langitselatan di Festival Goelali

Pada tanggal 22 – 26 Juni 2011, langitselatan berkesempatan untuk terlibat dalam kegiatan Festival Film Anak Goelali yang diadakan di Gandaria City, Jakarta. 

Selain pemutaran film anak dan berbagai kompetisi, anak juga diberi kesempatan untuk bermain dan berkarya lewat kehadiran beragam komunitas di acara tersebut. Bergembira dan belajar merupakan bagian dari proses kreatif anak.

Dalam acara ini langitselatan memperkenalkan astronomi dari cerita rakyat, permainan, hands on activities, film maupun kegiatan pengamatan langsung.Permainan ular tangga astronomi juga digelar untuk mengajak anak menjelajah sambil mengenal benda-benda langit.

Kegiatan tersebut dibuat dalam bentuk dongeng bersama, pemutaran film-film singkat astronomi dan pengenalan astronomi. Tak hanya kegiatan di dalam ruangan. Anak-anak yang berkunjung juga diajak untuk melihat wajah sang surya yang senantiasa menyinari Bumi. Berbagai celoteh pertanyaan polos terlontar karena rasa kagum dan ingin tahu lebih jauh lagi tentang astronomi. Selain itu kegembiraan dan kekaguman bisa melihat wajah Matahari juga tampak di wajah orang tua yang datang mendampingi putra putrinya.

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

2 thoughts on “langitselatan di Festival Goelali

Tulis komentar dan diskusi...