Pembuatan Alat Pengamat Transit Venus: Kekeran VenusLS

Untuk melakukan pengamatan diperlukan alat yang aman untuk melihat Matahari. Dan alat untuk melakukan pengamatan itu dapat dibuat sendiri dengan alat yang ada di sekitar kita dengan metode Pinhole Projection atau Proyeksi Lubang Jarum. Di antaranya adalah hasil modifikasi langitselatan yang diberi nama Kekeran VenusLS atau tabung pengintip Venus yang dapat dibuat sendiri.

Peralatan yang digunakan untuk membuat Venuskoker antara lain cutter, penggaris, alat tulis, jarum, dan jangka. Adapun perekat yang digunakan antara lain double tape ukuran sedang (lebar 2,4 cm), isolasi bening, dan lakban.

Berbagai tipe kamera lubang jarum (pinhole) buatan tim langitselatan

Bahan-bahan

  • Impraboard warna hitam
  • Kertas gambar putih

Cara Membuat

  1. Potong impraboard dengan ukuran 45 cm x 50 cm. Buat potongan sebanyak 4 buah. Pilih sisi yang memiliki ukuran 50 cm mengikuti alur impraboard.
  2. Pada sisi ukuran 45 cm, bagi menjadi 3 bagian dengan panjang masing-masing sebesar 15 cm. Potong satu sisi impraboard dengan menggunakan cutter pada jarak 15 cm tersebut. Ingat: Pemotongan dilakukan hanya pada satu sisi impraboard. Tujuan pemotongan adalah untuk memudahkan impraboard dilipat sehingga didapatkan bentuk prisma segitiga.
  3. Impraboard yang telah dipotong pada satu sisi mudah untuk dilipat. Penempelan sehingga membentuk prisma dapat dilakukan dengan isolasi atau lakban.
  4. Buat lubang pengintip dengan ukuran 4,5 cm x 6 cm. Buat juga lubang yang lebih besar namun pada bagian atas hanya dipotong 1 sisi sehingga bisa dilipat. Model kekeran venusLS merupakan gabungan dari pinhole prisma dan venus koker. Selain memiliki lubang pengintip yang lubangnya bisa diperbesar (dengan cara melipat ke atas), pinhole jenis ini dilengkapi juga dengan “tabung” pengintip ala Venus koker, hanya saja berbentuk kotak.
  5. Buat segitiga yang menjadi alas dan tutup prisma sebanyak 2 buah. Sama seperti venus koker, satu sisi digunakan sebagai alas yang telah ditempel kertas putih sebelum dipasang, sedangkan sisi yang lain sebagai tutup prisma yang bagian tengahnya dilubangi dan diberi aluminium foil. Bagian tengah aluminium foil ini kemudian dilubangi dengan jarum.
  6. Buat kotak pengintip dengan panjang sisi 4 cm dan tinggi 30 cm. Cara menggunakannya sama dengan venus koker.
  7. Susun semua prisma dengan bagian prisma yang berisi kertas putih terletak dibagian bawah sedangkan prisma yang berisi aluminium foil terletak di bagian paling atas. Kekeran venusLS siap digunakan. Kekeran ini juga memiliki ketinggian 2 meter.

 

Ditulis oleh

Aldino Adry Baskoro

Aldino Adry Baskoro

alumnus astronomi ITB yang saat ini berprofesi sebagai pendidik di sekolahalam Minangkabau dan penulis di langitselatan.