Misteri Candi Borobudur (teaser)

Ada dugaan bahwa ketika borobudur dibangun, masih terlihat polaris dari daerah itu. Polaris kini dikenal sebagai bintang utara karena bintang ini adalah bintang paling terang pada rasi ursa minor dan paling dekat dengan kutub utara.

Borobudur pernah dilupakan karena dahulu kala ketika pertama kali ditemukan oleh Belanda, candi ini tertutup oleh semak belukar. Area tersebut memang sempat ditinggalkan oleh warga setempat diduga karena bencana alam.

Ditulis oleh

D. Dewantara

Alumni astronomi ITB, dengan topik kajian tugas akhirnya tentang hasil dari tabrakan asteroid ke Bumi, besar gempa dan tsunami. Mengkaji hubungan empiris ukuran asteroid tersebut dengan besar tsunami dan gempa.

69 thoughts on “Misteri Candi Borobudur (teaser)

  1. Borobudur memang pernah dilupakan oleh Masyarakat Jawa. Hal itu dilakukan oleh para wali songo untuk membuat keislaman penduduk jawa lebih kental lagi dengan mengubur Borobudur berarti menghilangkan simbol kejawen pada penduduk jawa.

    1. Borobudur tidak sepenuhnya terkubur saat ditemukan Raffles. Waktu itu Borobudur masih berwujud tumpukan batuan, namun di sela-selanya tumbuh pohon besar. Yang terkubur hanyalah dasarnya, sebagai akibat dari aktivitas Merapi yang meningkat antara awal abad ke – hingg Masehi. Silahkan merujuk kepada paper Bu Andreastuti dkk di Jurnal Geologi Indonesia, mengenai pola aktivitas Merapi saat itu.

      So, Wali Songo tidak ada urusannya dengan Borobudur. Apalagi jejak sejarah Wali Songo tidak pernah bersinggungan dengan kawasan Lembah Kedu dan sekitarnya, tempat Borobudur berada.

      1. Borobudur terletak di MAGELANG – Propinsi Jawa Tengah, Letak candi ini diatas perbukitan yang terletak di Desa Borobudur, Mungkid, Magelang atau 42 km sebelah laut kota Yogyakarta. Dikelilingi bukit Menoreh yang membujur dari arah Timur ke Barat. Sementara disebelah Timur terdapat Gunung Merapi dan Merbabu, sebelah Barat ada Gunung Sindoro dan Sumbing.

        http://wikimapia.org/#lat=-7.6079143&lon=110.2037662&z=18&l=0&m=b

        Yogjakarta masuk wilayah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

  2. Borobudur letaknya ada di magelang, bukan di jogjakarta.
    memang waktu zamannya islamisasi ada banyak candi Hindu dan Budha yang dengan sengaja memang dikubur, supaya tidak ada jejak kalau di Indonesia pernah ada agama Hindu dan Budha, tapi itu jaman dulu.
    astrokecil yang ingin tau segala hal tentang astronomi, kalau bisa sih mbok ada soal-soal astronomi untuk anak smp.
    goodluck

    1. Candi yang terkubur rata-rata berada di sekitar lereng timur dan barat daya Gunung Merapi, sebut saja seperti Candi Sambisari, Candi Kedulan, Candi Sojiwan dan satu candi baru yang ditemukan di UII itu. Pola-pola pengendapan pada semua candi itu menunjukkan mereka terkubur bukan akibat perbuatan manusia, – apalagi karena Islamisasi – melainkan akibat banjir lahar dingin yang berulang-ulang dari Gunung Merapi

  3. maaf astro kecil again kita ga akan memuat soal2 astronomi disini. Karena situs ini bertujuan untuk memberi pengenalan konsep dasar dan informasi astronomi. Dan situs ini juga untuk populerisasi astronomi bukan untuk pelatihan.

  4. borobudur emang pantas dijadikan sebagai salah satu keajaiban dunia….karna penuh dengan misterius dan daya magig

    1. kita jangan lupa tentang nama nya CANDI BOROBUDUR
      sering sekali kita mendengar nya..
      tak lupa juga dengan pemandangan yang sangat menarik hati

  5. Gimana kalo ternyata ada banyak kesamaan antara Borobudur dengan Matematika Islam sehingga perlu dipertanyakan : Apakah kesamaan itu kebetulan saja atau memang sengaja dibuat oleh Sang Maestro Borobudur ?

