat dalam 6 tahun terakhir. Kejadian yang hampir serupa terjadi November 1997 saat siklus Matahari ke-23 dimulai. Artinya, kejadian serupa kembali menandai dimulainya siklus Matahari yang baru atau siklus Matahari ke-24.  Siklus 24 yang dimulai dengan lambat bukanlah sekedar periuk yang sedang ditunggu terlambat untuk mendidih tapi dari sejarah pengamatan siklus Matahari, siklus ke-24 ini memang sangat lambat untuk dimulai.

Aurora yang dipotret Shawn Malone dari Marquette MI USA 12 April 2011. kredit : Shawn Malone, spaceweather

Semenjak pertama kali diamati dan direkam jejak terjadinya siklus Matahari di pertengahan abad ke-18. Dari keseluruhan silus yang sudah diamati tersebut,  hanya ada 4 siklus yang dimulai lebih lambat dari siklus ke-24. Tiga di antaranya berada pada Dalton Minimum atau periode dimana aktivitas matahari sangat minim pada awal abad ke-19. Dan siklus ke-4 yang lebih lambat itu adalah siklus Matahari ke-1, di kisaran tahun 1755.  Penentuan tingkat keterlambatan dimulainya sebuah siklus dilakukan dengan menggunakan bintik matahari sebagai parameter kunci dari aktivitas Matahari.  Dan meskipun ada peningkatan bintik Matahari akhir-akhir ini, tetap saja tidak mengubah kesimpulan yang ada kalau “Siklus Matahari ke-24 terlambat dimulai”.

Tapi, lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali bukan?

Sumber : NASA

 

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

13 komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini

  • Sory terlambat, semua artikelnya bagus bgt, suer suka bgt, sekedar nanya lamanya aurora bisa dilihat dengan mata telnjang berdurasi berapa lama n ada rekaman videonya gak mbak, lo ada tlg kasih tau dmana sya bisa donlot,n kpn ya kita bsa liat fenomena alam yg menkjubkan ini dari negeri kita sendiri??. tnx bgt. hmpir tiap hr sya berkjung ke sni, tp sory gak prnah kasih comment.

    • Hai Gelab, trimakasih untuk kunjungannya. video aurora hmm coba main2 di spaceweather.com ada section buat org2 masukin foto dan munkgin juga video aurora. durasi terlihat aurora saya pribadi kurang tau tapi akan coba saya cari tau atau tanya beberapa rekan di daerah lintang tinggi yang pernah melihat.

      DI Indonesia… hmm lokasi kita tidak di lintang tinggi sih ya..

  • Nanya dong, aktifitas matahari yg kayak gitu itu mempengaruhi iklim/cuaca di bumi gak sih…?

  • gimana cara nambah menu translate nya??? gw menggunakan tutorial dr google, hasilnya muncul progress bar di posisi paling atas web

  • Waahh..bisa gak ya suatu saat akan diketahui penyebab mengapa siklus matahari terlambat sehingga membuat teori lama tergantikan oleh teori yang baru..???

  • woow matahari sangat berpengaruh atas kelansungan hidup manusia.. apakah mungkin kita hidup tanpa matahari?.. Salam Fenando

    • hmm mungkin atau tidak kita ga tau krn mthr memang memberi 90% lebih pengaruh pd kehidupan Bumi dan evolusi tata surya itu sendiri

  • thanks informasinya menarik… btw, numpang nanya… pertanyaan : sejak Tk dulu ada kenampakan seperti bintang yang bergerak. apakah itu salah satu satelit? thank…

  • saya sangat tertarik dengan kajian astronomi, terutama dalam memahami kebesaran Allah SWT. mo tanya mbak, dari mana kita tahu suhu bagian inti dan permukaan matahari, thanks