Asteroid Kecil Akan Melintasi Bumi

Sebuah asteroid akan melintasi Bumi dalam 1/10 jarak Bumi-Bulan.  Asteroid kecil ini ditemukan dalam survei langit rutin yang dilakukan teleskop NASA di Arizona, pada tanggal 9 Oktober jam 14.55 wib. 

Asteroid yang kemudian diidentifikasi dengan nama 2010 TD54 akan mengalami pertemuan terdekatnya dengan permukaan Bumi pada ketinggian 45 000 km pada tanggal 12 Oktober 2010 jam 10.50 UT atau 17.50 WIB. Pada waktu tersebut, asteroid TD54 ini akan berada di area Asia Tenggara di daerah sekitar Singapura.

Lintasan asteroid 2010 TD54 yang akan melintasi Bumi pada tanggal 12 Oktober 2010. Kredit : NASA

Yang pasti asteroid kecil ini tidak akan mengancam Bumi, karena selama 2010 TD54 melakukan terbang lintas dekat Bumi,  ia tidak memiliki kemungkinan untuk menabrak Bumi.  2010 TD54 diperkirakan memiliki ukuran 5 – 10 meter sehingga dibutuhkan teleskop untuk bisa melihat obyek yang akan melintasi Bumi tersebut.  2010 TD54 akan dapat diamati sebagai obyek dengan kecerlangan 14 magnitudo yang akan melintas di rasi Pisces dan Aquarius.

NEA yang Melintasi Bumi
Hal menarik lainnya, diperkirakan asteroid dekat Bumi (Near Earth Asteroid/NEA) berukuran 5 meter dari populasi yang belum ditemukan akan melintas setiap hari dalam jarak Bumi – Bulan.

Obyek kecil yang diyakini populasinya mencapai 30 juta obyek tersebut, diperkirakan akan ada masuk ke atmosfer Bumi dengan perkiraan kejadian 1 asteroid setiap 2 tahun sekali.  Dan kala asteroid berukuran 5 meter tersebut masuk ke atmosfer Bumi, ia akan terbakar di atmosfer sehingga tidak akan menimbulkan kerusakan bagi permukaan Bumi.

Sumber : NASA

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

6 thoughts on “Asteroid Kecil Akan Melintasi Bumi

    1. maaf kak ivie,, ini komen di atas orang yang jail pake email saya bwt comen sembarang… ^^

  1. thanks for all info.
    dari kecil saya suka astronomi,
    walau nggak sekolah astronomi.
    saya suka membaca artikel berita2 dan gambar2 tentang luar angkasa.
    tadinya sebelum tahu ada website ini saya biasa baca artikel astronomi di kompas.com

    salam kenal dan terimakasih,
    -wawan

Tulis komentar dan diskusi...