Penemuan Planet Layak Huni Pertama Selain Bumi

Si kerdil ternyata membawa kehidupan juga loh!

Untuk pertama kalinya, astronom akhirnya menemukan planet yang mirip Bumi di luar Tata Surya, sebuah planet ekstrasolar dengan radius 50% lebih besar dari bumi dan mampu memiliki air dalam bentuk cair. Penemuan ini memberi sebuah harapan baru dan sebuah langkah maju dalam usaha pencarian planet-planet yang bisa digolongkan sebagai planet layak huni. Dengan menggunakan teleskop ESO 3,6 m, tim pemburu planet dari Swiss, Perancis dan Portugal akhirnya menemukan super-Bumi yang massanya 5 kali massa Bumi dan mengorbit bintang katai merah, yang sebelumnya diketahui telah memiliki planet bermassa Neptunus. Para astronom juga menemukan bukti kuat yang menunjukkan indikasi keberadaan planet ketiga dengan massa 8 kali massa Bumi.

Planet Gliese 581 c

Planet Gliese 581 c planet yang diduga mirip Bumi. kredit : ESO

Exoplanet, itulah cara para astronom dalam menyebut planet yang berada disekitar bintang selain Matahari. Nah, exoplanet yang baru ditemukan ini merupakan exoplanet terkecil yang pernah ditemukan hingga saat ini dan ia bisa mengitari bintangnya hanya dalam 13 hari. Dan jaraknya juga 14 kali lebih dekat dari jarak Bumi -Matahari. Bintang induknya sendiri ternyata bukanlah bintang sekelas Matahari melainkan bintang katai merah yang lebih kecil, kebih dingin dan lebih redup dibanding Matahari. Itulah bintang Gliese 581, bintang yang menaungi si exoplanet mirip Bumi tersebut.

Si exoplanet yang mirip Bumi ini terletak di dalam area layak huni sang bintang (berada dalam habitable zone bintang – akan dibahas dalam artikel yang lain), daerah disekitar bintang dimana air yang berada pada area itu bisa berada dalam bentuk cairan. Exoplanet tersebut dinamakan Gliese 581 c yang artinya planet kedua yang bermukim di bintang Gliese 581. Planet pertama dalam extrasolar planet dinamakan dengan nama bintang dan diikuti indikasi b, bintang kedua indikasinya c dst.

Menurut Stephane Udry dari Geneva Observatory, mereka memperkirakan temperatur rata-rata super-Bumi ini antara 0 – 40 derajat Celcius, dan kondisi airnya masih dalam bentuk cairan. Selain itu radiusnya juga diperkirakan hanya 1,5 kali radius Bumi, dan dari pemodelannya bisa diperkirakan kalau planet ini merupakan planet batuan seperti Bumi atau bisa jadi Gliese 581 c adalah planet lautan.

Ditambahkan oleh Xavier Delfosse, salah satu anggota tim dari Perancis, kalau air dalam bentuk cair merupakan komponen yang sangat penting bagi kehidupan sepanjang yang kita ketahui. Dengan memiliki temperatur dan jarak yang relatif dekat seperti yang dimiliki Gliese 581 c, planet ini kemungkinan akan menjadi target penting dalam misi ruang angkasa di masa depan khususnya dalam hal pencarian kehidupan extra-terrestrial. Dan di dalam peta harta karun alam semesta, Gliese 581 c akan ditandai dengan X.

– perlu diingat perbandingan kehidupan itu sendiri akan selalu mengacu pada kehidupan di Bumi.-

Gilese 581
Bintang induk Gliese 581 merupakan satu diantara 100 bintang yang berada dekat dengan kita. Massa dan radiusnya hanya sepertiga massa Matahari. Planet katai merah seperti ini secara intrinsik memiliki kecerlangan setidaknya 50 kali lebih lemah dari Matahari. Bintang katai merah juga termasuk bintang yang umum ditemukan di dalam galaksi kita (Bimasakti) : diantara 100 bintang dekat dengan Matahari, 80 diantaranya berada di kelas ini.

Gl 581, atau Gliese 581, merupakan bintang ke 581 dalam urutan Katalog Gliese yang merupakan susunan bintang yang berada dalam jarak 25 parsecs (81,5 tahun cahaya) dari bintang. Katalog tersebut dibuat oleh Gliese dan diterbitkan pada tahun 1969 dan diperbaharui tahun 1991 oleh Gliese dan Jahreiss. Gliese 581 sendiri jaraknya 6,26 parsecs (22,66 tahun cahaya) berada di konstelasi Libra dan usianya 4,3 milyar tahun.

Menurut Xavier Bonfils dari Lisbon University, Bintang katai merah merupakan target ideal dalam pencarian planet bermassa kecil yang memiliki air dalam bentuk cair. Hal ini disebabkan karena bintang katai seperti ini memancarkan sedikit cahaya sehingga daerah layak huninya (habitable zone) berada lebih dekat dengan bintang dibanding planet-planet disekitar Matahari.

Planet-planet yang berada di daerah tersebut akan lebih mudah dideteksi dengan menggunakan metode kecepatan radial, metode yang paling sukses dalam pencarian dan deteksi exoplanet.

Planet Lainnya di Gliese 581
Dua tahun lalu, tim astronom yang sama juga menemukan planet yang mengelilingi Gliese 581. Planet yang dikenal dengan nama Gliese 581 b memiliki massa 15 massa Bumi, dan mirip dengan Neptunus. Ia mengorbit Gliese 581 hanya menghabiskan waktu 5,4 hari. Pada saat itu astronom juga sudah melihat adanya indikasi planet lain disekitar tempat itu. Dan setelah pencarian yang lebih lanjut, ditemukan planet super-Bumi, tapi bukan hanya itu, ada juga indikasi yang sangat jelas menunjukkan kalau ditempat itu ada planet ketiga. Planet ketiga tersebut memiliki massa 8 kali massa Bumi dan menyelesaikan putaran orbitnya dalam waktu 84 hari.