    (Mohon tanggapan, krn kita memang sedang survei lanjutan mendalami hal ini)

    1. Tanggal 7-9 Maret 2009 kemarin kami dari DLA (Dzikrul Lil ‘Aalamii), telah mengadakan perjalanan ke Borobudur dan sekitarnya, dan kami menemukan beberapa fenomena sebagaimana yang disebutkan oleh Al Qur’an.
      Apakah sebenarnya Borobudur adalah “Baitul Maqdis” yang dibangun Nabi Sulaiman a.s?
      Apakah ada hubungannya antara kota Sleman dengan Sulaiman?
      Istana Ratu Boko (sktr 36 Km tenggara Borobudur) adalah bekas Istana Ratu Saba? Luasnya sekitar 25 Ha (sangat luas sekali bukan?) Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh burung Hud-hud dalam Q.S. An Naml, bahwa dia menemukan kerajaan yang dipimpin oleh seorang wanita dan menyebut istananya dengan kalimat “Arsyun Azhiim” (Istana yang sangat besar/luas)?
      Dari beberapa sumber Borobudur dibangun oleh dinasti Syailendra. Dari buku yang dikarang oleh Daoed Joesoef (mantan Mendiknas), bahwa Syailendra berasal dari kata “Saila Indra yang artinya Raja Gunung.
      Satu-satunya Nbai yang bisa menaklukan gunung adalah Nabi Daud a.s (ayah Nabi Sulaiman a.s)
      Wallaahu a’lam

      Wassalam
      Bandung, 2 April 2009
      Asep Tutuy T – Arcamanik Bandung

      1. ah masa sih?
        tapi unik juga pemikiran lu…coba di sangkut” lagi…biar lebih jelas logikanya.
        cari fakta” lagi dan coba disajikan yah…

      2. Udah gitu aku pernah dengar katanya pembuatan Borrobudur dibantu oleh Jin . Mungkin saja Borobudur itu peninggalan Nabi Sulaiman a.s. coba perhatikan firman Allah swt :
        โ€œPara jin membuat untuk Nabi Sulaiman apa yang dikehendaknya dari bangunan yang tinggi dan patung-patung dan piring-piring yang besarnya seperti kolam dan periuk yang tetap berada di atas tungku.โ€ (Sabaโ€™: 13)

        Wallahu’allam

  6. Sepertinya memang ada kaitannya antara Borobudur dengan Matematika Islam. Saya sendiri sangat tertarik dengan fenomena ini (saat ini pun sedang mencari sumber-sumbernya). Banyak pertanyaan yang selalu hinggap dalam benak saya, diantaranya : siapa sebenarnya yang membangun Borobudur (saya pernah tanya ke temen, guru sejarah, jawabannya hanya perkiraan saja, yaitu dinasti Syailendra???), trus dari mana asal batu – batunya? Beberapa hal tentang borobudur memang ada di Al Qur’an (khususnya Matematika Al Qur’an), Saya pernah diskusi dengan salah satu pakar Matematika Islam (Ust Fahmi Basya), beliau sendiri telah melakukan beberapa penelitian berkaitan dengan masalah Borobudur dan korelasinya dengan Matematika Islam

  7. Borobudur ditemukan lagi sama J.W. Izerman bukan raffless. Bukan dikubur sengaja, tapi terkubur oleh bencana letusan gunung sekitar borobudur.

  8. borobudur memang tempat sejarah dan perlu untuk dikunjungi, tapi bagaimana dengan harga tiket masuk yang muahal sekali. sekali masuk RP 12.500,-/ORANG lalu anak2 Rp 7.500,-/anak belum lagi dikenakan biaya untuk kamera dan handycam. kenapa harga tiket masuk kesana mahal? bukankah borobudur bisa dijadikan objek wisata rakyat. apa karena anyak turis yang berkunjung kesana sehingga harga tiketnya jadi selangit. kenapa kita sebagai warga indonesia malah tidak bisa menikmati tempat wisatanya sendiri.
    saya samapi ingung mana saya bawa rombongan keluarga perkiraan saya masuk kesana paling Rp 5.000/orang. pas ngeliat di loket walah mahal sekali, akhirnya tengsin juga minta patungan bayar sama saudara2 dech…. dan hawanya busyet puuuuuaaanas sekali.

