Pemenang Kompetisi Komik Space Scoop!

Saatnya untuk mengumumkan pemenang Kompetisi Komik Space Scoop Internasional yang pertama!

Kompetisi Komik Space Scoop yang pertama ini diikuti oleh peserta dari 20 negara untuk 3 kategori usia yang berbeda. Setiap peserta punya cara tersendiri dalam menginterpretasi berita Space Scoop menjadi cerita bergambar yang menarik.

Secara keseluruhan, ada 44 pemenang kompetisi komik Space Scoop dari 20 negara. Komik karya pemenang dapat dilihat di Flickr UNAWE. Untuk pemenang dari Indonesia, komik akan diunggah di langitselatan.

Juara Tingkat Nasional

Dari seluruh komik yang kami terima, pemenang Kompetisi Komik Space Scoop dari Indonesia adalah sebagai berikut:

Pemenang Nasional kategori usia 12 – 15 tahun : Mutia Azizah (Kalimantan Selatan)

Mutia yang saat ini berusia 15 tahun, adalah siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Ulum Kotabaru, Kalimantan Selatan. Ia memilih cerita Misteri Monster Pulsar sebagai kisah dari komik yang ia buat. Kisah Misteri Monster pulsar ini dibuat dalam bentuk diskusi para pelajar yang sedang menonton kisah Avengers Age Of Ultron dan terkagum-kagum dengan kemampuan komputer super J.A.R.V.I.S. Ceritanya cukup panjang tapi pesannya menarik. Singkatnya, sains dan teknologi itu menarik dan bisa mengungkap misteri yang ada di alam semesta. Mutia akan menerima bingkisan Kosmik UNAWE.

Pemenang Nasional kategori usia 16 – 18 tahun : Andini Diah Ayu P (Jambi)


Andini yang saat ini berusia 16 tahun ini memilih cerita tentang ketakutan akan gelap dalam bentuk mimpi seorang gadis bernama Miyung. Ia memperkenalkan lubang hitam dengan cara yang menarik sekaligus mengajak kita untuk menikmati indahnya galaksi dimana lubang hitam itu berada.

Juara Internasional

Untuk pemenang internasional, para juri di tingkat internasional yang terdiri dari para ahli dari berbagai latar belakang seperti edukasi dan komunikasi sains, memutuskan para pemenang sebagai berikut:

Pemenang kategori usia 8-11 tahun : Mani Sarahi (Iran)


Mani, usia 9 tahun, adalah siswa dari Iran. Ia memilih cerita Space Scoop : “Astronot Inggris Mengorbit dari ISS”. Komik yang ia buat membawa satu pesan penting. Perdamaian dunia. Komik yang ia buat rapih dan ringkas, dan cara Mani menggambarkan setiap kejadian juga unik dan penuh antusiasme. Mani memenangkan teleskop Firstcope.

Pemenang kategori usia 12-15 tahun : Stefania Moldovanska (Bulgaria)


Stefania, usia 15 tahun adalah siswa dari Bulgaria. Ia mengangkat cerita “Asteroid Berjantung Batu” sebagai kisah dari komiknya. Cerita di komik Stefania bergulir cepat, sangat menghibur dan penuh humor. Komik buatan Stefania juga memiliki nilai edukasi yang sangat penting yakni, pentingnya melacak asteroid. Panjang komik sudah pas dan digambar dengan gaya lukisan tangan yang indah sehingga tampak jelas sentuhan personalnya. Stefania memenangkan teleskop Firstcope.

Pemenang kategori usia 16 – 18 tahun : Sandu Indra-Alexandra (Romania)


Sandu, usia 16 tahun adalah siswi dari Romania. Ia memilih cerita “Sebuah Dunia Baru” untuk komiknya. Ilustrasi Sandu yang indah mengajak para pembaca untuk menelusuri masa depan manusia saat Bumi sudah hancur dan Mars jadi rumah baru. Dalam kisah ini Sandu menceritakan kehancuran Bumi oleh manusia dan masa depan yang tak terbayangkan saat ini. Kisah ini dilengkapi dengan lukisan dalam warna warna yang indah. Sandu memenangkan teleskop Firstcope

Juara Umum Kompetisi Komik Space Scoop : Andini Diah Ayu. P (Indonesia)

Andini, usia 16 tahun, siswi dari Indonesia. Ia mengangkat kisah “Kau Takut Gelap?” untuk memperkenalkan obyek langit pada kita semua. Andini secara kreatif menginterpretasi mimpi karakter utamanya saat menjelajah obyek – obyek yang ada dalam kisah Space Scoop tersebut. Penjelajahan antariksa mengunjungi galaksi dengan lubang hitam di pusat. Caranya memperkenalkan setiap obyek sangat dinamis dan menarik. Andini juga punya kemampuan menggambar yang sangat baik dengan warna memukau. Cerita yang ia buat juga mengalir dengan indah dan ia berhasil menghidupkan tokohnya dengan sangat baik. Andini, pemenang kita yang akan menerima Kano Komputer!

Selamat untuk para pemenang! 

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

Tulis komentar dan diskusi...