Beranda » Tiga Bayi Exoplanet & Bintang Muda yang Baru Lahir

Tiga Bayi Exoplanet & Bintang Muda yang Baru Lahir

Para astronom berhasil menemukan tiga bayi exoplanet yang mengitari bayi bintang atau bintang yang baru terbentuk beberapa juta tahun. Keberadaan 3 planet baru yang mengorbit bintang yang baru terbentuk merupakan hasil analisis dari pengamatan ALMA. Ada dua tim astronom yang menemukan ketiga planet tersebut daru hasil pengamatan ALMA pada tahun 2012 dan 2015.

Piringan protoplanet di sekitar bintang. Kredit: ESO, ALMA (ESO/NAOJ/NRAO); A. Isella; B. Saxton (NRAO/AUI/NSF)

Bintang yang diamati ALMA adalah HD 163296 yang baru berusia 4,4 juta tahun! Masih sangat muda. Bahkan bintang baru ini masih dikelilingi atau diselubungi piringan protoplanet yang diisi oleh gas dan debu pembentuk planet. Protoplanet dalam piringan gas dan debu di sekeliling bintang tentu bukan hal aneh. Di area inilah gas dan debu berinteraksi dan saling bergabung untuk membentuk planet. Tapi, menemukan protoplanet dalam lingkungan penuh gas dan debu tentu bukan sesuatu yang mudah. Cara yang biasa digunakan tidak bisa diterapkan.

Tentu sangat sulit melihat planet yang baru terbentuk melintasi bintang baru yang masih dikelilingi gas dan debu. Sama halnya dengan mengamati efek gangguan gravitasi yang menyebabkan bintang bergoyang. Perlu teknik khusus untuk bisa mengenali planet yang sedemikian jauh dalam selubung gas dan debu. Para astronom juga tidak bisa melihat efek yang ditimbulkan pada bintang.

Karena itu, mereka menggunakan teknik yang berbeda untuk mengetahui keberadaan planet di cakram protoplanet tersebut.

Berburu Exoplanet dalam Piringan Gas dan Debu

Bagian data ALMA yang memperlihatkan terjadinya gangguan pada rotasi Keplerian dan bukti keberadaan exoplanet. Kredit: ESO, ALMA (ESO/NAOJ/NRAO); Pinte et al.
Bagian data ALMA yang memperlihatkan terjadinya gangguan pada rotasi Kepler dan bukti keberadaan exoplanet. Kredit: ESO, ALMA (ESO/NAOJ/NRAO); Pinte et al.

Untuk bisa menemukan planet di dalam piringan gas dan debu, yang diamati oleh ALMA adalah perilaku aliran gas yang ada di dalam cakram protoplanet tersebut. Yang dicari adalah pola tidak biasa pada aliran gas dalam piringan. Kalau tidak bisa mengenali perubahan pada bintang, maka materi dalam piringan protoplanet bisa menjadi jawaban.

Para peneliti dari dua tim berbeda ini memang memlih untuk tidak fokus pada debu yang kondisinya bisa dilihat dalam citra yang dihasilkan ALMA. Yang jadi fokus utama adalah distribusi dan gerak gas karbon monoksida (CO) pada piringan protoplanet. Perubahan sekecil apapun akibat efek Doppler pada panjang gelombang cahaya yang datang dari molekul CO bisa mengungkap pergerakan gas di dalam piringan protoplanet. ALMA bisa mendeteksi perubahan tersebut sampai beberapa meter per detik!

Perubahan tersebut bisa terjadi karena mekanisme lain tapi juga bisa jadi disebabkan oleh planet di dalam piringan. Jika tidak ada planet, gas akan bergerak dalam pola yang sama yang dikenal sebagai rotasi Kepler. Tapi, jika ada planet yang cukup masif seperti planet, gangguan yang ditimbulkan bisa mengubah pola aliran gas.

Dari hasil pengamatan ALMA, ditemukan piringan gas dan debu pada bintang HD 163296 merentang 375 au atau 56 miliar km. Dalam piringan protoplanet di sekitar HD 163296, ditemukan celah dan cincin di piringan protoplane pada jarak 65 au, 100 au dan satu lagi cincin redup pada jarak 160 au. Pengamatan Teleskop Hubble memperlihatkan keberadaan celah lain pada jarak 260 au.