fbpx
langitselatan
Beranda » Rahasia Dunia Alien

Rahasia Dunia Alien

Pada bulan Januari 2005, satelit Huygens menembus langit berkabut Titan, satelit terbesar Saturnus. Satelit Huygens menjadi wahana antariksa pertama dan satu-satunya yang mendarat di alam yang sangat jauh dari Bumi — hal yang tidak mengejutkan, mengingat Huygens membutuhkan waktu 7 tahun untuk bisa sampai di sana!

Penjejak Huygens saat mendarat di permukaan Titan 14 Januari 2005. Kredit : ESA

Titan merupakan salah satu tempat di Tata Surya yang paling mirip dengan Bumi. Seperti Bumi, Titan mempunyai atmosfer, tetapi lebih tebal dan lebih tinggi daripada atmosfer kita. Atmosfer tebal ini melingkupi permukaan Titan seperti selimut kabut berwarna oranye, menyembunyikan rahasia-rahasianya dari mata kita. Misi Huygens adalah menguak rahasia-rahasia ini dan dia berhasil! Huygens menyuguhkan ratusan foto bentangan alam Titan yang tidak biasa kita lihat!

Kini, hampir 8 tahun lamanya sejak saat itu, para ilmuwan masih meneliti dunia alien ini dengan memanfaatkan informasi dari Huygens sebagai pengganti mata mereka. Butuh waktu 10 detik yang bikin deg-degan sejak tumbukan pertama hingga Huygens melambung, meluncur, dan terguncang hingga akhirnya berhenti sempurna. Para ilmuwan dari Badan Antariksa Eropa (ESA) telah menciptakan simulasi komputer bagaimana pendaratan Huygens ini.

Detik-detik setelah tumbukan ini telah menyingkap rahasia permukaan Titan. Pergerakan Huygens ketika mendarat menunjukkan bahwa terdapat lapisan tipis es di tempat pendaratan. Di bawahnya, tanahnya mirip sekali dengan pasir basah yang kita jumpai di pantai.

Fakta menarik: Titan merupakan bulan terbesar kedua di Tata Surya, lebih besar dari Bulan kita, bahkan lebih besar dari planet Merkuriuus.

Sumber: Universe Awareness Space Scoop

Baca juga:  Laporan Cuaca dari Seluruh Penjuru Galaksi
Avatar photo

Ratna Satyaningsih

menyelesaikan pendidikan sarjana dan magister astronomi di Departemen Astronomi Institut Teknologi Bandung. Ia bergabung dengan sub Kelompok Keahlian Tata Surya dan menekuni bidang extrasolar planet khususnya mengenai habitable zone (zona layak-huni). Ia juga menaruh minat pada observasi transiting extrasolar planet.

2 komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini

  • Maaf sebelumnya..kok ga sesuai sama judulnya yah…kalo memang di titan ada disebut dunia alien, kok dijelaskannya minim sekali disini..Dari thn 2005 harusnya sudah banyak informasi yg didapat dari wahana huygens yg sudah mendarat hampir 7 thn tsb… apalagi dong misteri2 yg terungkap di titan,,,penasaran nihh…apalagi jika ada suatu bentuk kehidupan alien disana, wahh akan sangat menarik sekali untuk dibahas…

    • wah anda rupanya salah persepsi, dimana dibutuhkann “waktu 7 tahun” untuk tiba disana, maksudnya perjalannya aja yg 7 tahun itu dari tahun 2005… baru nyampek tadi sore gitu pak. Dan wahana huygens tersebut tentu saja butuh waktu untuk melakukan misinya di permukaan titan, untuk kemudian datanya dikirim ke bumi & dipelajari oleh para ilmuwan …. yah terang aja informasinya masih dikit, lha wong masing “digoreng” tuh ama ilmuwan ESA, tunggu aja ntar mateng koq.