Komet Yang Menuju Matahari

Sebuah komet yang baru saja ditemukan oleh pemburu komet asal China Bo Zhou pada tanggal 19 Oktober 2010 dalam citra yang diambil coronagraph SOHO, tampak sedang menyelam menuju Matahari. Sundiving comet, itulah julukan untuk komet yang bergerak menuju Matahari. Artinya dia akan bergerak dan menabrakan ( “menyemplungkan” ) dirinya ke Matahari. Ups. Dan tampaknya jika ini terjadi komet ini tidak akan bisa selamat.

Inilah yang terjadi dengan komet yang ditemukan Bo Zhou. Ia terlihat sedang menuju Matahari. Saat ini si komet memang masih redup, namun segera ia akan semakin cerlang kala ia mengalami pemanasan dari Matahari. Saat pertama kali ditemukan, obyek es ini hanya memiliki kecerlangan 1 magnitudo yang setara dengan kecerlangan bintang di langit malam. Dan kini, ia sudah meningkatkan kecerlangannya sampai dengan -3 magnitudo atau hampir mirip dengan cerlangnya Venus di langit malam.

Komet yang dinamai SOHO-1932 diyakini berasal dari keluarga komet Kreutz yang mengikuti Matahari atau kata populernya sungrazer yang bisa diartikan digembalakan Matahari. Komet dalam kelompok Kreutz ini merupakan pecahan komet raksasa sekitar 2000 tahun lalu. Dan beberapa pecahannya diperkirakan melintas dekat Matahari dan hancur setiap hari. Kebanyakan pecahan itu demikian kecil namun sesekali ada pecahan yang cukup besar seperti SOHO-1932 yang kemudian menarik perhatian pengamat. Komet SOHO-1932 ini bergerak menuju jarak terdekatnya dengan Matahari dan karena terlalu dekat, ia akan segera menguap dan hancur tak berbekas.

Untuk melihat pergerakan komet tersebut, silahkan dinikmati pada cuplikan foto dan animasi berikut. Tunggu berita selanjutnya, yang akan terus diperbaharui jika ada pembaharuan di laman ini.

Komet yang sedang menuju kematiannya. kredit : SOHO
Komet SOHO-1932 yang semakin mendekati Matahari. kredit : SOHO

Animasi pergerakan komet SOHO-1932 yang sedang menuju jarak terdekatnya dengan Matahari sekaligus menjelang masa akhir keberadaannya. Kredit : SOHO
Animasi komet SOHO 1932 yang dibuat dengan instrumen LASCO 2. Tampak komet SOHO 1932 sedang mengarah ke Matahari dan mengalami penguapan. Kredit : SOHO, Ma'rufin Sudibyo

sumber : spaceweather , 3D Sun

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.