Beranda » Siklus Kehidupan Bintang di Alam Semesta

Siklus Kehidupan Bintang di Alam Semesta

Jika kita lihat dari Bumi, pekerjaan bintang itu sepertinya hanya bersinar dengan stabil. Tapi, apakah demikian? Bintang juga punya siklus hidup seperti manusia.

Siklus kehidupan bintang dengan massa berbeda. Kredit: ESA

Bintang, termasuk Matahari, merupakan bola gas berpijar yang memancarkan cahaya dan meradiasikan panas. Tapi, bintang bukannya tidak berubah. Bintang juga berubah. Hanya saja, skala waktu perubahannya jauh lebih panjang dari skala waktu kehidupan manusia.

Singkatnya, bintang juga memulai kehidupannya dengan kelahiran atau pembentukan bintang dan kemudian berevolusi menjadi bintang muda, menua, dan akhirnya mati. Dengan kata lain, bintang itu tidak abadi.

Bintang lahir atau terbentuk dalam awan gas dan debu yang ada di materi antarbintang. Jadi, sebuah galaksi tidak hanya terdiri dari bintang. Di antara bintang-bintang itu ada awan gas dan debu yang ukurannya luar biasa besar, bahkan massanya bisa ratusan sampai ribuan kali lebih besar dari Matahari.

Ketika awan gas dan debu yang kita kenal sebagai awan molekular ini mengalami gangguan atau turbulensi, awan pun runtuh dan menarik materi (gas dan debu) ke arah pusat. Semakin banyak materi yang ditarik, maka pusat keruntuhan akan semakin padat, dan tentu saja gravitasinya semakin besar. Bukan itu saja. Suhu di pusat juga semakin meningkat. Pusat yang panas dan padat inilah yang kita kenal sebagai protobintang atau cikal bakal bintang.

Keruntuhan gravitasi masih terus terjadi. Lagi-lagi, semakin banyak materi yang ditarik maka protobintang semakin padat dan panas. Proses ini terus terjadi sampai ketika protobintang punya cukup energi untuk memulai reaksi fusi nuklir atau pembakaran untuk mengubah hidrogen di dalam bintang menjadi helium. Proses pembakaran di dalam bintang inilah yang jadi sumber energi bintang dan membuat bintang memancarkan cahayanya.

Dan bintang baru pun lahir!

Saat bintang sudah terbentuk, tidak ada lagi keruntuhan karena energi yang dilepaskan di pusat menghasilkan tekanan radiasi dari dalam bintang untuk menahan keruntuhan gravitasi yang menarik massa ke pusat. Akibatnya, pada satu titik, tekanan dari dalam dan gravitasi yang berupaya menarik massa ke pusat akan saling menetralkan sehingga terjadi kesetimbangan yang dikenal sebagai kesetimbangan hidrostatik.

Proses pembentukan bintang tidak terjadi dalam sekejap. Butuh waktu jutaan bahkan miliaran tahun sampai bintang terbentuk. Contohnya, Matahari butuh 50 juta tahun sejak keruntuhan awan sampai membentuk bintang. Itu pun tidak semua gas dan debu di awan membentuk bintang. Masih ada sisa gas dan debu yang membentuk piringan materi di sekeliling bintang. Nah, piringan gas dan debu inilah yang jadi bahan dasar kelahiran planet!

Sementara itu, reaksi pembakaran hidrogen menjadi helium terus berlangsung di dalam bintang. Proses ini juga tidak memakan waktu sebentar.