Beranda » Dunia Nan Dingin di Bintang Kembar

Dunia Nan Dingin di Bintang Kembar

Pernah bermimpi punya dua matahari? Apakah itu cuma mimpi atau bisa menjdi kenyataan? Pertanyaan terbesar dari ide ini adalah, mungkinkah sebuah planet bisa bertahan pada sistem bintang kembar. Ternyata dari seluruh exoplanet yang sudah ditemukan, tercatat ada 17 planet yang ditemukan pada 15 sistem bintang ganda.

Ilustrasi OGLE-2013-BLG-0341L B b yang mengitari bintang ganda. Kredit: Cheongho Han, Chungbuk National University, Republic of Korea.

Penemuan kali ini pun membawa cerita dari sistem bintang kembar yang ternyata memiliki planet yang dua kali lebih masif dari Bumi, pada jarak yang sama dengan jarak Bumi dari Matahari.  Tapi tentu ada bedanya. Bintang yang dikitari oleh si planet yang diberi nama OGLE-2013-BLG-0341L B b jauh lebih redup dari Matahari. Jadi, planet OGLE-2013-BLG-0341L B b juga lebih dinign dari Bumi dan bahkan lebih dingin dari Europa, satelitnya Jupiter.  Dari sini bisa disimpulkan kalau planet tersebut tentu tidak cocok untuk tumbuh kembangnya kehidupan.

Tapi, ada yang menarik. Planet OGLE-2013-BLG-0341L B b yang berada di sistem bintang kembar yang jaraknya 3000 tahun cahaya dari Bumi, justru memberi gagasan pada para astronom dimana mereka bisa menemukan planet serupa Bumi yang berpotensi laik huni.

Mengapa demikian? Penemuan OGLE-2013-BLG-0341L B b, merupakan bukti pertama keberadaan planet kebumian atau planet batuan yang terbentuk di orbit yang serupa dengan Bumi di bintang ganda yang jarak kedua bintangnya juga tidak terlalu jauh. Jadi, meskipun planet OGLE-2013-BLG-0341L B b memang tidak laik huni, tapi potensi keberadaan planet serupa yang mengorbit bintang serupa Matahari dalam sebuah sistem bintang kembar, tentunya akan menempatkan si planet dalam zona laik huni sistem. Artinya si planet berpotensi memiliki kehidupan atau lebih tepatnya si planet berpotensi memiliki air dalam wujud cair yang memungkinkan kehidupan untuk bertumbuh dan berkembang.

Setengah dari bintang-bintang yang ada di galaksi adalah bintang ganda. Artinya, jika planet kebumian bisa bertahan di sistem bintang ganda dan kita bisa menemukan sebuah planet kebumian serupa Bumi di zona laik huni bintang, maka kemungkinan kehadiran planet laik huni juga semakin besar. Tidak hanya pada bintang tunggal tapi juga bintang ganda.

Penemuan OGLE-2013-BLG-0341L B b
Planet OGLE-2013-BLG-0341L B b ditemukan bukan lewat metode kecepatan radial ataupun transit. OGLE-2013-BLG-0341L B b ditemukan lewat pengamatan lensa mikro gravitasi.

Pengamatan lensa mikro gravitasi merupakan teknik pengamatan exoplanet dengan memanfaatkan bintang dekat redup yang melintas di antara bintang jauh yang terang dimana gravitasi bintang dekat berfungsi sebagai kaca pembesar bagi cahaya bintang jauh yang lewat. Ketika si bintang redup melintas di antara Bumi dan bintang jauh yang terang, gravitasi si bintang redup menyebabkan terjadinya kelengkungan dan juga penguatan pada cahaya si bintang jauh sesaat lamanya. Jika ada planet yang mengitari si bintang maka akan terjadi simpangan dan cahaya bintang jauh akan lebih diperkuat sesaat lamanya. Dari kurva cahaya yang dihasilkan bisa disimpulkan jika ada benda lain yang mengorbit bintang tersebut.