Belajar Memproses Citra dalam Lokakarya GHOU 2008

Setelah melakukan perjalanan panjang dan mengalami hard landing di bandara Portugal, akhirnya saya tiba di Lisbon, Portugal. Kali ini saya diundang mewakili langitselatan sekaligus juga sebagai perwakilan HOU Indonesia untuk menghadiri pertemuan dan lokakarya Global Hands On Univierse di Lisbon, Portugal dari tanggal 14 – 28 Juli 2008.

Pembukaan Lokakarya GHOU (global hands on universe) di Lisbon, Portugal oleh Rosa Doran. Kredit : langitselatan

Hands On Universe merupakan sebuah organisasi global yang didirikan untuk pertama kalinya di Amerika Serikat oleh Carl Pennypacker dan kemudian menyebar ke seluruh dunia. Organisasi ini bertujuan untuk mendidik guru dan murid untuk mengenal astronomi melalui berbagai aktivitas baik di dalam maupun di luar kelas. Contohnya bagaimana mengenal langit melalui kegiatan pengamatan sederhana yang dirancang sendiri atau aktivitas di kelas yang merangsang siswa untuk memahami konsep dasar fisika dan astronomi, seperti mengenal spektrum cahaya dan itu dilakukan dengan membuat spektroskopi sederhana. GHOU juga merupakan organisasi yang membawahi cornerstome project Galileo Teacher Training Program pada International Year of Astronomy 2009.

Lokakarya HOU diadakan di gedung British Council, dan diisi oleh kegiatan mengenal beberapa perangkat lunak yang digunakan dalam pengamatan dan image processing. Stellarium menjadi pilihan sebagai perangkat lunak untuk mengenal langit sekaligus mengenal perbedaan budaya antar negara yang terpancar di langit. Tidak hanya itu, disini publik diajak untuk membuat rencana pngamatan sederhana dengan menggunakan stellarium.

Pelatihan Salsa J dan Spectr J untuk memproses citra

Setelah melakukan pengamatan, gambar yang diambil bisa diproses menggunakan perangkat lunak yang dikembangkan oleh HOU Eropa. Kelebihannya selain merupakan open source juga sangat sederhana untuk diaplikasikan dalam memproses citra yang diambil saat pengamatan maupun citra yang bisa diunduh dari sumber yang ada di ineternet. Selain itu lokakarya ini mengajak kita untuk belajar memproses spektrum yang diambil saat pengamatan.

Lokakarya HOU ini diikuti oleh sekitar 40 peserta dari berbagai negara dan benua. Sangat menarik unuk turut berbagi pengalaman dengan rekan-rekan yang sudah senior dan berpengalaman dalam hal edukasi astronomi selama bertahun-tahun. Peserta lokakarya lebih banyak diisi oleh edukator yang berlatar belakang tidak hanya di bidang astronomi namun juga fisika, kimia dan IT.

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.