Sistem keplanetan di Gliese 581 sedikitnya telah memiliki 3 buah planet dengan massa kurang lebih 15 massa Bumi, dan ini bisa dikatakan merupakan sistem yang luar biasa. Selama ini pencarian exoplanet paling banyak dilakukan pada bintang yang sekelas Matahari.

Metode Pengamatan
Penemuan Gliese 581 c ini dilakukan dengan menggunakan metode kecepatan radial. Metode kecepatan radial mendeteksi perubahan kecepatan bintang induk yang diakibatkan oleh gaya gravitasi dari exoplanet (yang tak terlihat) saat ia mengorbit bintangnya. Evaluasi pengukuran kecepatan akan memberi deduksi tentang orbit planet, biasanya bisa diketahui periode dan jarak dari bintang, serta massa minimumnya. Secara statistik, massa minimum ini mendekati massa yang sebenarnya.

Penemuan ini dilakukan menggunakan spektograf HARPS (High Accuracy RAdial Velocity for the Planetary Searcher), teleskop ESO 3,6 m di La Silla, Chille. HARPS bisa mengukur kecepatan dengan presisi lebih baik dari 1 meter per detik (3,6 km/jam). Dalam pendeteksian ini, variasi kecepatan yang terdeteksi antara 2 dan 3 meter per detik atau setara dengan 9 km/jam. Dari 13 planet yang massanya dibawah 20 massa Bumi, 11 diantaranya ditemukan dengan HARPS.

Selain Gliese 581 c ada dua sistem lain yang memiliki massa kecil juga, yakni planet es yang mengitari OGLE-2005-BLG-390L, yang ditemukan dengan jaringan teleskop microlensing. Massa planet tersebut 5,5 massa Bumi. Namun planet tersebut orbitnya lebih jauh dari bintang induknya yang kecil dibanding jarak Gliese 581 c dengan bintangnya. Selain itu planet yang mengitari OGLE-2005-BLG-390L juga lebih dingin.

Planet lainnya memiliki massa minimum 5,89 massa Bumi (dengan kemungkinan massa benarnya 7,53 massa Bumi) dan periode orbitnya kurang dari 2 hari, hal ini menyebabkan si planet terlalu panas untuk masih memiliki air di permukaannya.

Penemuan Gliese 581 c memberi satu titik cerah dalam masalah pencarian planet-planet yg mirip Bumi didalam zona layak huni bintang. Tapi untuk tiba pada apakah ada kehidupan lain disana atau mungkinkah kita hidup disana masih ada banyak hal yang perlu dijawab.

sumber Press Release ESO

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

181 thoughts on “Penemuan Planet Layak Huni Pertama Selain Bumi

  1. wah kan Bagus bisa ngerasain gimana punya umur ribuan tahun (ga mati2):) Oya yang gw baca di tempo (koran) planet ini ga berotasi cuma berevolusi, (1) apa ini benar? (2) lalu apa ini mungkin secara sains? (you know momentum sudut dan semacamnya) –> bisa beri penjelasan?
    Efek lanjut klo benar tidak berotasi adalah cuma ada siang di setengah bagian “bumi” itu, n cuma ada malam di bagian lainnya. Gimana ya pengaruhnya sama distribusi temperatur (yang 0-40 C) itu. (3) Kira kira berapa temperatur bagian siang dan temperatur bagian malam?
    Klo no(1) tidak benar, pertanyaan (2) dan (3) hilang:)

  2. Kalau setahun tetap 12 bulan, cepet gajian hahaha. Kalau lho ya… kalau… Mengutip judul publikasi di majalah Science: Habitable, but not much like home 🙂

    Tidak berotasi? Hmm, maksudnya mengalami tidal locking ya? Efek ini juga dialami oleh Bulan. Kala edarnya mengelilingi Bumi sama dengan kala rotasinya. Akibatnya kita melihat wajah bulan selalu sama.

    Ya, memang astronom “menguatirkan” planet yang mengorbiti bintang kelas katai merah ini adalah mengalami tidal locking selain masalah flare. Tampaknya bagian yang menghadap bintang (“bagian siang”) akan serasa bagai neraka, sebaliknya bagian yang membelakangi bintang (“bagian malam”) akan dingin membeku. Tapi, belakangan ada yang berpendapat transport panas di atmosfer planet yang bersangkutan bisa mencegah pembekuan di “bagian malam”.

  3. semakin banyak tanda – tanda kebesaran Allah muncul, tapi manusia masih saja tidak bosan mengerjakan maksiat.

  4. tau gak kalo planet qta udah semakin tua gmn klo pindah ke planetq aja venus!!!!! but emank perlu observassi continue dulu… slm knal DARI venus people

  5. apakah kita semua bisa seperti burung yang dapatselalu terbang kesana kemari membuat sarang baru dari pohon ke pohon apakah kita akan selalu tetap berada dalam satu tempat yaitu bumi kita tercinta bisakah kita terbang ke planet lain hanya Dia yang tahu
    dan kita hanya bisa menyisakan pertanyaan yang mungkin tak bisa terjawab!

    I LOVE EARTH

  6. Mmmm… bagaimana ya?!? saya pikir2 dulu deh, hehehe ^^

    mengutip… “Habitable, but not much like home”… bnr juga ya.

    In the end it’s God’s secret…. kita harus mulai sadar [jgn pingsan melulu] utk berhenti ‘menghancurkan’ bumi…

    Salah satu alasan mengapa sy suka astronomi… ‘I feel grateful for all the things that 4JJI had created… so amazing to see them all. Ga bs berhenti berdecak kagum, apalagi klo lihat langit pas malam’.

