Oposisi Asteroid Eros 2012

Di tahun 2012 ada 2 kejadian menarik yang dapat digunakan untuk menentukan ukuran Tata Surya.  Kejadian besar yang akan jadi pusat perhatian dunia adalah Transit Venus yang akan terjadi di bulan Juni 2012 dan yang satu lagi adalah oposisi asteroid Eros yang terjadi di akhir bulan Januari.

Mengenal Eros

Citra Eros. Kredit : NASA

Eros, asteroid yang satu ini cukup unik karena lintasannya yang melintas orbit Mars.  Ditemukan pada tahun 1898, 433 Eros merupakan asteroid tipe S dengan dimensi ukuran 34.4 x 11.2 x 11.2 km yang juga merupakan asteroid dekat Bumi terbesar kedua setelah 1036 Ganymed dan bagian dari kelompok Amor.  Nama Eros berasal dari nama Dewa Cinta dan putra dari Mars dan Venus dalam mitologi Romawi.  Dengan orbit yang memotong orbit Mars, keberadaannya hanya dapat stabil selama beberapa ratus juta tahun sebelum diganggu oleh interaksi gravitasi.

Eros ditemukan pada tanggal 13 Agustus 1898 oleh Carl Gustav Witt dan menjadi penemuan penting karena ia merupakan obyek asteroid pertama yang ditemukan dekat Bumi. Dan keberadaannya juga memberikan kontribusi penting untuk menentukan paralaks Matahari.  Asteroid yang memiliki diameter rata-rata 16,84 km dan massa 6.69 x 1015 kg memiliki jarak terjauh dari Matahari 1,783 SA dan jarak terdekatnya adalah 1,133 SA. Eros berotasi terhadap dirinya sendiri dalam waktu 5 jam 16 menit dan bergerak dengan kecepatan rata-rata 24,36 km/detik.

Keunikan lain dari Eros adalah bentuknya yang tidak teratur dan mirip kacang mede yang menyebabkan gravitasi di permukaan asteroid tersebut berbeda di setiap titik bergantung pada pusat gravitasinya. Jaraknya dengan Bumi juga termasuk dekat yakni hanya 0,179 SA dan setiap 80 tahun kecerlangannya akan mencapai magnitudo +7 sehingga ia akan secerlang Neptunus. Di tahun 2001, Eros juga menjadi asteroid pertama yang dikunjungi wahana ruang angkasa NEAR dan pendarat Shoemaker berhasil mendarat di asteroid tersebut.

Eros dan Bumi
Bulan Januari 1931, asteroid Eros mengalami oposisi dan berada pada jarak yang dekat dengan Bumi semenjak oposisi sebelumnya bulan Januari 1901. Oposisi dengan jarak yang dekat ini memberi keuntungan untuk menghitung jarak Eros dengan pengukuran paralaks sehingga bisa mendapat jarak yang akurat.

Saat sebuah benda langit berada dekat dengan Bumi dan diamati secara bersamaan dari dua lokasi yang berbeda di Bumi, posisi obyek yang diamati terhadap bintang latar belakang akan berbeda.   Jika pergeseran paralaks ini diukur dan jika jarak kedua lokasi pengamatan diketahui maka jarak ke obyek dapat dihitung menggunakan trigonometri. Jika jarak Bumi – Eros sudah dapat ditentukan, maka jarak Matahari dapat ditentukan menggunakan hukum ke-3 Kepler.

Jalur yang dilintasi Eros. Saat itu 419 bintang referensi disiapkan dengan baik oleh Rechen-Institut di Berlin. Kredit : transitofvenus.nl

Orbit Eros yang elips membawa asteroid ini dalam rentang jarak 0,2 SA dari rbit Bumi setiap 1,76 tahun. Posisi yang demikian dekat inilah yang menjadikan Eros obyek ideal untuk melakukan pengukuran paralaks. Papasan dekat seperti ini memang sangat jarang. Setelah oposisi di bulan Januari 1931, Eros kembali mendekati Bumi bulan Januari 1975. Di penghujung Januari 2012, Eros kembali beroposisi dan ia baru akan kembali dekat pada bulan Januari 2056.

Oposisi Eros 1931
Pada saat asteroid Eros beroposisi di tahun 1931, persiapan untuk melakukan perhitungan sudah dilakukan sejak 1920-an. Untuk dapat melakukan pengukuran sudut paralaks yang akurat, posisi seluruh bintang referensi sampai dengan magnitudo 9 di sepanjang jalur yang dilalui Eros harus sudah ditentukan dengan tingkat akurasi yang tinggi. Pada masa itu, 419 bintang referensi disiapkan dengan baik oleh Rechen-Institut di Berlin.

Sepanjang bulan Januari 1931, sejumlah pengamatan dilakukan untuk melakukan pengukuran posisi Eros terhadap bintang referensi. Pengukuran tersebut dilakukan dengan menggunakan pengamatan visual, pengukuran mikrometer atau fotografi (menggunakan plat fotografi). Metode fotografi memberikan beberapa keuntungan jika dibanding dengan pengamatan visual. Yang pertama, plat fotografi bisa disimpan dan pengukuran dilakukan dengan tenang. Yang kedua, memotret langit akan memberikan medan pandang yang lebih luas sehingga dapat menangkap bintang referensi yang lebih terang di dalam plat dibanding metode pengamatan visual yang medang pandangnya lebih sempit.

Hasil pengamatan di tahun 1931 untuk pengukuran paralaks matahari adalah 8?.790. Hasil inilah yang menjadi harga paling akurat untuk jarak Matahari pada masa itu dan menjadi standar sampai dengan tahun 1968, saat pengukuran radar berhasil memberikan nilai yang lebih akurat untuk jarak Matahari.

Oposisi Eros 2012
Sejak bulan November 2011, Eros kembali mendekati Bumi. Dan di penghujung Januari 2012, Eros akan mengalami oposisi dengan meniru oposisi tahun 1931. Ia akanberada pada jarak terdekat dengan Bumi, waktu, jalur yang dilintasi di antara bintang dan kecerlangan maksimum semuanya hampir sama dengan yang tahun 1931. Perbedaannya adalah para pengamat. Di tahun 2012, pengamatan dan pemotretan Eros justru akan lebih banyak dilakukan oleh astronom amatir.

Kiri : lintasan Eros dari November 2011 - Januari 2012. Kanan : lintasan Eros dari akhir Januari - awal Februari

Tanggal 31 Januari, Eros akan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi yakni 0,1787 SA dengan kecerlangan +8,56 magnitud. Asteroid ini akan bergerak dari selatan melalui rasi Sextans, menjauhi Leo dan menuju Hydra dengan laju 2.8? per menit.

Pada kesempatan oposisi 2012 ini, jika Eros diamati secara simultan dari 2 lokasi yang berbeda, maka ia akan tampak pada posisi berbeda di antara bintang latar belakang. Dan perbedaannya bisa mencapai 98? di tanggal 31 Januari. Dengan demikian pengamat akan dapat menghitung ulang jarak Matahari.

Pengukuran jarak dengan paralaks trigonometri.

Referensi : NASA, Venus Transit, AWB, Universe Today

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

Tulis komentar dan diskusi...