Beranda » Planet Tatooine di Bintang Ganda Gerhana

Planet Tatooine di Bintang Ganda Gerhana

Para astronom menemukan planet Tatooine seperti pada Star Wars sedang mengitari bintang ganda gerhana. Bedanya planet ini tidak laik huni.

Ilustrasi planet Jupiter panas yang mengitari bintang ganda gerhana. Kredit: Pamela Gay/PSI

TIC 172900988b. Sesuai namanya, exoplanet ini mengitari bintang TIC 172900988 yang jadi target pengamatan Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) milik NASA. Dan sesuai nama satelit yang menemukannya, exoplanet TIC 172900988b ditemukan lewat peristiwa transit saat planet melintas di depan bintang.

TIC 172900988b tidak hanya transit pada satu bintang melainkan dua bintang pada sistem bintang ganda TIC 172900988.

Bintang Ganda Gerhana

Pasangan TIC 172900988 A dan B merupakan bintang ganda gerhana. Pada bintang ganda gerhana, jarak kedua bintang sangat dekat sehingga saat keduanya bergerak mengitari satu sama lainnya, pengamat bisa melihat peristiwa gerhana. Jadi, saat bintang A dan B saling mengorbit, bintang A akan menutupi cahaya bintang B dan sebaliknya. Mirip saat Bulan yang melintas di depan matahari dan menutupi piringan Sang Surya sehingga terjadi Gerhana Matahari.

Pada pasangan bintang ganda gerhana, pengamat bisa menyaksikan dua peristiwa gerhana dalam waktu yang sangat dekat. Ketika bintang A dan B pada bintang ganda gerhana saling mengorbit, awalnya bintang A menggerhanai bintang B dan setengah orbit kemudian giliran bintang B yang menggerhanai bintang A.

Pasangan bintang TIC 172900988 yang berada pada jarak 800 tahun cahaya di rasi Cancer tampak dalam pengamatan TESS dari 21 Januari sampai 18 Februari 2020.

TESS berhasil mengamati dua gerhana dengan peredupan 35% dengan periode orbit 19,7 hari. Periode yang pendek menandai jarak antar kedua bintang memang dekat. Dan memang demikian. Kedua bintang hanya berjarak 30 juta km atau setengah jarak Merkurius ke Matahari!

Dari durasi gerhana, para astronom bisa menentukan massa dan ukuran kedua bintang yakni bintang A 1,24 massa Matahari dan ukurannya 1,38 diameter Matahari. Sementara itu, bintang B massanya 1,2 massa Matahari dan ukuran sedikit lebih kecil yakni 1,31 diameter Matahari. Keduanya seperti bintang kembar tidak identik. Pasangan ini terbentuk bersama dan bertumbuh dengan laju pertumbuhan yang juga sama. Keduanya kemudian saling mengitari dalam orbit yang lonjong.

Planet Sirkumbinari

Konfigurasi exoplanet pada sistem bintang ganda agar planet tetap stabil. Tipe P atau planet sirkumbinari adalah planet yang mengitari kedua bintang. Sedangkan pada tipe S, planet mengitari salah satu bintang. Kredit: Philip D. Hall / Wikimedia

TESS tidak hanya menangkap dua gerhana saat bintang TIC 172900988 saling menggerhanai. Ada peredupan a.k.a gerhana lain yang berhasil diamati TESS. Akan tetapi, cahaya yang dihalangi hanya sekitar 0,3%. Nah, peredupan yang sangat kecil ini menandai bahwa ada objek lain yang sedang mengitari si bintang. Tentu saja objek ini adalah planet yang sedang mengitari bintang tersebut.

Tapi, lagi-lagi peristiwa peredupan lain. TESS berhasil menangkap dua peredupan kecil yang terjadi pada dua bintang. Itu artinya si planet yang ada di sistem ini tidak hanya mengitari salah satu bintang melainkan dua bintang!

Exoplanet pada sistem bintang ganda memang selalu menarik. Lingkungan bintang berpasangan memang bukan lingkungan yang sangat aman bagi tumbuh kembangnya exoplanet. Tapi bukan tidak mungkin. Sampai saat ini sudah ada beberapa planet yang mengitari bintang ganda. Baik yang mengitari salah satu bintangnya, maupun yang mengitari kedua bintang sekaligus.