  7. Sungguh luar biasa, otak manusia yang berat rata-ratanya hanya 0,5 kg, bisa melahirkan teori, mengaplikasikan pada teknologi hingga bisa mengobservasi langit. Anehnya manusia bisa mendeteksi keberadaan Galaksi sampai sejauh 13 miliar cahaya, menemukan kembaran bumi di jarak puluhan tahun cahaya, tetapi belum tuntas mengupas batas tata suryanya sendiri. Kasus pelengseran Pluto dari kriteria planet menunjukkan baru-baru ini sajamanusia mengetahui kalau Pluto banyak kawannya. Gimana penjelasan teknisnya ya?

  8. mudjiono, teknologi berkembang. kalau dulu teknologi (kesensitifan detektor, resolusi, dll) belum mampu mendeteksi kawan-kawan Pluto, lha sekarang udah bisa.

  9. Sounds cool……..
    So, kalo bumi udah kelewat padat, kita bisa ngungsi ke sana dunkz…..
    Asalkan nyaman ditinggali… =p

  10. mending mati de..
    daripada tau masa depan trus suntuk sendri
    dalm observasi satu dimensi
    eh…ternyata
    bagi yang mo tobat
    masih banyak secreet enigma

  11. mang kenyataan ga c klo selain planet bumi layak d huni manusia,klo mang ada luar biasa……….aaaaaaaaaaaa………..tapi yg w heran kenapa sebagian manusia d pindah ke planet tersebut,klo mang bgitu kenapa negara maju ga ngerebutin planet tsb

  12. Maju terus para ilmuan! semoga planet tersebut dapat kita tinggali, oh ya saya mau tahu apakah planet tersebut juga berpenghuni seperti planet bumi ?. kalau ia cepat kiri beritanya ke alamat e-mail ku ya!!!!!!

  13. apakah planet tersebut ada penghuninya? wah kita ga tau tuh. masalahnya seperti yg disebutin.. kriteria kehidupan itu masih berkisar pd adanya air di planet tersebut sehingga memungkinkan tumbuhnya kehidupan jika kehidupan itu mengacu pd kehidupan seperti di Bumi. Seandainya kehidupan disono beda ma yg di Bumi, maka kita belum bisa memprediksikan ada tidaknya kehidupan disana karena kita belum menemukan buktinya.

  14. >> rad: observasi exoplanet (khususnya ketika si planet lewat di depan bintang yang diedarinya) dilakukan di bosscha (maret-agustus tahun lalu). penelitian teoretik (menggunakan model numerik) juga ada.

  15. HeranPa… Gw juga hebat mgkhayal. Smua hl yg luar biasa, smua hl yg ga prnah hbis dipikirin, smua hl yg ga mgkin dibumi, sampe hl-hl yg katax ada didimensi lain (spt: alam ghaib); gw jamin, gw ga bakal ga mgkhayalix. 🙂 🙁
    Dgn artikel ini aja, Valentine’s Day bisa dilupain, tapi heranx, sdikit org-org besar dunia kita mmperhatikan. Perang, kemiskinan, pngangguran, kebodohan, kecelakaan, kelautan, bncana alam, bahkan brmacam-macam kkurangan (yg trjadi) dibumi masih banyak yg tak tratasi walopun (super) sdang diprhatikan, ntahlah. 🙁 🙂
    Yg mgkin bisa lbih seru, tiba-tiba planet kita diserang oleh makhluk-makhluk dari bbrapa planet yg brlainan; gw jamin, gw yg mati duluan (bunuh diri). 🙂 🙁
    ßtw, (1)kyakx nih, enak ga sih, jadi astrolog? (2)kyakx, smua TV musti ada & dibanyakin, ttg special-program-for-us, iya ga? (3)kyakx gy, pasti dh ada yg tau banyak dan mo nolongin gw ttg hl-hl yg mnakjubkan ini, please… imel’in gw dong (ke [email protected])? (4)kyakx surga tuh ga seru spt dibumi, btul ga? 😛 🙂
    And “ivie” thanks a lot to you. Klo smpat ktemuan, gw janji sampe nyium jidatmu (klo boleh sih). Thanx skali lagi, n I’M SORRY. 🙂

  16. semua yang terpampang diatas itu berguna banget buat aku,so, aku jadi lebih pintar dari yang belum tahu( narses)

  17. maap. saya orang awam dibidang ini. tapi tertarik akan hal2 sperti ini

    mau tanya, tapi mungkin akan terdengar bodoh.

    apa sih yg dimaksud “jarak tahun cahaya”?

    dari dulu ga pernah ngerti…

    moho dijelaskan dgn simple n mudah dimengerti org2 awam (like me).

    jgn yg terlalu ilmiah, dgn byknya istilah2 yg bikin …[email protected]*&%$#@!

    terima kasih sebelumnya….

  18. Tahun cahaya merupakan satuan jarak yang digunakan untuk mengukur jarak. Cahaya bergerak 300.000 km per detik maka detik cahaya (light second) setara dengan jarak 300.000 km. Nah, tahun cahaya adalah jarak yang dapat ditempuh cahaya dalam waktu satu tahun ketika melewati ruang hampa udara.

    Maka satu tahun cahaya setara dengan 9.467.280.000.000 km.

    lengkapnya baca tulisan gue disini aja Apa Itu Tahun Cahaya

  19. oh, i see

    thanks bgt……

    sbenarnya udah seikit tau, tapi agak2 bingung. krn saat itu yg dibaca make istilah yg ga ngerti.

    ternyata 1 detiknya cahaya itu menempuh jarak 300ribu km

    ok, selanjutnya aku paham.

    sekali lagi, THANKS BERAT…

  20. Mbak Ivie… metode kecepatan radial bukannya dengan mengukur perpindahan bintang menjauh atau mendekat dari Bumi melalui pengamatan gelombang cahayanya….? Koq ditulis mengukur perubahan kecepatan gaya gravitasi dari exoplanet…..?
    BTW, seru juga niy kalo bisa appointment ama mbak Ivie…? Tapi mengganggu kerjaan di Bosscha yah…?
    Oya… satu hal yg pengen gw tanya ama mbak Ivie yg mempelajari terbentuknya Tata Surya kita. Mengapa rotasi planet Venus berlawanan dengan arah rotasi planet lainnya…? Dan mengapa juga periode rotasi bulan sama persis dengan revolusinya…? Begitu juga dengan planet Uranus yang rotasinya aneh….sumbu rotasinya malah mengarah ke matahari…? Apakah teori nebula, planetoida atau yg terbaru saat ini sudah bisa menjlaskannya secara memuaskan…?
    Trims banget yah….

