Duet Venus dan Jupiter 1 Februari Dini Hari

Apa yang Anda lakukan saat Matahari belum terbit? Masih di ranjangkah? Atau tengah bersiap-siap untuk memulai kegiatan hari itu? Tanggal 1 Februari, mulai pukul 3.40 WIB, di ufuk timur akan tampak Venus, si bintang fajar dan Jupiter, yang terbit bersama-sama.

Venus dan Jupiter terlihat sangat dekat tanggal 1 Februari dini hari. Keduanya terbit jam 03.40 wibb, dan akan jadi perpaduan indah dengan lembayung terbitnya matahari di pagi hari.

Hingga matahari terbit, Anda masih berkesempatan untuk menikmati keindahan sepasang planet yang sedang terlihat bersama-sama di kepala Sagitarius pada medan pandang yang sama, dengan binokuler atau teleskopAnda. Bahkan, jika tidak memiliki teleskop, duet maut kedua planet ini masih akan dapat tertangkap oleh mata Anda. Venus dan Jupiter akan terlihat dekat dengan rasi Sagitarius.

Perpaduan Venus dan Jupiter di rasi Sagitarius yang sedang memanah Scorpio. Di rasi Scorpio tampak Bulan dan Antares juga bersinar terang.

Tapi, Venus dan Jupiter bukan satu-satunya pasangan yang terlihat bersinar sebelum Matahari terbit. Sedikit lebih jauh, akan terlihat Bulan dan Antares di rasi Scorpius yang juga indah untuk dinikmati. Keduanya akan berada terpisah, namun kecerlangan si raksasa merah dan Bulan masih akan dapat ditangkap oleh mata. Antares merupakan bintang paling terang yang ada di rasi Scorpio. Pagi itu, akan terlihat duet dua planet di dekat kepala Sagitarius yang memanah Bulan dan juga Antares di rasi kalajengking tersebut.

Nah, sekarang di mana kita dapat mencari objek-objek tersebut? Arahkan pandangan Anda ke garis ekliptika, sebuah garis imajiner yang menjadi garis lintasan Matahari, Bulan dan planet di langit. Fenomena dekatnya Jupiter dan Venus tidak hanya terjadi pada tanggal 1 Februari 2008. Dalam beberapa hari ini, setiap pagi, kita juga bisa melihat keduanya berada dalam posisi berdekatan. Namun, kalau dirunut mulai pagi ini (30 Januari 2008) sampai dengan tanggal 1 Feb, Jupiter akan tampak perlahan-lahan merayap naik dan melintasi Venus.

Pada tanggal 1 dan 2 Feb, keduanya akan tampak berada sangat dekat, bahkan seakan membentuk noktah besar. Pada tanggal 3 Februari, Jupiter terlihat meninggalkan Venus sedangkan Bulan akan terlihat membentuk satu garis lurus dengan kedua planet. Dan di tanggal 4 Februari 2008 dini hari, Venus, Jupiter dan Bulan akan terlihat membentuk segitiga di angkasa.

Venus, Jupiter dan Bulan yang tampak membentuk garis lurus pada tanggal 2 dini hari.
Venus, Jupiter dan Bulan yang tampak membentuk segitiga pada tanggal 4 Februari dini hari. kredit gambar : Stellarium

Jangan sampai ketinggalan untuk mengabadikan moment tersebut. Sediakan kamera Anda, dan selamat menikmati indahnya langit di pagi hari.

Untuk melihat pergerakan dan posisi kedua planet, bisa dilihat di www.langitselatan.com/skymap/. Namun untuk itu browser Anda harus mendukung java.

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

4 thoughts on “Duet Venus dan Jupiter 1 Februari Dini Hari

  1. Subhanallah, Allahu Akbar, Maha Besar Allah yang telah menciptakan Langit dan Bumi dengan segala keindahannya.

  2. indah banget loh………………………………..
    …………………………………
    ……………………….
    ………………..
    …………..
    …….

    ..
    .

  3. askum.saya mau kasih saran,,,kapan kapan buat ringkasan tentang duet venus dan yupiter dengan jelas ato to the pointnya ja,,,,Cz saya agak rumit…..makasih

Tulis komentar dan diskusi...