Bintang Paling Menarik di Alam Semesta

Pernahkah kamu bermain dengan magnet? Apakah kamu pernah mencoba menaruh magnet di meja dan meletakkan paku di dekatnya? Apa yang terjadi? Jika magnet didekatkan pada paku, maka paku itu akan meloncat dan melekat pada magnet.

Kok bisa ya? Ini karena magnet punya sesuatu yang tak terlihat di sekelilingnya, namanya ‘medan magnet’. Kehadiran medan magnetlah yang membuat magnet bisa menolak atau menarik benda lain, meskipun magnet tidak bersentuhan langsung dengan benda-benda itu.

Magnet terkuat di alam semesta adalah magnetar. Ia merupakan bintang super-padat yang 50 kali lebih masif dari Matahari dan diciutkan atau dipadatkan jadi sebuah bola berukuran 20 km. Atau seukuran sebuah kota kecil.

Di inti awan ini terdapat magnetar yang sangat kuat di alam semesta. kredit: NASA/CXC/Univ. of Manitoba/H.Kumar et al/DSS/NASA/JPL-Caltech/NSF/NRAO/VLA

Menurut para astronom, magnetar terbentuk saat bintang masif mati dalam ledakan supernova. Gas dari bintang akan terlontar ke angkasa dan menciptakan awan berwarna warni seperti foto Kes 73 di laman ini. Pada saat yang sama, inti bintang akan mencit dan membentuk magnetar.

Di inti awan kosmik terdapat magnetar yang sangat kecil. Tapi, meskipun bintang ini sangat kecil, energinya sangat besar. Magnetar bisa melepaskan pancaran sinar-X yang sangat kuat setiap beberapa detik! Nah, kamu juga bisa melihat pancaran sinar-X yang berwarna biru di foto.

Fakta menarik: Menurut para astronom, terdapat lebih dari 30 juga magnetar di Bima Sakti!

[divider_line]

Sumber: Dipublikasi kembali dari Space Scoop Universe Awareness edisi Indonesia

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.