Indonesia Dalam APAO 2009

Pada tanggal 7 – 14 Oktober 2009 lalu, telah diangsungkan The V Asian-Pacific Astronomy Olympiad di Damyang, Korea.  APAO merupakan kegiatan tahunan yang melibatkan siswa di area Asia Pasifik untuk berkompetisi dalam hal pengetahuan dan kemampuan astronomi. Tak hanya itu APAO juga bertujuan untuk membangun relasi persahabatan antar individu dan negara.
Dalam acara ini Indonesia mengirimkan 2 tim untuk Junior (4 siswa) dan Senior (4 siswa).  Kedua tim ini  dipimpin oleh Dr.rer.nat M.Ikbal Arifyanto (AS-ITB) dan Dra Marianna Radjawane, M.Si (Surya Institute). Selain itu Indonesia juga mengirimkan 5 orang observer yang berasal dari Papua dan Surya Institut.

Tim APAO. kredit : Abi Praya Nandya
Tim APAO. kredit : Abi Praya Nandya

Yang menggembirakan, dari kedua tim yang diberangkatkan Indonesia memperoleh 2 emas dari  Dinda Zhafira (tim junior asal Kaltim) dan Riana Pangestu Utami (tim senior asal Kaltim), serta 2 perunggu yang diperoleh Romeo Muyapa (tim junior asal Papua) dan Mardhatila Amalia (tim senior asal Aceh). Selain itu, Dinda Zhafira juga berhasil meraih perolehan hasil terbaik.

Dalam APAO V ini, tim Korea Selatan berhasil menempati peringkat pertama dengan 3 emas, 5 perak dan 5 perunggu. Indonesia sendiri menempati peringkat ke-2 dan disusul oleh Thailand di peringkat ke-3.  APAO V merupakan keempat kalinya Indonesia berpartisipasi dalam kejuaraan astronomi tingkat asia pasifik tersebut.

Nah, untuk bisa mengikuti kejuaraan tersebut, para siswa harus mengikuti proses seleksi dan para peserta yang lolos akan dilatih selama 8 bulan sebelum dikirimkan untuk kejuaraan tersebut.

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.