    1. tanggal 23 september 2009 aq n keluarga besar maen k candi borobudur,.. gilee bener harga tiket sekarang dewasa 22.500 n anak d bwh 6 thn 10.000… n pengunjung pun membludak,.. wah,.. bener2 terjajah d negeri sendiri qta ya,. harusnya tiket masuk untuk lokal dan turis d bedain dunks,…

  9. Bwt turis asing ga soal,tp bwt turis domestik berat y..aq se7 tuh. Jarene cintailah produk dlm negeri, gmn pak pejabat…

  10. ehm…..apa benar klo benda yg lewat di atas borobudur tu pasti jatuh???
    trus, antena yg ada di pucuk kubah borobudur tu fungsix apa???

    klo dliat2, koq antenax persis kyak candi di film Indiana Jones terbaru y….
    huh….
    indonesia ini emang terberkahi, tpi syang bnyak yg terbengkalai…. nasib2…..

    pliz reply….thx…

  11. pokoknya seneng deh pernah kunjungi jandi borobudur
    tapi sayng waktu aku kunjung ke borobudur itu rada2 ngantuk coz perjalanan malam sangat melelahkan

    eh mo nanya nih apa benar klo kita bisa megang telpak tangan patung yang ada dalam stupa itu baal dapet rejeki banyak??

    haloooooooooooooooooooooooo
    aku sih cuma denger2 kaya gitu.

  12. aku asli org borobudur tiap hari liat tu candi tp malah gk ngerti sejarahnya,, yg aku tau cm tu candi di bangun oleh simbahku raja samaratungga raja dari kerajaan dinasti syalendra, klo gk salah pada abad ke-8, benernya gk ngerti siih soalnya aku jg belom lahir, makanya yg gak tau asal muasalnya sapa yg buat, kapan buatnya jgn sok tau deh, jgn sok pinter drpd ntar kualat,,,,

  13. dari dulu penasaran
    gimana ya cara ngebangun candi segede borobudur pada zaman itu?
    ada campur tangan alienkah? ๐Ÿ˜€

    1. Mungkin aja dibawah Borobudur ada UFO nya……………… Kayak di FIlm …… (apa ya, ??? aku lupa )

  14. emang candi Borobudur ini begitu menabjubkan & banyak misterinya X ya……….tu merupakan peradaban yang mesti kita jaga biar umur candi tersebut panjang supaya dapat di saksikan oleh anak cucu kita nanti………………so bwt Petinggi2 Negara & Pemerintah daerah mari kita jaga keindahan bangunan & panorama alamnya yang begitu indah….. beruntung banget tuh candi ada di Indonesia…….

  15. Nenek moyang bangsa Indonesia adalah orang-orang hebat. Di benak saya penuh pertanyaaan bagaimana membuat begitu banyak panel gambar (relief) tentang kehidupan sang Budda Gautama, siapa yang mengkoordinir (apakah semacam diklat pembuatan relief?) karena bentuk -bentuk orang-orang pada candi sangat stereotip. Orang-orang jaman sekarang mungkin perlu meniru semangat kerjasama dan koordinasi mereka, supaya bangsa kita tidak carut marut, tercerai berai. Masa ngurusi sistem pemilu saja dari penyelenggara dan pesertanya kacau balau, boros lagi.

    1. Ga perlu pakai diklat kali, orang jaman dulu itu lebih pinter and berhati mulia, makanya di karuniai skill yang tak pernah kita bayangkan…hehehehe

  16. candi borobudur gak ada kaitannya lah sama hal2 berbau islam kyk yg dipaparin di atas.
    jelas2 candi borobudur itu candi buddha. tentang nama2 lain yang mirip, itu sih cuma kebetulan aja. tapi kalo gk prcaya n siap susah2 utk hasil yg sia2 ya silakan riset saja.hehee…
    emang payah dinas pariwisata di jogjakarta…gak becus dan kesannya gak serius menangani masalah pariwisata. kesannya kerja seadanya. obyek2 pariwisata tidak tergarap dengan baik. candi borobudur panas gak ada pohon2, tarif masuk mahal, wah cape deh. liat aja contoh lainnya. pantai parangtritis juga sampe dikasih tiket masuk. padahal ya isinya mah gitu2 doang, gak tergarap dengan baik. cuma di jawa yang pantai2nya dikasih tarif masuk. ckckck….. bandingin sama bali yang gak banyak cingcong,keluar masuk pantai seenak udel pun terserah,,tapi pantainya bener2 jadi obyek wisata yg menarik. tergarap dengan baik. aduh kapan mau maju dunia pariwisata kita??sebenarnya potensi kita kalo sungguh2 diperhatikan bisa menarik turis dari planet lain kalo mau (agak lebay sih,he2). tapi kenyataannya ya msh gini2 aja. SDM nya masih memprihatinkan. masak sama singapura yang luasnya gak sampe seperjuta indonesia aja bisa wah gitu promosi wisatanya?malu dong.

