fbpx
langitselatan
Beranda » Riset Hilal Himastron ITB

Riset Hilal Himastron ITB

Teman-teman dari Himpunan Mahasiswa Astronomi (Himastron) ITB, pada tanggal 1 Oktober 2007 memperkenalkan situs yang berisi kegiatan Himastron dalam riset mengenai hilal.

bulan

Situs ini berisi kegiatan mahasiswa yang melakukan riset hilal, dan dilakukan dalam upaya memperkenalkan, menginformasikan apa itu hilal serta memberikan edukasi dari perspektif astronomi, bagi masyarakat umum.

Riset ini pada awalnya merupakan keterlibatan Himastron dalam lomba ilmiah yang didanai dari Tanato Foundation, dan dalam kesempatan ini Himastron merebut posisi ketiga. Setelah lomba berakhir, keinginan untuk memperkenalkan hilal masih terus mendorong supaya riset ini tetap berlangsung dan berkembang. Sehingga pada akhirnya mendorong diluncurkannya situs ini.

Situs ini mungkin bermaksud untuk melangkahi institusi-institusi yang telah mapan dalam penentuan hilal, apalagi penentuan awal Puasa dan Idul Fitri, tetapi paling tidak, memberikan informasi dan edukasi bagi masyarakat, tetapi jika riset berlangsung secara berkelanjutan dan konsisten, bukan tidak mungkin memberikan rekomendasi ilmiah bagi penentuan waktu-waktu tersebut. Selamat datang teman-teman dari riset-hilal.

Alamat situs riset hilal dapat dilihat pada http://www.risethilal.com.

Baca juga:  LEAP: Ketika Hilal Terhisab
Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

1 komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini

  • Dengan hormat,

    Numpang tanya, tanggal 1 Dzulqaidah, nanti jatuhnya hari & tanggal brp Masehi?
    Pastinya seluruh Indonesia kompak, begitu juga untuk tanggal² berikut:
    1 Muharram
    1 Safar
    1 Rabiul Awal
    1 Rabiul Akhir
    1 Jumadil Awal
    1 Jumadil Akhir
    1 Rajab
    1 Sya’ban
    1 Dzulqaidah

    Tanya knafa? kok bisa akur tanggal 1 nya? Matematika ne piye?

    Sedangkan untuk tanggal² berikut harus beda – karena perbedaan itu Rahmat – 1 Ramadhan, 1 Syawal, 1 Dzulhijjah

    Orang bule dah nyampe ke Bulan, kita ngintip bulan aja suka ribut, apa kata dunia?

    Terima kasih,

    Hormat saya,

    Budhi Prasetyo