  21. Ups maaf baru nyadar ada yang tertinggal buat ditulis.

    harusnya mendeteksi perubahan kecepatan bintang induknya yang diakibatkan perubahan arah gaya gravitasi exoplanet (yg tak terlihat) saat mengorbit bintang induknya.

    thank you dah diingetin. [ertanyaan lain jawabannya menyusul yah.

    Btw.. kalau mau ketemuan sih gabung aja ma forum langit selatan hehehe. Selain itu saya tidak bekerja di Observatorium Bosscha.

  22. Wekz… apakah ad planet yg ad kehidupannya sperti bumi ya?// aq mragukannya soalnya d dalam alquran tdk disebutkan adnya planet yg dpt dihuni selain BUMI yg kt tinggali!!!!!

  23. Hwiiih Keyen bgud …
    ckckckc, maju truz ilmuwan.,

    Oia tu bsa loh dimanfaatin jd tourism,,sekarang waktuna ilmuwan indonesia manfaatin,buwat alat transportasi tu kesana ma sekalian juga pasang investasi disana .,
    hwaghawagg

    Skalian jg,bsok lok bumi kita semakin parah, bsa tu jd tempt rujukan, rumah kedua
    tp ga’ harap dink ., cinta bumi kita ……

  24. wah…

    ne penemuan yg hebat banget,, sy suka dengan astronomi cz sy pengen tahu ttg khidupan d luar bumi…

    sy percaya dsana ad khidupan,, moga2 aj semua pnduduk bumi hijrah k planet luar..
    heheheheh..

  25. emang mungkin sih, nggak cuma bumi yang bisa dihuni,,,,,,,,,,,,, tapi apa mugkin yang kta tempai nanti akan secantik bumi, seindah and semegah bumi??????????
    nggak mungkinkan……………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    seharusnya, kita lebih menjaga alam kita, apalagi indonesia yang penuh dengan pesona alam yang sunggul menawan and interesting.

    pertaruhkan hidup untuk bumi pertiwi………

  26. iihhh….sru x ya….lo qt transmigrasi ke planet lain,hehehe……,ntar za qrim2an surat deh ma yg da di bumi,,,,,ihhhh….lebay….. “haii,,,yang ada di bumi apa kabar?????”

  27. numpang nanya neah yg mo jawab makasi klo nga mo jawab ya gpp la.!!!!1
    sapa sih penemu planet venus yg per tama kali.?

  28. kebanyakan blog ga bisa jelasin yang pertama kali menemukan planet venus ada yg tau nga ….??????????

  29. Salam,
    Bu ivie, mo nanya nih. Sekarang jumlah planet ada berapa? Katanya pluto ga dianggap lagi, n ditemukan planet baru, planet apa namanya?
    makasih

  30. heheheh bagus tu kalu kita tinggalnya di sana ….kalu waktunya lebih cepat lebih bagus….biar bisa cepat gajian..lha ga perlu nunggu 30 hari..hehehehehhhh!!!!!!

  31. Mas, om, tante saya pengen nanya apakah mungkin ada makhluk hidup di planet gliese 581c dengan ciri-ciri tubuh dan cara beradaptasi yang berbeda dengan makhluk di bumi.

  32. mb’Ivie… pertanyaan saya kemarin kok blm d jwb? planet apa yang tidak prnh di zenith pada mlm hari ?tlng jelaskan knp planet itu tdk prnh berada di zenith pada mlm hari ? zenith itu mksdny apa sih mb’ Ivie?

    1. yg ga pernah di zaenit kalau malam itu merkurius dan venus. kenapa? karena posisinya berada dekat dengan Matahari sehingga mereka terlihat biasanya pada saat senja or fajar sebelum dan sesudah matahari terbit atau terbenam.

      Zenit kamu udah jawab sendiri di pertanyaanmu. posisi di atas kepala pengamat.

  33. I LOVE EARTH…….

    itulah manusia…tetap merasa kurang apa yang sudah diberikan ALLAH SWT..berupa bumi,akal,pikiran,dan lain-lain…
    kita ga perlu ke planet Gliese 581 c…kita cukup merawat dan menjaga lingkungan disekitar kita…..
    and stop global warming…

    I LOVE EARTH…….

  34. duch…sebenernya keren sich….begitu banyak planet baru yang ditemuin..
    tapi penasaran juga yach…gimana kehidupan disana..
    mau dech rasanya…ngerasain hidup disana..keren..

  35. lalu.. yg d blang ad alam lain d baliq bumi qt tu ap.? lalu.. dbaliq tata surya qt tu ap.? ap org2 gx syg lgi ma bumi qt yaa.. klw msal na tu planet bsa di huni.. hruz d buktikan dlu dunt.. dri pda bwt msibah.. bwt mba ivie.. thx bnget yaa bwt pngtahuan tntang kcptan cahaya.. MARI KITA SAYANGI BUMI KITA..

  36. Tapi perCuma juga yaw,…Walaupun planet itu ditemukan , . . .

    Nanti bagaimana Cara meng evakuasi sebanyak manusia di bumi ,. . .

    itu pun planet tersebut belum diketahui statusnya Aman gk ,….

