Beranda » Menjejak Pembentukan Planet Jupiter Panas

Menjejak Pembentukan Planet Jupiter Panas

Dua puluh tahun lalu, untuk pertama kali planet Jupiter panas ditemukan! Planet ini merupakan planet gas raksasa serupa Jupiter yang berada sangat dekat dengan bintang induknya. Pertanyaannya, bagaimana mungkin planet gas raksasa bisa berada sedemikian dekat dengan bintang induknya? Inilah teka teki dan misteri yang terus dicari pemecahannya oleh para astronom.  Dan tampaknya kita sudah selangkah mendekati jawabannya.

Tim astronom internasional yang dipimpin oleh Jean-François Donati dari Institut de Recherche en Astrophysique et Planétologie (IRAP, CNRS/Université Toulouse III-Paul Sabatier) berhasil mengetahui kalau planet gas raksasa seperti Jupiter ini butuh waktu beberapa juta tahun untuk bermigrasi ke dekat bintang induknya yang baru terbentuk. Potongan jawaban teka teki untuk pertanyaan yang sudah ada sejak 20 tahun lalu.

Ilustrasi planet Jupiter panas. Kredit: Robert Hurt/NASA/ JPL.

Anomali Si Planet Gas Raksasa
Kisah penemuan planet di bintang lain dimulai tepat 20 tahun lalu ketika Michel Mayoar dan Didier Queloz menemukan sebuah planet mengitari bintang 51 Pegasi. Penemuan yang menarik itu juga mengejutkan mereka. Bagaimana tidak, planet yang ditemukan berada dekat dengan bintang itu sangat tidak biasa. Sebuah planet gas raksasa yang panas!

Tidak biasa karena jika dibandingkan dengan satu-satunya model sistem keplanetan yang ada, yakni Tata Surya maka kehadiran planet yang kemudian dikategorikan Jupiter panas tersebut merupakan anomali.

Di Tata Surya, planet yang berada di dekat Matahari adalah planet batuan seperti Merkurius, Venus, Bumi dan Mars. Sedangkan planet-planet gas raksasa seperti Jupiter dan Saturnus justru berada jauh dari Matahari di wilayah yang lebih dingin.

Ternyata, setelah penemuan planet Jupiter panas pertama, para astronom juga menemukan kalau keberadaan planet gas raksasa di dekat bintang induk bukanlah kasus langka melainkan umum ditemukan pada sistem extrasolar.

Sejak itulah para astronom mulai mencari jawabannya.  Planet Jupiter panas sama seperti Jupiter di Tata Surya juga terbentuk di area terluar piringan protoplanet. Piringan protoplanet merupakan awan gas dan debu yang membentuk bintang dan planet. Bintang terbentuk d pusat sementara planet di sekeliling sebelum kemudian bermigrasi ke bagian dalam. Dengan cara inilah planet gas raksasa bisa berada dekat dengan bintang induk, mengalami pemanasan sehingga terbentuklah planet Jupiter panas. Planet Jupiter panas pertama yang ditemukan oleh Michel Mayor dan Didier Queloz berada 20 kali lebih dekat ke bintang dibanding Bumi. Sedangkan Jupiter di Tata Surya justru 5 kali lebih jauh dibanding Bumi.

Tapi pertanyaan lain muncul. Kapan planet gas raksasa serupa Jupiter ini mulai bermigrasi ke bagian dalam sistem dan berada di dekat bintang induk?

Ada dua hipotesa yang diajukan. Yang pertama, proses migrasi terjadi di tahap awal saat planet masih muda dan masih dalam tahap  pembentukan di piringan protoplanet. Hipotesa kedua melibatkan planet pada tahap evolusi lanjut ketika sejumlah planet sudah terbentuk dan berinteraksi dalam kondisi tidak stabil. Akibatnya sebagian planet kemudian terlontar ke daerah di dekat bintang induk.