Beranda » Pemutaran Film The Mars Generation untuk Perayaan IAU100

Pemutaran Film The Mars Generation untuk Perayaan IAU100

Pada bulan januari lalu, UKK Cakrawala HMF FPMIPA UPI yang merupakan organisasi astronomi kemahasiswaan UPI ikut ambil bagian dalam 100 Jam Astronomi untuk merayakan IAU100.

Acara Movie Screening: The Mars Generation di UPI Bandung. Kredit: Cakrawala UPI
Bersama Agus Fany Chandra Wijaya pemateri dalam Movie Screening. Kredit: Cakrawala UPI

Keikutsertaan UKK Cakrawala merupakan salah satu bentuk partisipasi untuk merayakan 100 tahun pencapaian astronomi dan upaya memperkenalkan Astronomi kepada masyarakat umum. Untuk itu, UKK Cakrawala melakukan kegiatan Movie Screening pada tanggal 12 Januari 2019 yang bertempat di Ruang Audio-Visual Museum Pendidikan Nasional Universitas Pendidikan Indonesia.

Dalam acara Movie Screening ini, dilakukan pemutaran film dokumenter The Mars Generation. Video yang berdurasi ± 90 menit ini menampilkan kegiatan orang-orang yang dikarantina untuk melakukan ekspedisi ke planet Mars dan perkembangan teknologi transportasi luar angkasa.

Selain pemutaran video, para peserta diberi kesempatan untuk melakukan tanya jawab seputar filn dan tentang Astronomi. Seluruh pertanyaan dijawab oleh narasumber Agus Fany Chandra Wijaya, S.Pd., M.Pd. yang merupakan dosen IPBA (Ilmu Pengetahun Bumi dan Antariksa) di Departemen Pendidikan Fisika UPI. Dalam acara movie screening ini, Agus memaparkan materi tentang Galaksi Bima Sakti dan teknologi luar angkasa.

Kegiatan ini dihadiri oleh 48 peserta yang terdiri dari mahasiswa UPI dan perguruan tinggi lainnya, maupun masyarakat umum. Diharapkan masyarakat bisa mengenal Astronomi dan memperoleh pengetahuan terkait perkembangan teknologi di bidang Astronomi saat ini serta memiliki ketertarikan dengan astronomi.