  37. Angkasa raya yang maha luas ini tentu banyak menyimpan misteri. Kita manusia yang diberi akal budi tentu akan mencari tahu. Aku sangat tertarik dengan masa depan dan angkasa. Kalau kita perhatikan, apa yang manusia khayalkan dimasa lalu bisa terjadi di masa kini. Mungkinkah apa yang kita pikirkan/khayalkan saat ini bisa terjadi? Pernah lihat film Wall E? Produksi Disney Pixar studio. Mungkin ada sedikit gambaran tentang masa depan bumi kita ini. Tapi kadang kadang dari sudut pandang ilmiah dan agama kok nggak sejalan ya? Mungkin Ivy punya pendapat tentang hal ini. Atau para pembaca yang budiman? Pernah terpikir, kalau kita bisa membuat mesin, pesawat atau wahana apapun yang bisa membawa kita kpd dunia yang belum kita kenal. Mungkin seperti di film Star Trek gitu. Tapi kok kayaknya masih lama banget ya. Padahal pemanasan global sudah merajalela. Dan manusia yang berusaha mencegah dengan manusia yang nggak peduli banyakan yang nggak peduli. Bisa dibayangkan bagaimana masa depan bumi kita ini. Selama ini ada penelitian yang mengikut sertakan manusia melakukan perjalanan ke planet lain nggak sih? Soalnya yang aku tahu kok hanya Neill Amstrong dkk saja yang di ekspos ke bulan, yang lainnya hanya sebatas keluar angkasa saja. Trims bgt buat Ivy, aku harap bisa ada komunikasi antar kita yang tertarik dengan Dunia Lain. Aku tunggu.

  38. saya dengan teman saya juga sangat tertarik akan cerita maupun penelitian yang akan mengungkap misteri tentang adanya mahluk planet yang lain selain planet bumi.apalagi kita juga berharap akan ada hal-hal lain yang menjadi suatu yang baru bagi manusia yang memiliki keinginan berpindah tempat ke planet yang lebih layak. semoga respon dari kami dapat ditanggapi dgn baik. thanx…………………………

    1. JANGAN DULU BERFIKIR BAGIMANA CARA KITA PINDAH KE PLANET TERSEBUT,TAPI BERFIKIRLAH BAGAIMANA CARA KITA MENYELAMATKAN BUMI YANG KITA TINGGAL SKARANG BEBAS DARI PELUSI

    1. mudah. kalo ukuran bintangnya lebih kecil dan lebih redup dari matahari, maka daerah zona yg ada kehidupannya lebih dekat dari bintang.

      kao bintangnya lebih besar dan terang dari matahari, maka daerah zona yg bisa dihuni lebih jauh

      dalam kasus ini bintang glise 581c lebih redup dari matahari. so….

  39. Luar biasa untuk penemuanny…
    Tapi apakah jarak itu bisa ditempuh dengan teknologi bumi saat ini?..
    Apa tidak lebih baik kita mencari sesuatu atau menemukan yang lebih luar biasa yang dapat dimanfaatkan di Bumi?

  40. KT jangan terlalu berlbhan dl.sejak dr jaman nabi kt udh d tetapkan d bumi.krna mang ni t4 yang terbaik bwt manusia.d luar angkasa kta lom tw misteri pa yang lom terungkap.
    tar klo tw2 kt nyasar k neraka gmn???
    kan repotttt

  41. Kalo ada planet yang ternyata bisa dihuni oleh manusia,saya mau jadi orang yang dikirim ke planet itu .. (asal jangan sendirian aja ya tar ga ada temen ngobrol ,bisa bisa malah jadi gila di sana ).. gkgkgkgkgk .. eh serius,w mau jadi sukarelawan yang mencoba planet lain . 😀

  42. subhanallah kalo ada penemuan smacam itu….
    tp bnr kt dedy dr dl smpe skrg cm bumi satu2ny t4 tinggal yg aman.
    kalopun hrus pndah lbh baik aq tetap dgn bumi tercinta yg mmg sdah dsediakan Allah bwt qt…

  43. kalo emAng tUh bnEr asYik dOng bisA jLan2 ke lUar angKsa, bEte taU di bUmi trUs. . .cPa tAu adA eLien yanG ckEp, hehE. . .

  44. kalau saya lebih suka tinggal di bumi,karena di planet bumi kaya akan singkong hehehehehe

  45. mudah mudahan ini menjadi solusi bagi umat ini..
    cuma yang perlu dingat bahwa kiamat akan menghancurkan semuanya…….
    di planet mnapun kita berada………

  46. ntahlah,kalo ku,mou mati di bumi ja,mendingan di tbrak planet nibiru di bumi,dari pada blum nyape ke planet itu tapi pesawat luar luar angkasanya ditabrak meteor,,,gimana……..????????

  47. Alhamdullilah…Walaupun kita tdk bs ekspansi ke planet2 baru tersebut, tp plng tdk ada harapan entah kapan manusia bs menghuni planet2 itu untuk meninggalkan bumi yg sudah tua dan rapuh…

  48. @dirga:

    setuju tuh….
    karena kiamat gak bakal terjadi kalau di atas bumi masih ada orang iman, nah, jadi bersyukurlah pada mereka, paling nggak kan kiamat gak bakalan datang sekarang… hahaha

  49. ivie gue sih kurang percaya tapi percaya2 aja tapi menurut ajaran gue planet layak huni hanya bumi,kalau di planet lain kayanya ga ada tapi kalau mirip bumi kayanya ada tapi kalau kehidupan ga ada…………………..!!!!!!!!!!!tapi gue bukan bermaksud nga percaya sama loe loe musti menerima pendapt orang,,,,,,,,,,,,,,,!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  50. BTUH WKTU MILYARAN TH TO BS K SUPER BUMI KECUALI KITA PUNYA PESAWAT BERKECEPATAN CAHAYA…/ JG KITA BS PINJEM KENDARAAN *NABI MUHAMMAD SAW WKT BELIAU ISRA’ MI’RAJ…..YG BS MENEMBUS BERLAPIS2 LANGIT DLM WKT SMLM…., BOLAK.BALIK LG……,SO …..???

