Beranda » Cerita Yang Dibawa MESSENGER

Cerita Yang Dibawa MESSENGER

Merkurius, planet terdekat dengan Matahari ini tak bisa dipungkiri menyimpan misteri yang luar biasa. Berbagai fenomena baru yang dilihat MESSENGER memukau para astronom dan membangun keingin tahuan yang lebih besar akan planet yang satu ini.

Merkurius. Kredit : NASA/Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory/Arizona State University/Carnegie Institution of Washington.

Data yang dibawa MESSENGER jelas menunjukkan kondisi planet Merkurius yang sangat dinamik di sepanjang sejarah keberadaannya. Dan jika MESSENGER telah memasuki orbit planet pertama Tata Surya ini Maret tahun depan, maka akan ada cerita yang lebih menakjubkan lagi dari planet tersebut.

Analisa yang dilakukan pada data yang diambil MESSENGER saat melakukan terbang lintas yang ketiga dan yang terakhir kalinya di tahun 2009, mengungkap bukti keberadaan gunung api muda di bagian paling dalam planet. Selain itu ada juga informasi mengenai badai magnetik yang terjadi di Merkurius serta pengamatan emisi yang berasal dari spesies terionisasi di atmosfer Merkurius yang tipis atau di area exosfer.

Aktivitas Vulkanik di Merkurius
Dalam dua kali terbang lintasnya yang pertama kali, MESSENGER berhasil memotret keberadaan aktivitas vulkanik yang menyebar yang terjadi di awal sejarah planet Merkurius. Pada terbang lintasnya yang ketiga, MESSENGER kembali mengungkap keberadaaan cekungan hasil tabrakan meteor yang memiliki cincin dengan diameter puncak kedalaman 290 km, di antara cekungan termuda yang terlihat dan diberi nama Rachmaninoff. Dasar bagian dalam cekungan ini memiliki tanah datar dengan spektrum berbeda.

Bagian dataran kawah Rachmaninoff menunjukkan waktu pembentukan cekungan yang tampaknya terbentuk dari materi yang pernah mengalir di permukaan. Tak hanya itu, para peneliti dari Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory, di Laurel, Md, menafsirkan dataran ini menjadi endapan gunung api termuda yang ditemukan di Merkurius. Selain itu, tekanan tidak teratur yang dikelilingi oleh sebaran halo materi terang di timur laut cekungan menandakan keberadaannya sebagai kandidat lubang ledakan vulkanik yang lebih besar dari yang pernah diidentifikasi di Merkurius. Hasil pengamatan MESSENGER sekaligus menunjukkan keberadaan aktivitas vulkanik dengan rentang durasi yang lebih besar dari yang diperkirakan pada awalnya. Mungkin saja perpanjangan ini terjadi sampai paruh kedua sejarah Tata Surya.

Badai Magnetik
Badai magnetik merupakan gangguan cuaca ruag angkasa yang sesekali terjadi di Bumi, biasanya beberapa kali sehari dan akan berakhir dalam 1-3 jam. Badai kebumian biasanya disertai oleh berbagai fenomena seperti tampaknya aurora yang megah di langit artik dan antartika. Badai ini juga terkait peristiwa partikel berenergi tinggi berbahaya yang bisa mempengaruhi komunikasi dan satelit pengamat Bumi. Biasanya ini terjadi pada ketinggian orbit geosynchronous. Badai kebumian atau badai terrestrial tersebut mendapatkan kekuatannya dari energi magnetik yang disimpan dalam ekor magnetik Bumi.

Sepanjang terbang lintas MESSENGER yang ketiga di Merkurius, magnetometer berhasil mengumpulkan kondisi yang menyerupai badai atau pemuatan energi magnetik di ekor magnetik Merkurius. Peningkatan energi yang diukur MESSENGER pada ekor magnetik Merkurius ternyata sangat besar dan terjadi sangat cepat hanya sekitar 2 atau 3 menit. Berbeda dengan Bumi yang membutuhkan waktu 1-3 jam untuk berakhir. Peningkatan energi magnetik di ekor Merkurius sekitar 10 kali lebih besar dari yang ada di Bumi dan badai yang terjadi juga 50 kali lebih cepat.