  17. wuelehhhhh………………………………….
    setuju………………………………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  18. pertama kali aq injakkan kaki ke Jogga,,,yg ada dlm fikiranku adalah aq pengen buanget lihat aslinya Borobudur,,selama ini yg aq lihat cm gambar yg ada dlm buku IPS SD ku dulu,,,,,saat aq sampai di pekarangan Borobudur,,,betapa ramainya saat itu krn bertepatan dengan hari minggu,,,,,aq sampai berdecak kagum,,,ku naiki tangga satu persatu,,,lalu aq pun mengelilingi semua tingkatan,,,,relief yg ada di dinding Borobudur aq lihat dan aq pegang trnyata betapa pinternya nenek moyang kita dulu,,,,susunan batu yg tanpa perekat tp bisa berdiri kokoh gagah perkasa,,,,,,di zaman skrg coba aj kita tumpuk batu bata sampai 10 tumpukan aj tanpa perekat dah roboh,,,,,,

  19. sy mo nanyak kenapa borobudur di hapus dari daftar keajaiban dunia, eman bos bikinnya aja susah!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  20. borobudur mesti kita jaga, itu kekayaan kita, jati diri kita. kalau dulu kita pernah mampu mbuat yang super kaya gitu kenapa sekarang kita gak bisa?

  21. borobudur ada di magelang kata guru sejarah sih didirikan oleh kerajan sayleindra pada abad ke 9 tapi apapun prokontra tentang borobudur tetep borobudur harus dilindungi, BRAVO dinas pariwisata jateng good luck

  22. dalam ajaran budha tidak ada sorga dan neraka, adanya reikarnasi.
    dalam relief borobudur jelas sekali menerangkan perjalanan hidup setelah mati, yaitu sorga dan neraka.
    letak candi ini diselam:sulaiman, arah wonosobo:ratu saba’ , hanya Allah yang tahu….
    namun guru saya perah bertkata:” borobudur ini yang membangun seorang nabi…..”
    tentu, Nabi dijamannya..
    ๐Ÿ™‚

  23. 1. borobudur juga islam, hanya saja paradigma ttg islam itu sendiri yang harus di ubah.
    2. apakah ada keterkaitan sejarah abraham dgn borobudur?

  24. bagaiman jika seandainya borobudur ini bukan lah hasil karya manusia.. jika dilihat dari base atau pondasinya yang persis sama panjang sama lebar.. kan pada masa itu orang2 blum kenal tekhnologi secanggih itu.. masuk akal g????

  25. borrrrrrrrrrrooooooooooooobudur…. orrrrrra umum…………………… lebaran ini berunjung ama mylove ahhhhhhhhhh

  26. ..pdo ngmg opo to cah2..
    ..2009 emang anech2 coy..
    ..qw sek omae sleman wee bysa wawe og…
    ..phi bguz sich…
    ..bsog lok bsa ttg ufo..
    ,,cz qw pnzran BANGEEEEEEET..
    ..okeee…
    ..thank’z..

  27. BOROBUDUR adalah peninggalan nenek moyang kita, yg harus kita lestarikan sebagai tanda kita mencitai sejarah bangsa sendiri.oleh sebab itu pengenalan sejarah terhadap anak cucu kita harus kita budayakan.

  28. kita lahir dan hidup pada jaman sekarang! Yang gak tahu tentang bagaimana membagun borobudur dan siapa yang membuat dan untuk apa di buat! sejarah mungkin berbeda kalau yang membuat manusia karena memang cara pandang dan cara berfikir manusia terbatas dan berbeda dengan orang lain. Tapi kalau yang mencatat sejarah adalah Alloh Tuhan semesta alamapakah kit masih mempertanyakan???? tapi memang tidak semua sejarah yang tertulis dalam kitab ALQURAN langsung bisa kita kita ambil mentah2. oleh karena itu Alloh menganugerahkan pada kita akal pikiran yang sempurna di banding makhluk-makhluk lain agar kita mau BERFIKIR !!!
    tunjukan kebenaran itu! OKEY!!!!!

  29. karena pada masa itu teknologinya sudah maju, dan berilmu…ada wadah atau institusi yg melatar belakangi dibangunnya bangunan tersebut

Tulis komentar dan diskusi...