  51. dulu kata orang bumi itu datar..
    sampai ditemukan bahwa bumi itu bulat..
    dulu kata orang bumi itu pusatnya..
    sampai ditemukan matahari pusat tata surya..
    dulu kata orang, manusia tidak bisa terbang seperti burung..
    sampai akhirnya wright bersaudara terbang..
    dulu kata orang ke bulan hanya bisa didalam mimpi..
    sampai akhirnya neil amstrong mendarat di bulan..
    sekarang orang bilang perjalanan antar galaksi hanya bisa di dalam mimpi..
    sampai akirnya……..

  52. bagusnya planet seperti bumi ini di coba dulu dengan megirimkan para koruptor dan penjahat di bumi ini terutama buat pelaku maksiat biar bumi ini jauh dari musibah

  53. Hm.. plenat selain bumi yang layak huni..

    Di patut diselidiki.. tapibukankah bumi ini akan hancur sesuai dengan hancur pula planet” lainnya (maksudnya kiamat)..
    Oleh karena itu, yang kita bisa ambil hikmah disini , ya pelihara bumi sebaik-baiknya, cz yang akan menjadi kebaikan kita adalah bagaimana kita menjaga bumi ini emi kemashlahatan umat manusia.. tho, pada saatnya nanti ini dunia (bumi) ini akan berakhir..

  54. woh.. planet baru iia? kapan neh kita bakal k sn0??
    tpi kyak na klo kita dh nympe d sn0 dh kiamat x planet na..
    kan jarak na bertahun” cahaya nuh.. hahhhaaaa…

  55. suuubhanallah…………. bener-bener amazing…….
    tapi itu hal yang biasa …..karna gw yakin kalau di semua planet itu ada sebuah kehidupan …..karna manusiakan kga bisa tau semua.y …….karna di semua planet mungkin ada sebuah kehidupan yang tidak bisa di ketahui oleh manusia….

  56. Bumi kita aja masih bnyak mengandung mistery yg blm terungkap,simple aja bro,otak gw ngk sampe buat mikir tentang luar angkasa dan tentang galaxy,mendingan jadi bossss aja,hai para ilmuan gw tunggu hasil kerja kalian,jgn lupa laporan kerja nya,dlm bentuk artikel yg lain…..oKs

  57. hmmm……..

    bener kata si penyelamat lingkungan(atas) cobalah untuk mencintai bumi kita yang semakin sakit ini, kalo masalah mau ditabrak sama planet lain itu urusan yang diatas, pasrah aja ke Allah, kalo itu memang akhir dunia (kiamat) kita pergi kemana aja sama aja, pada hancur smua

    bagi yang islam kita cuma perlu Iman yang kuat, kemudian kita pasti tidak akan bertemu kiamat, namun tidak semudah itu semua pasti butuh perjuangan…… ^_^

  58. Penemuan planet layak huni dan adanya mahluk cerdas diluar bumi hanya tinggal menunggu waktu, masalah JARAK yang terlalu jauh menjadi kendali utama tapi Haqqul Yakin bahwa KITA TIDAK SENDIRI…..

  59. Pengen deh liat Indonesia bisa ngirimin astronot ke luar angkasa seperti negara-negara lain.
    Kenapa ya rencana mengirimkan astronot wanita pada tahun 1996 lalu dibatalin???

  60. Salam kenal sebelumnya… saya juga termasuk salah satu yang sangat meyakini bahwa kita manusia tidak hidup sendirian dialam semesta ini… dan dengan adanya penemuan Exoplanet ini, merupakan satu titik terang bagi ilmuwan kita dalam menjawab pertanyaan2 yang ada selama ini akan adanya kehidupan diluar bumi

  61. dngan jrak sdmikian jauh itt., dngan aph kita akn mnempuhnya.,? aph kita akn mbuat kndraan yg akn mnymai cahaya.,?? atw mgkin yg mlebihi kcpatan chaya.,??
    sdangkan ilmu kita d.bnding ilmu bumii yg sbesar lautan., kita hnya bru bsa mncapapai bbrpa tetes’a sja sjak bbrpa juta tahun., lalu smpai kpan kita akn mncapai sluruh’a.,??
    apkah hnya utk ini kita mnghabiskan wktu mncari., apkah hnya utk ini kita d.ad d.bumi.,
    ,
    memank dlam kitab prnah d.katakan., kita tdak sndiri d.dunia ini., tpi Allah tdak mnganjurkan kita utk mmikrkan’a., mnghabskan wktu utk mncari sswtu yg tak knjung kita tmukan., sdangkan kwjiban agma kita lalaikan.,
    ,
    tidak ckupkah kita dngan d.berikan bgtu bnyak rhmat oleh-Nya d.bumii ini., dngan prtnya’an2 yg tak knjung kita tmukan jwab’na.,??

    1. Jika dari dulu anggapan semua manusia adalah sains tidak perlu dikembangkan, sebaiknya kita puas dengan apa yang ada sekarang.
      Lantas mengapa anda menikmati HP, siaran televisi dan GPS? Semuanya ada karena manusia mengembangkan sains. Bahkan comment anda pun muncul di web ini karena ada internet. Internet yang juga produk sains.

    2. Alloh menantang manusia dan jin tuk menaklukkan alam semesta karena memang kedua mahluk ini yang diberi akal, tuk menaklukkannya yaitu dgn SULTHON (Kekuatan), meneliti dan mentafakuri ciptaan Alloh adalah salah satu perintah Nya dan akan semakin merindukan pertemuan dengan Nya, mohon koreksi sahabat…

    3. sungguh ,…saya kira bukan karna merasa tidak cukup tapi tidak ada salahnya kita mengetahui ciptaan2NYA di luar sana semakin kita tau banyak maka akan memperkuat keimanan kita dan semakin mengagumi Karya Yang Maha Sempurna (dan adalah manusia di ciptakan, di beri akal untuk berfikir )Kalau semua berfikiran seperti anda maka ilmu pengetahuan tak akan pernah berkembang ,..

    1. Untuk saat ini saya belum bisa memberikan pandangan karena yang baru disampaikan hanya berupa statement. Saya baru bisa member pandangan dan komentar setelah membaca bukunya. Mudah2an kalau tidak ada masalah, saya sudah akan menerima bukunya dalam 2 minggu ini. Kebetulan besok (tgl 7 sept) bukunya baru dirilis.

    2. ternyata tetap saja saya tergelitik untuk menjawab pertanyaan Pak Bambang tersebut.

      Menurut pendapat saya yang belum membaca buku tersebut, pernyataan God didn’t create the universe mengarah pada pencarian yang dilakukan sains.

      Sains akan selalu mencari dan menelusuri dari proses yang menyebabkan sesuatu terjadi. Akibatnya manusia akan terus mencari apa yg menyebabkan proses A .. apa yang akan mengendalikan proses B. sehingga pada akhirnya pun yang menjadi ujung dari jawaban yang mendekati “kebenaran berdasarkan sains adalah” proses dan hukum alam yang berlaku.

      Untuk menyelidiki alam semesta, yang dilakukan adalah menelusuri kembali informasi ke masa lalu. Dan informasi yang ada hanya bisa menjelaskan proses dan hukum alam yang berlaku yang memungkinkan proses tersebut terjadi.

      Tapi untuk lebih pas lagi mungkin setelah kami di langitselatan membaca bukunya.

  62. Kalau menurut saya semua itu cukup untuk diketahui saja dan kita hargai apapun kehidupan yang ada disana, karena biar bagaimanapun juga yang namanya manusia telah menjadi kodratnya sebagai penghuni Bumi, jangan nanti setelah menemukan planet baru seperti ini langsung mau main ambil ambil begitu saja tanpa diselidiki lebih dulu apakah disana ada makhluknya atau tidak. Kalau mereka tidak terima dengan perbuatan manusia maka akan terjadilah Perang Bintang. ngomong omong itu planet juga hanya dapat dipandangi tapi tidak dapat didatangi, percayalah bahwa kebesaran Tuhan emang tiada batasnya sama seperti alam semesta yang tanpa batas, ini membuktikan bahwa betapa kerdilnya manusia dialam semesta, bagaikan partikel debu yang tak dapat berbuat apa apa dan tiada arti.

  63. hoho ..
    percaya ngk yaa ada bumi baru…???
    kayaknya ngk dechh ..
    setau saya bumi ttep 1 smpe kiamat nnti
    ngk ad 2nya
    klo emank ad planet bru mgkin ngk bs d huni manusia
    ap mungkin klo bumi kiamat semua manusia bakal pindah k planet itu…??? cph yg mao ngangkut..??? kan mustahil

    1. jangan kayak gitu …tecknologi semakin modern kalau tuhan mengizinkan semua bisa terjadi …coba deh pahami tentang bangsa lumeria/bangsa MU

  64. ah aku dak mau pindah dari bumi , walaupun sudah ada bumi yg baruu,, seharusnya israel dan amerika saja yg tinggal disana, kan mereka ingin menjadi raja …….

  65. Salut bwt ivie, artikelnya bgz, kembangkan truz ilmu pengetahuan, stop global warming, kalo ada info tntg luar angkasa lg tlg krm ke email gw ya.

  66. mungkin saja ada planet laen yg bisa dihuni.alam semesta sangat luas,sedangkan ilmu pengetahuan manusia masih terbatas.itulah sebabnya manusia dibekali akal dan pikiran untuk menggali apa yg mereka belum ketahui

  67. Apakah benar ada planet baru…?
    hmmm,klau benar berarti diluar angkasa bertambah beberapa planet,trus bene juga ya..?,ada planet mirip bumi yang biza d huni…..

    1. betul ada planet baru. tp bukan berarti di luar angkasa ketambahan beberapa planet baru. yg terjadi manusia yg baru bisa menemukan planet2 itu.

      ada planet layak huni mirip bumi itu bener. tp bisa dihuni dalam arti manusia tinggal disono belon ada yg bisa menjawab. karena laik huni itu artinya si planet mampu mempertahankan air dlm bentuk cair.

  68. mau pindah kmana lagi…klo udah kiamat planet2 bertabrakan dan alam semesta hancur. ga ada yang bisa sembunyi.

  69. aku pernah terbaca dalam satu buku beberapa tahun dulu.buku tu aku dah terlupa tajuknya.dalam buku tu ada menyebut semasa berlakunya kiamat, masih ada sebilangan kecil manusia yang tidak mati, mereka terlepas dari bencana kiamat itu…mungkin penemuan plenet mirip bumi ini satu petunjuk perjalanan manusia berhijrah ke plenet baru dan selamat dari bencana kiamat..wallahualam.

  70. meskipun ne bumi dah kgk bisa dihuni g, gw tetp tnggl dsini ealny gw lhr dbmi n bkl mti d bmi here my live here my dead

  71. Saya percaya bahwa kekuasaan Allah SWT maha besar, kalau yang menyembahnya hanya manusia yang mendiami bumi artinya masih terlalu kecil. Saya bahwa setiap bintang adalah matahari yang memiliki planet seperti bumi. etiap planet tersebut pasti ada penghuninya. Wallahu a’lam

  72. bukankah kita tidak harus mencari planet lain, tetapi kita harus menjaga bumi ini supaya tidak punah.. dan kita diberi amanat untuk menjadi khalifah di muka bumi bukan di planet lain

  73. saya ingin skali pindah k planet bru, yg bisa di huni oleh manusia, ttpi bgai mna cra’a k planet itu?? krna planet bumi kita in suda rusak dan tdk aman, krna d sebab kn oleh manusia. mka dri itu orang2 sains maju lah trus,, kembangkn lah ilmu klian untuk membwat kendaraan yg bisa melebihi ke cepatan cahaya, apa klian sanggup?? saya rasa tidak! tpi sya yakin klian bisa, msih ad kehidupan d luar sana (d planet lain)

    1. Jangan terlalu terburu2 manusia di bawa kesana , soal y kita belum tau planet tu kaya apa ?

    1. penemuan planet seupa Bumi akan bisa memberi kita pengetahuan bagaimana panet tersebut terbentuk dan berevolusi untuk membentuk kehidupan. 🙂 dan juga harapan lain adalah menemukan kehidupan lain yg dalam impian dan harapan bisa diajak berkomunikasi. tp yg ini masih jauh banget.

  74. sebagai makhluk yang diberi kelebihan, sebaiknya kita ( manusia) harus bahkan wajib menjaga serta melindungi bumi ini, agar anak cucu kita nanti tidak hanya mengenal nama bumi saja,…

      1. sumber2 kehidupan ada banyak di alam semesta tapi apakah komponen2 kehidupan itu kemudian bisa berevolusi membentuk kehidupan dan mempertahankannya, itu yg jadi pertanyaan dan pencarian. Sampai saat ini memang belum ditemukan tapi bukan berarti tidak ada.

        Tapi lagi2 sumber kehidupan itu pun hanya sebatas yang diketahui menjadi sumber kehidupan bagi manusia di bumi. bagaimana jika ternyata ada kehidupan lain yg sumbernya berbeda dari bumi. 🙂 dan selama ini yg dicari masih sebatas berdasarkan kehidupan yang kita tahu yaitu kehidupan di Bumi.

  75. sudah banyak penemuan2 tentang planet2 yang layak untuk dihuni.. namun belum ada yang dapat memastikan dengan jelas… mngkin saja makhluk dri planet lain pun bervikir sama… dan sama sprti kita (makhluk bumi) yang lum memastikan jelas… hanya waktu yg dapat mjawab teka-teki yg masih d tanya jawabkan…. semoga dengan majunya teknologi, maju pula keinginan manusia untuk mjaga alam….

  76. APAKAH TEMPAT INI LAYAK HUNI KELAK JIKA MANUSIA KITA DI MASA DEPAN DAPAT MENCAPAI TEMPAT ITU

  77. sama allah sudah diizinkan untuk menjelajahi langit asalkan BERILMU, itu ada di al-quran

  78. saya ingin menjawab nyonya nurul fitriyah maksudnya bumi emang ada satu , dan tidak mungkin ada yang lain , kalo kiamat semua alam semua yang ada di alam semesta ini hancur tidak tersisa ‘ tapi kita wajib mengatahui dan mempelajari bahwa selain planet bumi di luar angkasa sana ada galaxi lain juga ada miliaran/triliunan planet , nah sebagai para ilmuan atau para ahli di bidang nya wajib mempelajari dan mengetahui , apalagi kalo sampai ada planet lain yang layak huni karena di alam semesta ini tidak ada yang tidak mungkin , kalo allah swt berkehendak , .. nah yang di maksud bumi bukan ada dua ato lebih .. tapi planet yang menyerupai bumi atao bahkan bisa layak huni ( andaikan di tahun – tahun nanti bisa ada transportasi antar plnet hahah maaf mungkin coment saya agak nyimprung tapi ini lah saya , dukung 100% untuk para ahli astronom is the beast pokonamah lah

  79. jadi sebenarnya ada berapa yah planet yang serupa bumi?
    soalnya banyak sumber dan itu beda semua.
    dan kira-kira manusia bisa ngga hidup disana?

  80. saya semakin penasaran dengan kehidupan yang ada diluar sana.karena emang diketahui terdapat miliaran planet dan seperti bumi juga kemungkinannya sangat banyak.saya jadi berpikir mungkin kehidupan diluar sana banyak yang bukan seperti dibumi yang tolak ukur kehidupan itu hanyalah air oksigen cahaya.mungkin diluar sana terdapat kehidupan yg hanya butuh hidrogen dsb.apalagi di bumi saja telah ditemukan makhluk hidup bersel satu yang hidup dilautan yang dapat hidup tanpa oksigen.ini membuat kehidupan diluar sana menjadi meyakinkan dan mungkin bervariasi.satu pertanyaan buat kak ivie”apakah kakak percaya tuhan “hehe gak nyambung yah,sebenarnya sih nyambung dikit apalagi yg kita tahu scientist kan banyakk yg atheist,salam

  81. buat semua yang mau berfikir jernih tentang akhir zaman bahwa manusia bakal mati semua dibumi ini,yang akan hancur alamsemesta kecuali yang
    allah tentukan.

  82. -ada cara untuk pergi ke sna tidak…..?
    -manggunakan pasawat apa bila ke sana…?
    -berapa lama perjalanan ke sna………..?

  83. selain makhluk hidup di Bumi,ada nggak ya makhluk lain di alam semesta ini, penasaran dari dulu soalnya. 🙂

  84. heran deh…knapa sih tiap penelitian tentang planet suka di hubung2kan dengan akhir zaman (kiamat)
    ini ilmu pengetahuan loh..untuk mengetahui apakah layak huni atau bahkan bisa saja di sana ada kehidupan seperti di bumi.
    ko malah komen ‘SEMUANYA AKAN HANCUR DI AKHIR ZAMAN”
    smua org jga tau klo kiamat smua hancur sealam semesta raya.

    fikiran anda yg menghubung2kan penelitian dengan KIAMAT itu sangat dangkal,, jika begitu manusia yg terkena penyakit ga perlu di obati, karna sembuh atau tidak pasti akan MATI juga.
    anda tau tidak kalau obat2an itu hasil penelitian jga.. dan hasilnya bsa di rasakan oleh kita smua.

    sya mohon kpada anda2 smua ga ada ruginya ko untuk menghargai para peneliti, kita hanya menunggu hasil kerja mereka saja,

    jadi buang jauh2 pemikiran dangkal anda bahwa mencari planet lain itu untuk pelarian dari kiamat.
    astagfirullahhaladzim

Tulis komentar dan diskusi...